www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Viral Penampakan Rumah di Tengah Jalan Raya, Pemilik Dinilai Egois
 
Polres Dumai Tangkap 3 Pelaku Penyelundupan PMI Asal Malaysia
Minggu, 14 Juni 2020 - 18:07:59 WIB
Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudistira memimpin ekspos penangkapan 3 pelaku penyelundupan PMI asal Malaysia.
Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudistira memimpin ekspos penangkapan 3 pelaku penyelundupan PMI asal Malaysia.

DUMAI - Polres Dumai berhasil mengamankan tiga pelaku penyeludupan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Malaysia yang masuk lewat Dumai melalui jalur ilegal.

Ketiga pelaku yang diamankan yakni YS (68) diduga sebagai otak pelaku, ZE (37) berperan sebagai penjemput PMI non prosedural dari Malaysia ketika sampai ke Dumai dan MB menjemput PMI di Malaysia menggunakan speaboat.

Ketiganya terlibat masuknya PMI non prosedural yang masuk lewat jalur ilegal dari perairan Dumai. Hal itu disampaikan Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudistira, Sabtu (13/6/2020) kemarin.

Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudistira menambahkan, ketiga pria yang diamankan tersebut merupakan satu jaringan kasus dugaan penyeludupan orang jaringan internasional.

"Jadi mereka ini diamankan berdasarkan hasil penyelidikan dan pengembangan polisi saat mengamankan 18 PMI non prosedural beberapa waktu lalu di Sungai Geniot Kelurahan Basilam Baru Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai," terang Kapolres.

Motif ketiga pelaku diketahui membawa PMI non prosedural masuk ke Wilayah Indonesia tanpa dokumen yang sah dan mengambil keuntungan sekitar Rp 6 juta perorang dari PMI non prosedural.

 "YS diketahui merupakan otak pelaku, kenapa disebut otak pelaku, karena YS yang mengatur semuanya," ungkap Kapolres.

Berdasarkan hasil pemeriksaan diketahui modus operandi para pelaku ketika melakukan penyelundupan PMI non prosedural ini.

"Jadi YS memerintahkan kepada MB untuk menjemput PMI non prosedural tersebut dari Malaysia menggunakan speedboat untuk masuk ke wilayah Indonesia jalur perairan Dumai," tuturnya.

YS juga memerintahkan ZE pelaku lainnya untuk menyambut atau menerima 18 PMI non prosedural di daerah Sungai Geniot Kelurahan Basilam Baru Kecamatan Sungai Sembilan. 

"ZE ini menyediakan kendaraan mobil L300 untuk menjemput 18 PMI non prosedural ini atas perintah YS, bahkan YS juga yang menghubungi rekan di Malaysia untuk mengatur keberangkatan PMI non prosedural tersebut," paparnya. 

Ia mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan dan pemeriksaan mendalam terkait apakah beberapa kejadian masuknya PMI non prosedural secara ilegal ada kaitannya dengan para pelaku. 

"Saat ini pelaku mengaku baru sekali,  namun dari data kami sudah ada empat kali aktivitas kasus dugaan penyeludupan orang ini terjadi, apakah ini berkaitan kita tunggu hasil pengembangan selanjutnya," katanya.

Ketiga tersangka dijerat pasal 120 ayat 1 UU RI 06/2011 tentang ke-Imigrasian dengan ancaman minimal  5 tahun penjara dan maksimal 15 tahun. 

"Terhadap para TKI sudah dipulangkan ke daerah masing-masing, sebelum dipulangkan mereka semua sudah di periksa rapid test untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di Kota Dumai, hasilnya semua negatif," tutup Kapolres.

Penulis : Bambang
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Barang bukti yang berhasil ditangkap polisi.Polisi Kalsel Tangkap Sabu 10 Karung, Isinya hingga 300 Kg
Polres Dumai berhasil mengamankan 3 pelaku illegal logging di kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai Senin kemarin.Polres Dumai Ciduk 3 Tersangka Illegal Logging di Kecamatan Sungai Sembilan
Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudistira, tunjukkan barang bukti saat press release di Pol Air Dumai, Jumat (19/6/2020).Polres Dumai Bongkar Sindikat Penyeludupan Orang Dikendalikan Napi dari Balik Jeruji
  Ekspos kasus beberapa waktu lalu.BNNP Riau Buru 3 Pemasok Sabu Kemasan Susu Milo Asal Malaysia
Dua kurir sabu asal Malaysia diamankan BNN Riau.BNN Riau Tangkap Kurir 7 Kg Sabu Asal Malaysia, Kandaskan Impian Terima Upah Rp50 Juta
Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudistira memimpin ekspos penangkapan 3 pelaku penyelundupan PMI asal Malaysia.Polres Dumai Tangkap 3 Pelaku Penyelundupan PMI Asal Malaysia

 
Berita Lainnya :
  • Viral Penampakan Rumah di Tengah Jalan Raya, Pemilik Dinilai Egois
  • Cegah Klaster Penularan Covid-19 di Kantor, Ini 5 Tips yang Bisa Diterapkan
  • Kejutan MotoGP Ceko, Kalahkan Morbidelli Brad Minder Menang
  • Buka Turnamen Sepak Bola di Wonorejo, Hamdani Harap Kekompakan Warga Makin Terjaga
  • Tahniah Hari Jadi ke-63, Bersama Bangun Riau Jadi Lebih Baik
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved