www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Libur Cuti Bersama, Sekda Kepulauan Meranti Imbau ASN Tak Keluar Daerah
 
Hingga Juli, Kejari Rohul Tangani 225 Perkara, Termasuk 20 Kasus Pencabulan Anak
Kamis, 23 Juli 2020 - 06:20:52 WIB
Kajari Rohul Ivan Damanik dan para Kasi upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-60, di Aula kantor Kejari Rohul
Kajari Rohul Ivan Damanik dan para Kasi upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-60, di Aula kantor Kejari Rohul

PASIR PANGARAIAN - Kepala Kejaksaan negeri (Kajari) Rokan Hulu (Rohul) Ivan Damanik.SH.MH mengakui, meski tidak mendominasi, namun perkara pencabulan anak yakni 20 perkara, sudah terbilang besar dan perlu jadi perhatian semua pihak.

"Ada 20 perkara pencabulan, itu merupakan angka yang sangat tinggi. Kita wajib fokus dan perhatian terhadap hal ini," ungkap Kajari Rohul Ivan Damanik, Rabu (22/7/2020), saat menggelar upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-60, di Aula kantor Kejari Rohul mengusung tema “Terus Bergerak dan Berkarya”.

Berbeda dari tahun sebelumnya, peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-60 tahun ini digelar di tengah Pandemi Covid-19, sehingga upacara dilaksanakan secara virtual di seluruh Indonesia dengan serentak, termasuk di Kejari Rohul.

Hadir di acara itu, Kasi Pidum Reza. RF, Kasi BB Daniel, Kasi Intel Ari Supandi, Kasi Pidsus Doni dan Kasi Datun Ronni untuk menjabarkan informasi terkait Keberhasilan Kejari Rohul dari Januari hingga Juli 2020.

Kajari mengakui, dalam melaksanakan tugas, Kasi Datun memiliki tugas penyiapan bahan penyusunan rencana dan program kerja, namun sat ini tidak dapat bekerja maksimal karena kondisi Covid-19​.

“Sehingga kita tidak dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat,” ungkap Ivan Damanik.

Terkait kasus pelecehan atau pencabulan memang cukup menonjol terjadi di Kabupaten Rohul, karena hingga Juli 2020 Kejaksaan negeri Rohul sudah menangani 20 kasus pencabulan. 

Pidum Kejari Rohul sudah terima 225 berkas perkara dugaan tindak pidana umum dari Kepolisian beserta jajaran. Dari 225 perkara limpahan Polres beserta jajarannya, 159 perkara sudah dinyatakan lengkap atau P21, tahap sidang 62 perkara serta yang sudah memiliki kekuatan hukum 143 perkara.

Ivan Damanik menegaskan, dari 225 perkara Pidum selain sebagian sudah memiliki hukum tetap atau ingkrah, ada 20 perkara serta yang masih dalam proses P19 ada 5 perkara. Perkara yang mendominasi yakni penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang dengan jumlah 97 perkara.

"Menyusul pencurian dan perkara pencabulan anak ada 20 perkara," ungkap Ivan Damanik didampingi Kasi Pidum Kejari Rohul Reza Rizki Fadillah.

Perkara penyalahgunaan narkotika yang ditangani Kejaksaan juga terbilang tinggi. Hal itu kemungkinan disebabkan di Rohul banyak peredaran narkotika.

"Sama hal nya dengan tindak pidana pencabulan, dengan angka 20 perkara itu sudah cukup tinggi,"ucapnya.

Selain itu jelas Ivan, dari perkara yang ditangani pihaknya juga merasa terkendala selama Pandemi COVID-19, salah satunya persidangan harus dilakukan dengan cara online.

Kemudian, selama ini pihaknya terkendala karena pihak Lembaga Pemasyarakatan tidak bisa menerima titipan tahanan Kejaksaan. 

"Sehingga banyak tahanan kita tersebar di tahanan  Polres dan Polsek-polsek," ucapnya menambahkan.

Kajari mengaku, sudah berkomunikasi dengan pihak Lembaga Pemasyarakatan. Pihaknya telah bisa membawa tahanan Kejaksaan yang dititipkan di Polres Rohul dan dipindah ke Lapas Klas II B Pasir Pangaraian. 

Penulis: Feri Hendrawan
Editor: Yusni Fatimah



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Pelaku Bayu, petugas kebersihan yang rekam wanita sedang mandi di Surabaya. FOTO: iNewsSuka yang Lebih Tua, Petugas Kebersihan Mal Dicokok Polisi Gara-gara Rekam Wanita Mandi
Terduga pelaku setelah diamankan.Ajak Main ke Rumahnya, Pria di Siak Cabuli Bocah Ingusan Lalu Diberi Jajan
Kajari Rohul Ivan Damanik dan para Kasi upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-60, di Aula kantor Kejari Rohul Hingga Juli, Kejari Rohul Tangani 225 Perkara, Termasuk 20 Kasus Pencabulan Anak
  Kejari Rohul setorkan uang rampasan dari perkara tipikor ke negara Rp117 juta lebih.Kejari Rohul Setorkan Rp117 Juta Lebih Uang Rampasan ke Negara dari Kasus Tipikor
Ekspos kasus pencabulan dan pembunuhan bocah di Siak.Cabuli dan Sayat Bocah hingga Tewas, Pria di Siak Terancam Hukuman Mati
Kajari Rohul Ivan Damanik, didampingi Kasi Pidsus Kejari Rohul Doni Syahputra dan kasi lainnya, paparkan kinerja terhitung Januari - Juli 2020, di Aula Kejari Rohul.Kejari Rohul Sidik Dugaan Penyelewengan Pembangunan Jembatan Batang Lubuh di SP III Kepenuhan

 
Berita Lainnya :
  • Libur Cuti Bersama, Sekda Kepulauan Meranti Imbau ASN Tak Keluar Daerah
  • Dari 294 Kasus Baru Covid-19 Riau Hari Ini, Pekanbaru Sumbang 121
  • Sejak Awal Tahun, 113 Polisi Dipecat, Kebanyakan karena Narkoba
  • PSTI Bengkalis Kirim 8 Atletnya Ikuti PPLP
  • Sidak ke Pasar Palika, Rudyanto Sebut Kesadaran Masyarakat Mulai Baik
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved