www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Penyebab Kasus Positif Corona di Indonesia Terus Meningkat
 
Mahasiswa Minta KPK Periksa Walikota dan Sekda Pekanbaru
Sabtu, 25 Juli 2020 - 21:11:20 WIB
Mahasiswa menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung Merah Putih Kantor KPK di Jalan Kuningan Jakarta.
Mahasiswa menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung Merah Putih Kantor KPK di Jalan Kuningan Jakarta.

PEKANBARU – Sejumlah mahasiswa menduga ada indikasi penyimpangan anggaran yang merugikan keuangan negara hingga puluhan miliaran rupiah di Pemko Pekanbaru. 

Suarakan soal hal itu, mereka menggelar aksi damai di halaman depan Gedung Merah Putih Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jalan Kuningan Persada Setiabudi Jakarta Selatan, Jumat (24/7/2020) kemarin.

Mereka menuntut KPK agar segera melakukan pemeriksaan terhadap Walikota Pekanbaru, Firdaus MT dan Pejabat Sekda, M Jamil terkait kasus dugaan korupsi pembebasan lahan Perkantoran Walikota di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. 

Aksi puluhan pemuda dan mahasiswa yang mengatasnamakan Persatuan Pemuda dan Mahasiswa Anti Korupsi itu mendapat pengawalan dari aparat kepolisian.

Berdasarkan Laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI) Perwakilan Riau, Donny dikutip dari riau.siberindo.co mengatakan pihaknya melihat ada potensi penyimpangan uang negara dalam bentuk mark up anggaran sebesar Rp23 miliar.

“Kita menduga ada mark up sebesar Rp23 miliar,” teriak Donny dalam aksinya.

Koordinator aksi Donny pada kesempatan itu meminta KPK agar melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap walikota dalam rangka penegakan supremasi hukum. Dugaan korupsi yang terjadi, disinyalir tidak hanya terkait pembebasan lahan Perkantoran Walikota di Tenayan Raya, tapi juga terjadi di Badan Perizinan Terpadu Pemko Pekanbaru.

“Usut proyek multiyears pembangunan perkantoran Pemko Pekanbaru di Tenayan Raya, proyek pembebasan lahan dan dugaan korupsi di Badan Perizinan Terpadu Pemko Pekanbaru,’’ sebutnya.

Tentang dugaan korupsi di Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, mahasiswa meminta KPK agar melakukan pemeriksaan terhadap M Jamil, Kepala BEMPTSP yang kini dipromosikan sebagai Penjabat Sekda Kota Pekanbaru.

“Kita menduga terjadi korupsi upah pungut pajak di Bapenda Pekanbaru, dan dugaan penggelapan retribusi pajak parkir Kota Pekanbaru. Periksa pejabat yang terlibat, terutama M Jamil, Kepala BPMPTSP Pekanbaru, yang sekarang menjadi Pj Sekretaris Kota Pekanbaru,’’ pungkas Donny, dikutip riaucrime.com.

Seperti diberitakan sejumlah media cetak dan siber di Provinsi Riau, dugaan korupsi di BPMPTSP Pekanbaru sudah dilaporkan oleh Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kota Pekanbaru ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau pada Agustus 2019.

Sedangkan dugaan korupsi upah pungut pajak di Bapenda Pekanbaru sudah diusut oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru Februari 2020. Bahkan sebanyak 18 orang pejabat terkait sudah dimintai keterangan oleh penyidik.(*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Muhammad saat keluar ruangan penyidik Mapolda Riau.Berkas dan Bukti Dilimpahkan ke Jaksa, Wabup Bengkalis Nonaktif Muhammad Bakal Ditangani Kejari Inhil
Sidang kasus Bupati Non Aktif Amril Mukminin. Foto: CakaplahAkui Terima Uang Rp5,2 Miliar dari PT CGA, Amril Mukminin Sebut Sudah Serahkan ke KPK
KPKKPK Pastikan Tidak Akan Tunda Proses Hukum yang Libatkan Para Calon Kepala Daerah
  Wakil Bupati Bengkalis Non Aktif Muhammad mendatangi Ditreskrimsus Polda Riau, Kamis (24/9/2020).Masuk Tahap II, Kasus Dugaan Korupsi Wakil Bupati Bengkalis Non Aktif Muhammad Segera Disidangkan
Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Mia AmiatiKejati Riau Tunda Pemeriksaan Saksi Perkara Dugaan Korupsi Multimedia Disdik Riau
IlustrasiTerseret Dugaan Korupsi di Setdakab Kuansing, Bupati Mursini Kembalikan Sebagian Kerugian Negara

 
Berita Lainnya :
  • Penyebab Kasus Positif Corona di Indonesia Terus Meningkat
  • Deklarasi Damai, Bawaslu Rohil Tegaskan Kampanye harus Ikuti Protokol Kesehatan
  • Ternyata Kuota Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 10 Cuma untuk 116 Ribu Orang
  • Truk Tabrak Se-Keluarga Penghuni Kedai di Pelalawan, Bocah 11 Tahun Tewas
  • Resesi karena Corona, Deretan Fakta Ekonomi RI 2020 Diprediksi Minus
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved