www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Libur Cuti Bersama, Sekda Kepulauan Meranti Imbau ASN Tak Keluar Daerah
 
Curi Dompet di Jok Sepeda Motor, ASN Non Aktif Bengkalis Kuras Uang Warga Bantan Rp51 Juta
Senin, 17 Agustus 2020 - 17:52:16 WIB
Kapolres Bengkalis menunjukan barang bukti hasil pencurian.
Kapolres Bengkalis menunjukan barang bukti hasil pencurian.

BENGKALIS – Salah seorang ASN Pemkab Bengkalis non aktif, Zul Fahrinaldi als Opa (34) berhasil diringkus Tim Opsnal Reskrim Polsek Bengkalis setelah melakukan aksi pencurian dompet warga yang disimpan di jok sepeda motor, pada Sabtu (15/8/2020). Akibat pencurian tersebut korban menderita kerugian sebesar Rp51 juta lebih.

Hal itu terungkap saat Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan menggelar press rilis, Senin  (17/8/2020).  Didampingi Kasatreskrim AKP Andre Setiawan dan Kapolsek Bengkalis AKP Syeh Sarip Hidayatullah. 

Kapolres menyampaikan peristiwa tersebut terungkap, ketika korban warga Bantan, Katemi, mencurigai adanya sms banking dari Bank BRI yang masuk ke ponselnya. Padahal dirinya tidak melakukan transaksi apapun.

Transaksi pengiriman/transfer sebanyak dua kali, yang pertama sebesar Rp3.450.000 dan yang kedua sebesar Rp30.000.000. Karena merasa tidak pernah melakukan transaksi tersebut, korban kemudian mencari dompetnya, yang disimpan di bawah jok sepeda motor Scoopy miliknya.  

Ternyata dompet yang berisi kartu ATM Bank Riau-Kepri dan kartu ATM Bank BRI dan surat-surat lainnya sudah tidak ada lagi. Kemudian Korban mendatangi Bank BRI cabang Bengkalis dan Bank Riau Kepri, setelah melakukan pengecekan saldo ternyata hasil rekening koran dan laporan transaksi di Bank tersebut, uangnya telah habis ditarik tunai dan ada yang di transfer ke rekening lain.

“Atas kejadian tersebut, korban menderita kerugian lebih kurang Rp51.350.000 dan korban melaporkan ke Polsek Bengkalis,” ujar Kapolres.

Kronologis kejadian, pada hari Selasa (11/8/2020) sekira pukul 17.00 WIB pelaku melakukan pencurian barang berupa dompet dalam jok sepeda motor yang berisi Kartu ATM Bank Riau Kepri, Kartu ATM Bank BRI, SIM, Kartu PGRI, dan surat-surat lainnya di Jl. Sudirman Pelabuhan Bandar Sri laksamana Bengkalis.

Pada hari  yang  sama sekitar pukul 18.30 WIB pelaku melakukan pengambilan uang secara tunai di mesin ATM Bersama Bank Mandiri di depan Swalayan paceka Jl Kelapapati Darat sebanyak 12 kali pengambilan sejumlah Rp 13.500.000 dengan menggunakan kartu ATM bank Riau Kepri milik korban.

Masih menurut Kapolres, pada hari Rabu tanggal (12/8/2020) sekira pukul 01.00 WIB pelaku melakukan pengambilan uang secara tunai di mesin ATM Bersama Bank BRI di depan Hotel Pantai Marina Jl Yos Sudarso sebanyak 5 kali pengambilan sejumlah Rp4.400.000 dengan menggunakan kartu ATM Bank Riau Kepri milik korban.

Kemudian pada hari Rabu (12/8/2020) sekira pukul 06.17 WIB pelaku melakukan transfer ke rekening Bank BRI Rekening : 5426-01-015946-53-7 milik inisial TLT sebanyak 2 kali transfer sejumlah Rp33.450.000 (Tiga Puluh Tiga Juta Empat Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) yang menggunakan kartu ATM Bank BRI milik korban. TLT merupakan pacar pelaku yang tinggal di Siak Kecil.

Tersangka sambung Kapolres merupakan resedivis tiga kali keluar masuk penjara, yaitu tahun 2014 tindak pidana  narkotika vonis 1 tahun penjara, tahun 2016 tindak pidana pencurian vonis 6 bulan penjara, dan terakhir 2018 lalu juga tindak pidana pencurian dengan vonis 3 tahun penjara dan bebas dari menjalankan hukuman pada bulan November 2019.

Kapolres mengatakan, mudahnya pelaku menggunakan ATM milik korban karena PIN ATM korban menggunakan tanggal lahir korban. “Kita mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuat PIN ATM menggunakan tanggal lahir, dan juga hindari menyimpan dompet dan barang  berharga  lainnya di jok motor,” harap Kapolres.

Penulis : Zulkarnaen
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Muhammad saat keluar ruangan penyidik Mapolda Riau.Berkas dan Bukti Dilimpahkan ke Jaksa, Wabup Bengkalis Nonaktif Muhammad Bakal Ditangani Kejari Inhil
Polres Bengkalis tetapkan S sebagai tersangka penipuan Bapokting murah.Rugikan 2000 Warga Rp143 Juta, Polres Bengkalis Ungkap Tersangka Penipuan Bapokting Murah
Kapolres Bengkalis menunjukan barang bukti hasil pencurian.Curi Dompet di Jok Sepeda Motor, ASN Non Aktif Bengkalis Kuras Uang Warga Bantan Rp51 Juta
  Tersangka narkoba.Polisi Buru Pengedar Narkoba di Bengkalis dan Bantan, Berhasil Kabur saat akan Ditangkap
Pengurus Koperasi BBDM kubu Suwito Pranolo foto bersama.PTUN Menangkan Gugatan Koperasi BBDM Kubu Suwitno Terhadap Kadiskop UKM Bengkalis
IlustrasiKasus Korupsi Pipa Transmisi, Kejati Riau Masih Teliti Berkas Plt Bupati Bengkalis Nonaktif

 
Berita Lainnya :
  • Libur Cuti Bersama, Sekda Kepulauan Meranti Imbau ASN Tak Keluar Daerah
  • Dari 294 Kasus Baru Covid-19 Riau Hari Ini, Pekanbaru Sumbang 121
  • Sejak Awal Tahun, 113 Polisi Dipecat, Kebanyakan karena Narkoba
  • PSTI Bengkalis Kirim 8 Atletnya Ikuti PPLP
  • Sidak ke Pasar Palika, Rudyanto Sebut Kesadaran Masyarakat Mulai Baik
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved