www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Ahli Epidemiologi Riau Rekomendasikan Beberapa Langkah Penanganan Covid19
 
Polres Dumai Bongkar Sindikat Penyeludupan Orang Dikendalikan Napi dari Balik Jeruji
Jumat, 19 Juni 2020 - 15:15:55 WIB
Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudistira, tunjukkan barang bukti saat press release di Pol Air Dumai, Jumat (19/6/2020).
Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudistira, tunjukkan barang bukti saat press release di Pol Air Dumai, Jumat (19/6/2020).

DUMAI - Kepolisian Resort (Polres) Kota Dumai berhasil mengungkap sindikat penyeludupan manusia yang dikendalikan dari rumah tahanan (Rutan) Kelas II B Dumai, Kamis (18/6/2020).

Tujuh orang sindikat penyelundupan manusia yang diotaki oleh warga binaan Rutan Dumai dengan inisial TSS merupakan hasil pengembangan penangkapan 23 pekerja migran Indonesia (PMI) asal Malaysia yang masuk Dumai secara ilegal belum lama ini.

Sedikitnya selama pandemi Covid-19, jaringan sindikat ini sudah tiga kali melakukan penyelundupan PMI asal Malaysia ke Indonesia melalui Kota Dumai.

"Ada tujuh tersangka kita amankan masing-masing inisial J, Y, PR, Ze, K, S dan TSS yang diamankan. Mereka kita amankan secara terpisah dikediamannya masing-masing hasil perkembangan penyelidikan dari keterangan saksi-saksi," ujar Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudistira, Jumat (19/6/2020) dalam press release di Pol Air Dumai.

Diterangkan Kapolres, ketujuh tersangka memiliki peran yang berbeda dimana tersangka Y, Pr dan Ze berperan sebagai penyedia kendaraan dan sopir yang menjemput para PMI di Dumai untuk membawa para PMI ke tempat tujuan mereka.

Dari hasil pengembangan ketiga tersangka polisi kembali mengamakan empat tersangka lainnya secara terpisah yakni tersangka S yang berperan untuk merekrut PMI yang akan pulang dari Malaysia ke Indonesia via Dumai.

Selain merekrut para PMI, tersangka S yang di amankan di Kota Medan, juga berperan mencari kapal, anak buah kapal beserta tekong untuk menjemput PMI di Malaysia berdasarkan perintah tersangka K alias U.

Dari tersangka K dan S polisi akhirnya berhasil mengamakan tersangka TSS otak pelaku penyeludupan manusia ini. Dimana tersangka SS diamankan di Rutan kelas II Dumai.

Selain mengamankan pelaku ketujuh tersangka, polisi juga mengamakan barang bukti berupa speed boat, 4 unit mobil, pasport dan rekening tabungan.

"Dari hasil penyelidikan yang kita lakukan menyebutkan kalau penyeludupan ini di otaki oleh tersangka TSS yang merupakan narapida dengan kasus yang sama dan masih menjalani hukuman penjara dari perkara sebelumnya dengan masa hukuman 5 tahun 1 bulan kurungan penjara," terang Kapolres.

Lanjutnya, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak Rutan Dumai terkait keberadaan alat komunikasi yang digunakan oleh tersangka untuk mengendalikan penyeludupan manusia ini.

Barang bukti yang diamankan, paspor, buku tabungan, STNK beserta 4 unit mobil yang digunakan untuk mengangkut PMI, speed boad beserta mesin, dan barang bukti lainnya.

"Untuk para tersangka akan kita jerat dengan pasal 2 junto pasal 10 tentang tindak pidana penyeludupan orang dengan ancaman hukuman 3 tahun penjara dan pasal 120 undang undang Imigrasi nomor 06 tahun 2011 dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara," tutup Kapolres.

Penulis: Bambang
Editor : Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Polres Dumai berhasil mengamankan 3 pelaku illegal logging di kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai Senin kemarin.Polres Dumai Ciduk 3 Tersangka Illegal Logging di Kecamatan Sungai Sembilan
Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudistira memimpin ekspos penangkapan 3 pelaku penyelundupan PMI asal Malaysia.Polres Dumai Tangkap 3 Pelaku Penyelundupan PMI Asal Malaysia
Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK, memberikan arahan kepada remaja pelaku balap liar beserta penonton balap liar Sabtu malam kemarin di Jalan HR Subrantas Dumai.Polres Dumai Tertibkan Ratusan Remaja Balap Liar
  Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudistira, tunjukkan barang bukti saat press release di Pol Air Dumai, Jumat (19/6/2020).Polres Dumai Bongkar Sindikat Penyeludupan Orang Dikendalikan Napi dari Balik Jeruji
SY nekat gantung diri di pohon kelor diduga akibat masalah asmara.Cekcok dengan Pacar, Pria di Dumai Nekat Gantung Diri di Pohon
PMI asal Malaysia diisolasi di wisma Mayangsari Dumai sambil menjalani pemeriksaan kesehatan dan Rapid Test untuk mencegah penyebaran virus Corona.TNI AL Dumai Amankan 23 PMI Asal Malaysia di Pelabuhan Sepahat

 
Berita Lainnya :
  • Ahli Epidemiologi Riau Rekomendasikan Beberapa Langkah Penanganan Covid19
  • KPID Riau Siap Sukseskan Pilkada Serentak di 9 Kabupaten Kota
  • Bikin Heboh, Beredar Rekaman Sepasang Warga Binaan Bermesraan di Lapas Bangkinang
  • Semester I 2020, Ekspor Riau Naik 6,96 Persen
  • Ayo Buruan, Kuliah di AMIK Selatpanjang Gratis dan Dapat Uang Saku, Kuota Terbatas
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved