www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Wagubri Ungkap Peran Zakat di Masa Pandemi Covid-19
 
Kajati Riau: Kasus Dugaan Korupsi di Siak Segera Masuk Tahap Penyidikan
Kamis, 23 Juli 2020 - 13:13:00 WIB
Kajati Riau, Mia Amiati
Kajati Riau, Mia Amiati

PEKANBARU - Pengusutan kasus dugaan korupsi di Kabupaten Siak akan ditingkatkan ke penyidikan, dimana kasus dugaan korupsi yang menyeret nama Yan Prana Jaya Indra Rasyid saat ini di tahap penyelidikan.

"Saat ini sudah penyelidikan, ini (kasus Siak) akan ditingkatkan ke penyidikan," ungkap Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau, Mia Amiati didampingi Wakajati, Daru Tri Sadono dan para asisten usai peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-60 di Kantor Kejati Riau, Rabu (22/7/2020).

Kajati Riau, Mia Amiati menegaskan pengusutan kasus dugaan korupsi di Kabupaten Siak dilakukan bukan karena dirinya marah atas tindakan pemerintah daerah. Kasus ditangani karena ada laporan dari masyarakat.

Saat ini, Kejati Riau sedang mengusut dugaan korupsi di Pemerintahan Kabupaten Siak. Ada tiga item yang diselidiki, yakni dugaan korupsi di Setdakab Siak, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Siak dan Badan Keuangan Daerah (BKD) Siak. Saat itu Bupati Siak dijabat oleh Syamsuar yang sekarang menjabat gubernur Riau.

Dalam proses pengumpulan bahan dan keterangan, Sekdaprov Riau, Yan Prana Jaya Indra Rasyid dipanggil untuk diklarifikasi. Yan Prana dua kali memenuhi panggilan jaksa penyelidik Pidana Khusus, yakni dalam kapasitas sebagai Kepala Bappeda Siak dan Kepala BKD Siak.

"Saya banyak dengar di luar, terkait pemeriksaan (kasus Siak) ada kesan Kajati ngambek, Kajati marah hingga Siak jadi target. Tidak demikian," tegas Mia.

Mia menyebutkan, ada dua laporan yang masuk ke Kejaksaan. Pertama laporan masyarakat ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Siak dan laporan ke Kejaksaan Agung (Kejagung) RI.

"Kami wajib tindak lanjuti," tegas Mia.

Disebtukan, sesuai SOP, setiap laporan yang masuk harus ditelaah karena terindikasi ada unsur korupsi. Setelah itu dilakukan penyelidikan. "Saat ini sudah penyelidikan, ini (kasus Siak) akan ditingkatkan ke penyidikan," ungkap Mia.

Terkait pemeriksaan Yan Prana, ditegaskan Mia tidak ada kaitannya dengan jabatannya sebagai Sekdaprov Riau. "Pemeriksaan Pak Yan Prana sebagai Kepala Bappeda dan BKD. Tidak ada sebagai Sekda," tegas Mia dilansir cakaplah.

Diberitakan sebelumnya, Yan Prana yang ditemui usai pemeriksaan mengakui dipanggil sebagai Kepala Bappeda dan Kepala BKD Kabupaten Siak. "Saya mengikuti prosedur dan pemanggilan ini wajib saya hadiri. Saya harus koorperatif terkait permasalahan ini," kata Yan Prana.

Yan Prana menjelaskan, ia ditanya terkait perencanaan anggaran, mekanisme pencairan anggaran dan pelaksanaan kegiatan di Bappeda dan BKD Siak. Ada juga tentang dana bantuan sosial (Bansos).

"Saya lebih banyak diklarifikasi terkait perencanaan anggaran, dan mekanismenya. Saya juga ditanya mekanisme di BKD, pencairan dan hibah bansos. Saya jawab saja," ungkap Sekdaprov Riau ini.(*)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Ulil Amri saat masuk ke ruang penyidik.Tiga Orang Kepercayaan Syamsuar Diperiksa Kejati Riau
Kajati Riau, Mia Amiati Kajati Riau: Kasus Dugaan Korupsi di Siak Segera Masuk Tahap Penyidikan
IlustrasiPolisi Periksa PPTK Terkait Dugaan Korupsi Meubeler di Disdikbud Siak
  Stop Korupsi.Kejati Didesak Usut Tuntas Korupsi di Siak, Jangan hanya Sekedar Klarifikasi
Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Yan Prana Jaya Indra RasyidTerkait Dugaan Korupsi di Siak, Jaksa Kejati Panggil Sekdaprov Riau

 
Berita Lainnya :
  • Wagubri Ungkap Peran Zakat di Masa Pandemi Covid-19
  • Jenazah Almarhum Eko Suharjo Tiba di Dumai
  • Breaking News: KPK Tangkap Menteri KKP Edhy Prabowo
  • Kabar Duka, Calon Walikota Dumai Eko Suharjo Meninggal Dunia
  • Cinta Laura dan Putri Tanjung Berikan Dukungan kepada Perempuan Indonesia untuk Menjadi Womanpreneur Sukses
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved