www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Protokol Kesehatan di Siak Diperketat, Sanksi Bagi Pelanggar Menanti
 
Mahasiswa dan Pelajar Meranti Demo Minta Kejati Riau Bebaskan Rustam, Tersangka Karhutla
Senin, 13 Juli 2020 - 17:35:31 WIB
Massa unjuk rasa di Kejati Riau minta Rustam dibebaskan.
Massa unjuk rasa di Kejati Riau minta Rustam dibebaskan.

PEKANBARU - Sejumlah massa dari mahasiswa dan pelajar di Kabupaten Kepulauan Meranti, Senin (13/7/2020) sore, melakukan unjuk rasa di depan Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau. Massa menuntut tersangka yang terlibat kasus dugaan pembakaran hutan dan lahan dibebaskan. 

Dalam orasinya, masa mengatakan adanya ketidakadilan pihak aparat hukum dalam melakukan penyelidikan kasus yang menyeret salah seorang warga Meranti, Rustam, hingga ditetapkan sebagai tersangka. 

Guntur Yurfandi Ketua Umum Pelajar Mahasiswa Kabupaten Meranti kepada halloriau.com, mengatakan aksi yang digelar ini meminta kepada pihak penegak hukum agar membebaskan Rustam. 

"Kami menuntut Rustam (terdakwa,red) dibebaskan," tegas Guntur.

Rustam sendiri merupakan seorang masyarakat di Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Meranti ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian dalam kasus dugaan pembakaran lahan. Saat ini kasusnya telah memasuki tahap persidangan di Pengadilan. 

Menurut Guntur, secara dakwaan luas lahan yang terbakar tersebut hanya mencapai 10x15 m. Rustam dalam kasus ini, dinyatakan tersangka oleh pihak kepolisian. 

"Niatnya dilihat secara dilik membuka lahan. Dan dia buka lahan itu hanya untuk membersihkan lahan yang berada di belakang rumahnya. Secara ini tidak lebih dari 2 ha (10x15). Kalau dikaji, ini sangat miris tindakan hukum terhadap rakyat kecil," terangnya.

Masih menurut dia, kasus ini akan menjadi perhatian pihaknya sebagai mahasiswa, terlebih ini kasus yang pertama. Sedangkan tindakan hukum terhadap tersangka korporasi, belum ada kejelasan. Kata dia, ini akan menjadi perbandingan pihaknya. 

"Polisi jangan lihat dari alat bukti dan barang bukti saja dalam menetapkan seseorang menjadi tersangka. Harus dilihat secara detilnya dan pasal yang dikenakannya," tuturnya.

Menurut dia, tindakan Rustam ini secara kearifan lokal ini adalah kebiasaan. Sementara itu, kasus ini telah menjalani proses sidang hingga saat ini akan menunggu sidang pledoi di pengadilan. 

"Kami akan kawal terus kasus ini, dan akan menunggu kepastian pihak Kejati Riau bagaimana kasus ini berjalan ke depannya," katanya. 

Dalam kasus ini, Guntur menilai pasal yang disangkakan kepada tersangka terkait lingkungan hidup dan perkebunan yakni Pasal 69 ayat 1 a dan Pasal 59 ayat 1 Undang-Undang, harus jelas. 

"Dalam kajian kami, harus jelas dan pasal yang dikenakan terkait lingkungan hidup dan perkebunan, tidak memenuhi unsur hukum dengan tuntutannya 1 tahun dan denda Rp800 juta. Ini tak sepadan," pungkas Guntur. 

Penulis : Helmi 
Editor: Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Penyidik Kejati Riau geledah kantor Disdik Riau.Paska Penetapan Dua Tersangka, Penyidik Kejati Geledah Kantor Disdik Riau
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar (baju kemeja putih) saat mengunjungi kantor Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Riau, Senin (20/7/2020) di Pekanbaru. Foto: RiauposKPK Berkoordinasi dengan Kejati untuk Penertiban Aset di Riau
Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau Mia AmiatiKejati Riau akan Ekspos Seluruh Kasus, Termasuk Dugaan Korupsi Dana Bansos Covid-19
  Tampak personel Brimob lakukan pengawalan. Foto: Goriau.comKejati Geledah Kantor Disdik Riau, Pegawai Sempat Ditegur Penyidik karena Hal Ini
 Badan Eksekutif Mahasiswa se-Indragiri Hulu bersama mahasiswa Indragiri Hulu sampaikan tuntutan di kantor Kejari Indragiri Hulu, Senin (20/7/2020).Mahasiswa dan BEM Se-Inhu Dorong Kejari Usut Tuntas Dugaan Korupsi di Setda Inhu dan RSUD Indra Sari
Massa unjuk rasa di Kejati Riau minta Rustam dibebaskan.Mahasiswa dan Pelajar Meranti Demo Minta Kejati Riau Bebaskan Rustam, Tersangka Karhutla

 
Berita Lainnya :
  • Protokol Kesehatan di Siak Diperketat, Sanksi Bagi Pelanggar Menanti
  • Terungkap di Persidangan, Eks Ajudan Amril Mukminin Beberkan Bagi-bagi uang PT CGA
  • Gubri Kukuhkan 8 Paskibra, Ini Nama-namanya
  • Kuasa Hukum Jerinx Berharap IDI Mau Berdamai
  • Tinggal Berdesakan di Rumah Kontrakan, Yeni Tabah Jadi Kepala Keluarga
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved