www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Kesaksian Persidangan Sebut BBM di SPBU PT BLJ Dioplos, Direktur PT BLJ: Kita Merasa Dirugikan
 
Dikirim Ship to ship, Bareskrim Polri Sita Sabu 159 Kg dari China
Jumat, 26 Juni 2020 - 10:36:06 WIB
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (kedua kanan)
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (kedua kanan)

JAKARTA - Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri bersama Ditjen Bea dan Cukai berhasil menyita barang bukti narkoba jenis sabu-sabu seberat 159 kilogram asal China dan menangkap lima tersangka. Para tersangka tersebut berperan sebagai kurir ataupun transporter.

Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan, awalnya penyidik mendapatkan informasi bahwa akan ada pengiriman paket sabu. Informasi tersebut kemudian diselidiki. Pada 27 Mei 2020, penyidik menangkap seorang perempuan berinisial ES di sebuah gudang bekas bengkel las di Jalan Ujung Harapan, Kampung Pulo Asem, RT 009 RW 006, Kelurahan Babelan Kota, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Kami dapatkan pelaku yakni inisial ES yang saat itu sedang serah terima barang narkoba di sebuah bengkel," kata Komjen Sigit di Kantor Bareskrim Polri, Kamis (25/6/2020).

Dari tangan ES, ditemukan paket sabu seberat 35 kg. Dari hasil penyidikan, diketahui bahwa ada barang yang diturunkan di Pekanbaru, Riau. Selanjutnya pada 18 Juni, tim menangkap tersangka SD di Kota Pekanbaru, Riau dengan barang bukti 5 kg sabu-sabu, 3.000 butir ekstasi dan 300 butir H5/ erimin 5.

"Kami juga dapat info mereka (pelaku) berhubungan dengan Mr X domisili di Malaysia. Dan Mr X ini berhubungan dengan A di dalam lapas," ujar Sigit dilansir Republikaonline.

Kemudian penyidik memperoleh informasi bahwa akan ada pengiriman narkotika secara ship to ship. Pada 21 Juni, tim Operasi Halilintar berpatroli di perairan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Aceh dan mencegat kapal motor berbendera Indonesia yang belakangan diketahui mengangkut 119 kg sabu-sabu. Di kapal tersebut, ada tiga pelaku yakni US, SY dan IR yang perannya sebagai transporter.

Dari hasil pemeriksaan para tersangka, diketahui bahwa paket sabu mereka dapatkan dari seorang WN Malaysia di perairan Batu Putih Malaysia dengan cara ship to ship. 

"Yang bersangkutan bertransaksi ship to ship di perairan Malaysia, lalu dibawa masuk ke perairan Aceh," kata mantan Kadiv Propam Polri ini.

Total barang bukti narkotika yang disita tim Operasi Halilintar adalah 159 kg sabu-sabu, 3.000 butir ekstasi dan 300 butir H-5. Sementara sejumlah barang bukti yang disita dari jaringan ini yakni satu timbangan besar, sembilan ponsel, uang Rp1,6 juta, satu unit kapal motor dan satu telepon satelit.

Dalam kasus ini sabu diduga didatangkan dari Malaysia melalui jalur laut dan mendarat di perairan Aceh. Selanjutnya dikirim menggunakan truk ke Sumatera, khususnya Pekanbaru dan ke wilayah Jabodetabek. Pengiriman menggunakan truk sengaja disamarkan dengan bahan pokok untuk mengelabui jika ada pemeriksaan petugas.

"Ini jaringan Golden Triangle, jaringan Cina masuk ke Thailand - Malaysia - Indonesia sehingga kemasannya beda. Metodenya (pengiriman) ship to ship," ujar jenderal bintang tiga ini.(*)




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Ilustrasi20 Kg Sabu dan 10 Ribu Butir Pil Ekstasi dari Malasysia Diamankan BNNP Riau
Barang bukti yang berhasil ditangkap polisi.Polisi Kalsel Tangkap Sabu 10 Karung, Isinya hingga 300 Kg
Sabu dalam tas tersimpan di antara tumpukan batu-bata.Truk dari Riau Selundupkan 131 Kg Sabu-sabu, Modus Angkut Batu Bata
  Barang bukti yang turut diamankan.Sedang Transaksi Sabu di Belakang Pondok, Tiga Pria Diciduk Polres Rohil
Penjual dan pengguna narkotika diamankan pihak kepolisian Satresnarkoba Polres Kuansing.Hendak Pesta Narkoba, Penjual dan Pemakai Sabu di Kuansing Diringkus Polisi
Tersangka diringkus polisi.Didatangi Polisi, Pemuda di Seberida Ketahuan Simpan Sabu Dalam Kasur

 
Berita Lainnya :
  • Kesaksian Persidangan Sebut BBM di SPBU PT BLJ Dioplos, Direktur PT BLJ: Kita Merasa Dirugikan
  • Satpol PP Diminta Tindak Pasar Ilegal di Pekanbaru
  • Riau Tambah 16 Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 Hari Ini
  • Kasus Corona Indonesia Tambah 1.693, Total Positif Jadi 128.776 Kasus
  • Uji Tera Tidak Ada Pungutan, Kadisperindag Rohul Akui Potensi PAD dari Tera Bisa Rp3 Miliar Per Tahun
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved