www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Pelajar di Kuansing Tewas Tertimbun saat Mencari Emas
 
Kasus Korupsi Pipa Transmisi, Kejati Riau Masih Teliti Berkas Plt Bupati Bengkalis Nonaktif
Sabtu, 15 Agustus 2020 - 10:19:54 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PEKANBARU - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau tengah melakukan penelaahan terhadap berkas perkara Muhammad ST MP. Hal itu, dilakukan pelimpahan berkas tersangka dugaan korupsi pengadaan dan pemasangan pipa transmisi PDAM di Tembilahan, Indragiri Hilir (Inhil).

Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Riau, Hilman Azazi dikonfirmasi tak menampiknya. Dikatakan dia, pihaknya masih melakukan penelitian berkas Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bengkalis Nonaktif.

"Berkas tersangka masih kami teliti," ungkap Hilman Azazi, Jumat (14/8/2020) dikutip dari riaupos.

Dalam penelaahan berkas tersebut ditambahkan Hilman, jaksa peneliti memiliki waktu selama 14 hari untuk mengecek syarat formil maupun materil kelengkapan berkas. Hal itu, nantinya bakal menentukan kelanjutan perkara yang menjerat mantan Kadis PUPR Provinsi Riau.

Jika berkas perkara, kata dia, dinyatakan lengkap atau P-21, maka bakal dilakukan penyerahan tersangka bersama barang bukti ke jaksa penuntut umum (JPU) atau tahap II. Namun, bila berkas perkara masih ada kekurangan akan dikenmbalikan ke penyidik dengan disertai petunjuk jaksa atau P-19.

"Jadi, kita tunggu saja hasil penelitiaa berkas tersebut. Nanti, apa perkembangannya saya sampaikan," jelas mantan Kajari Ponorogo, Jawa Timur itu.

Masih kata Hilman, pihaknya telah menunjuk beberapa orang jaksa untuk penelaahan berkas perkara dugaan korupsi pe­ngadaan dan pemasangan pipa transmisi PDAM di Tembilahan.

"Ada empat orang jaksa penelitinya," ujar Aspidsus Kejati Riau.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) merupakan tersangka keempat dalam perkara senilai miliaran rupiah tersebut. Penetapan ini diketahui berdasarkan Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) yang diterima Kejati Riau tertanggal 3 Februari 2020 lalu.

Bahkan, orang nomor dua di Negeri Sri Junjungan dimasukkan Polda Riau sebagai daftar pencarian orang (DPO). Hal itu, berdasarkan surat yang dikeluarkan Ditreskirmsus Polda Riau Nomor: DPO/10/2020/Reskrimsus yang ditandatangani Dirreskrimsus Polda Riau, Kombes Pol Andri Sudarmadi tertanggal 2 Maret lalu. Langkah ini, lantaran Muhammad mangkir tiga kali dari panggilan penyidik.

Selang lima bulan kemudian, pelarian Muhammadterhenti. Ia berhasil ditangkap dari tempat persembunyiannya. Kini, Plt Bupati Bengkalis nonaktif sudah dilakukan penahanan di sel tahanan Mapolda Riau sejak, Jumat (7/8/2020) lalu.

Diketahui selama berstatus buronan, pria yang sebelumnya juga Wakil Bupati Bengkalis itu hidup berpindah hotel ke hotel dari satu kota ke kota lainnya di Indonesia. Muhammad diketahui sempat menetap di Pekanbaru dan pindah ke Jakarta.

Selama berada di Jakarta, keberadaannya terendus dan memutuskan melarikan diri ke Bandung (Jawa Barat) hingga ke Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Bahkan, dalam masa itu Muhammad pernah melakukan upaya hukum praperadilan atas status tersangka ke Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru.

Namun, angan-angannya untuk lolos dari jeratan hukum kandas setelah hakim tunggal Yudissilen menolak permohonan Muhammad. Dalam amar putusan itu, Yudissilen membacakan sejumlah pertimbangan putusan. Di antaranya Surat Edaran (SE) Mahkamah Agung Nomor 1 tahun 2018 tentang Larangan Pengajuan Praperadilan Bagi Tersangka Yang Melarikan Diri atau Sedang Dalam Status Daftar Pencarian Orang (DPO). (*)

 




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiGubri dan Kadiskes Riau Dilaporkan ke Kejati atas Dugaan Penyimpangan Anggaran Covid-19
Kejati RiauKasus Dugaan Korupsi Bansos, Kejati Riau Periksa Asisten II Setdakab Siak
Kejati RiauUsai Diperiksa Kejati Riau 14 Jam, Mantan Ketua DPRD Siak Indra Gunawan Pilih Bungkam
  Kasubsi Humas pada bagian Humas dan Penkum Kejati Riau, Rigo Risto menemui pendemo dan menerangkan, perkara tersebut masih dalam proses penyelidikan. Mahasiswa dan Pemuda Riau Lagi-lagi Pertanyakan Proses Pengusutan Dugaan Korupsi di Siak
Demonstrasi di Kejati Riau mendesak pengusutan kasus korupsi bansos di Kabupaten Siak. Foto: Liputan6Seret Nama Sekdaprov Yan Prana, Dipertanyakan Keseriusan Kejati Riau Usut Dugaan Korupsi Bansos di Siak
Kejati RiauDugaan Pemerasan Kepsek di Inhu, Kejati Riau Periksa Dua Kepala SMP

 
Berita Lainnya :
  • Pelajar di Kuansing Tewas Tertimbun saat Mencari Emas
  • Wisuda SMT-SGI M Lead dan Soft Launching Kolaborasi Guru Pemimpin
  • Tak Makan Berhari-hari, Camat Rayan Bergegas Pikul Beras ke Rumah Buntal
  • Qurtararo Juara MotoGP Catalunya 2020, Dovi-Rossi Crash
  • Kapolres Meranti Imbau Warga Tunda Acara Hajatan Libatkan Banyak Orang
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved