www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Libur Cuti Bersama, Sekda Kepulauan Meranti Imbau ASN Tak Keluar Daerah
 
Usai Diperiksa Kejati Riau 14 Jam, Mantan Ketua DPRD Siak Indra Gunawan Pilih Bungkam
Selasa, 25 Agustus 2020 - 11:33:29 WIB
Kejati Riau
Kejati Riau

PEKANBARU - Terkait dugaan korupsi dana hibah dan bantuan sosial di Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sekdakab Siak serta anggaran rutin BPKAD Kabupaten Siak Tahun Anggaran 2014-2019, Kejati Riau memeriksa mantan Ketua DPRD Siak, Indra Gunawan, Senin (24/8/2020) selama 14 jam. 

Indra Gunawan diperiksa di salah satu ruangan Lantai 7 Gedung Kejaksaan Tinggi Riau dalam kapasitas sebagai Ketua Karang Taruna Siak. Ia keluar dari ruang pemeriksaan sekitar pukul 23.00 WIB dengan wajah terlihat letih bersama seorang rekannya yang juga diperiksa jaksa.

Indra yang mengenakan kemeja lengan pendek warna putih bergegas menuju mobil warna hitam dengan Nopol BM 1001 MZ yang terparkir di depan gedung Kejaksaan Tinggi Riau. "Diklarifikasi aja, terkait Siak," ucap Indra sambil terus berjalan, dikutip dari cakaplah.

Ketua DPD Partai Golkar Siak itu tak lagi mau berkomentar. Ia terus bungkam ketika ditanya terkait aliran dana hibah yang diterima Karang Taruna Kabupaten Siak ketika dipimpin oleh dirinya.

Indra juga enggan bersuara tentang adanya keterlibatan pejabat Pemkab Siak dalam pemberian dana hibah dan bantuan sosial tersebut. "Nanti saja ya," katanya sambil masuk ke mobil dan melambaikan tangan meninggalkan wartawan.

Sebelumnya, Asisten Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Riau, Hilman Azazi, membenarkan pemanggilan terhadap Indra Gunawan. "Iya, diundang untuk klarifikasi," ujar Hilman, Senin siang.

Selain Indra, jaksa penyelidik juga memanggil sejumlah pihak lain dari Kabupaten Siak. Namun Hilman mengaku tidak mengetahui siapa saja pejabat dari Pemkab Siak yang dipanggil bersama Indra.

"Ada beberapa orang hari ini yang diklarifikasi. Siapa saja saya juga tidak begitu tahu, silahkan nanti cek di Bagian TU," tutur Hilman.

Kasus dugaan korupsi ini ditangani Kejati Riau karena adanya lima laporan ke Kejaksaan Agung dan Kejaksaan Negeri Siak. Dugaan korupsi terjadi di era kepemimpinan Bupati Siak, H Syamsuar yang saat ini menjabat Gubernur Riau.

Sebelumnya, Sekdaprov Riau, Yan Prana Jaya Indra Rasyid, sudah dipanggil oleh jaksa Kejaksaan Tinggi Riau. Yan dikarifikasi sebagai mantan Kepala Badan Keuangan Daerah sekaligus Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Siak.

Pemanggilan juga dilakukan terhadap Yurnalis, mantan Kabag Kesra Pemkab Siak yang saat ini menjabat Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan, dan Catatan Sipil Provinsi Riau. Pemeriksaan juga dilakukan kepada Andi Darmawan selaku pegawai di Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kabupaten Siak.

Belum diketahui berapa besar dugaan korupsi yang terjadi Pemkab Siak itu. Namun ketika sejumlah mahasiswa melakukan unjuk rasa di Kejaksaan Tinggi Riau baru-baru ini, disebutkan adanya temuan BPK dalam pengelolaan keuangan di Pemkab Siak.

Disebutkan ada dugaan penyimpangan pengalokasian anggaran belanja dana hibah tahun 2011-2013 senilai Rp56,7 miliar. Ada juga penyimpangan di Dinas Cipta Karya sebesar Rp1,07 miliar dan di Setdakab Siak Rp40,6 miliar. (*)


 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Kejati RiauDugaan Korupsi Dana Hibah, Kejati Riau Periksa Anggota DPRD Siak Indra Gunawan
Ketua DPRD Riau hadir sebagai saksi di persidangan kasus korupsi Amril Mukminin.Banyak Jawab Tak Tahu di Sidang Kasus Korupsi Bengkalis, Indra Gunawan Eet Bikin Kesal Hakim
IlustrasiKPK Periksa Ketua DPDR Riau Sebagai Saksi Perkara Dugaan Suap Mantan Bupati Bengkalis
  Sidang lanjutan dugaan korupsi Bupati Bengkalis non aktif Amril Mukminin kembali digelar.Sidang Lanjutan Kasus Dugaan Korupsi Amril, Eet Kembali Disebut Terima Uang Rp80 Juta
Ketua DPRD Riau hadir sebagai saksi di persidangan kasus korupsi Amril Mukminin.Diperiksa Sebagai Saksi Kasus Amril Mukminin, Indra Gunawan Eet Tegaskan Tak Pernah Terima Uang Ketok Palu
Indra Gunawan EetPenuhi Panggilan KPK, Begini Penjelasan Ketua DPRD Riau Indra Gunawan Eet

 
Berita Lainnya :
  • Libur Cuti Bersama, Sekda Kepulauan Meranti Imbau ASN Tak Keluar Daerah
  • Dari 294 Kasus Baru Covid-19 Riau Hari Ini, Pekanbaru Sumbang 121
  • Sejak Awal Tahun, 113 Polisi Dipecat, Kebanyakan karena Narkoba
  • PSTI Bengkalis Kirim 8 Atletnya Ikuti PPLP
  • Sidak ke Pasar Palika, Rudyanto Sebut Kesadaran Masyarakat Mulai Baik
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved