www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Benarkah Lorenzo Jadi Test Rider MotoGP Aprilia?
 
Rugikan 2000 Warga Rp143 Juta, Polres Bengkalis Ungkap Tersangka Penipuan Bapokting Murah
Senin, 31 Agustus 2020 - 16:44:10 WIB
Polres Bengkalis tetapkan S sebagai tersangka penipuan Bapokting murah.
Polres Bengkalis tetapkan S sebagai tersangka penipuan Bapokting murah.

BENGKALIS - Polres Bengkalis telah menetapkan S alias Minah (48) sebagai tersangka penipuan dengan modus menjual bahan pokok penting (Bapokting) dengan harga murah. Jumlah warga yang ditipu mencapai 2000 orang dengan  total kerugian  dalam kisaran Rp143.015.000.

Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan kepada wartawan Senin (31/8/2020) mengatakan, penipuan mulai ia lakukan pada awal Juli lalu, berawal saat Minah menyuruh anaknya untuk menawarkan Bapokting murah kepada masyarakat sekitar tempat dia tinggal. Bapokting yang ditawarkan berupa beras lima kilogram, gula pasir dua kilogram, minyak goreng dua liter, mihun setengah kilogram serta teh merek prenjak satu kotak. 

"Bahan-bahan ini nilai harga totalnya di pasaran sebesar Rp120.000. Namun ditawarkan kepada masyarakat seharga Rp50.000 perpaketnya," ujar Kapolres Bengkalis.

Awalnya tersangka mendapat satu orang peminat paket bahpokting murah ini. Peminat tersebut diminta oleh tersangka untuk mengumpulkan dua puluh orang lagi untuk membeli paket murah juga. Syaratnya mereka harus mengumpulkan  fotokopi KK dan juga uang sebesar Rp50.000 kepada tersangka. 

Setelah uang terkumpul sekitar satu juta rupiah dari masyarakat, Minah menjanjikan kepada masyarakat Bapokting ini akan diantar dalam waktu satu minggu. "Paket yang dijanjikan ini dipesan masyarakat kepada tanggal 5 Juli kemudian diantarkan tesangka pada tanggal 13 Juli," ujar Kapolres

Karena berjalan lancar, tersangka Minah kemudian meminta masyarakat penerima ini untuk menawarkan kembali Bapokting murah ini kepada yang lainnya. Selama bulan Juli tersangka menyalurkan sebanyak lima kali Bapokting murah ini kepada masyarakat yang mendaftarkan diri sebagai penerima. Namun setelah itu bulan Juli tersebut, Minah tidak lagi mengirimkan Bapokting yang dipesan warga

Kapolres mengatakan, satu diantaranya kelompok yang dikoordinir oleh Khairani yang saat ini sebagai berstatus saksi pelapor. Dimana dari Khairani, tersangka Minah mengumpulkan uang sebesar lima puluh tiga juta tiga ratus lima belas ribu rupiah. Kemudian masih ada kelompok penerima lainnya yang telah dibentuk tersangka. Setidaknya ada sembilan kelompok lagi yang ingin membeli sembako murah, kelompok ini tersebar di kecamatan Bengkalis dan Bantan," tambahnya.

Akibat perbuatanya tersangka dijerat pasal 378 junto pasal 372 dan Junto pasal 64 Ayat 1 KUHPidana. Dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara.  "Kita juga masih melakukan pendalaman terhadap tersangka ini. Pemeriksaan terhadap sembilan kelompok yang telah dibentuknya juga akan kita periksa," ungkap Kapolres.

Kasus penipuan ini sempat heboh di masyarakat Bengkalis, bahkan sempat dikait kaitkan dengan salah bakal calon Bupati Bengkalis yang akan maju di Pilkada 2020 ini. Karena di depan rumah tersangka terdapat baliho salah satu pasangan calon Bupati Bengkalis.

Terkait hal ini Kapolres Bengkalis membatah ada kaitannya dengan bakal calon Bupati Bengkalis. "Memang di depan rumahnya ada foto salah satu bakal calon bupati, namun itu dipasang jauh hari sebelum perkara ini. Jadi tidak ada kaitannya dengan bakal calon bupati Bengkalis hanya simpatisan," ujarnya.

Penulis : Zulkarnaen
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Pemusnahan barang bukti hasil tangkapan.30 Ton Gula Pasir Ilegal di Bengkalis Dimusnahkan, Dikemas dalam 600 Karung
Tersangka security Kantor Camat Bantan.Miliki Sabu, Security Kantor Camat Bantan Diamankan
Barang bukti yang dimusnahkan.Polairud Polres Bengkalis Musnahkan Barang Ilegal Asal Malaysia
  Barang bukti 14,5 Kg sabu yang berhasil diamankan. Foto: AntaraPolres Bengkalis Ringkus 3 Kurir Narkoba, 14,5 Kg Sabu Diamankan
Hj Umi Kalsum saat memusnahkan barang bukti narkoba dengan cara memblender.Polres Bengkalis Musnahkan 17,554 Kg Sabu dan 9.798 Butir Ekstasi
IlustrasiTerancam Hukuman Mati, Tiga Kurir 19 Kg Sabu Hanya Diupah Rp2 Juta, Dua Bandar DPO

 
Berita Lainnya :
  • Benarkah Lorenzo Jadi Test Rider MotoGP Aprilia?
  • Kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan, KLH Bersama TNI dan Masyarakat Bangun KBD di 5 Desa
  • Libur Panjang, Gubri Minta Pengelola Perketat Penerapan Prokes di Tempat Wisata
  • Jalur Alternatif Lewat Kuansing Belum Meningkat Meski Jalan Lintas Riau-Sumbar di Kampar Amblas
  • MU Semangat Lawan Arsenal Usai Pesta Gol di Liga Champions
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved