www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Viral Penampakan Rumah di Tengah Jalan Raya, Pemilik Dinilai Egois
 
Hati-hati Penipuan Gunakan Nomor WA dengan Foto Profil Wakil Bupati Minta Transfer Uang
Senin, 08 Juni 2020 - 09:04:42 WIB
Penipu meminta data honorer kepada pejabat yang diincar.
Penipu meminta data honorer kepada pejabat yang diincar.

SELATPANJANG - Akhir pekan ini, beberapa pejabat di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti dikejutkan permintaan mentransfer uang dari nomor WhatsApp (WA) yang menggunakan foto profil Wakil Bupati Said Hasyim.

Seperti yang dialami Pelaksana Harian Sekretaris Camat (Plh Sekcam) Tebing Tinggi Timur Alfian. Dia mengaku pada Minggu (7/6/2020) sore masuk pesan WA yang menggunakan foto profil Wakil Bupati.

"Selain mengucapkan salam, dia juga minta bantuan. Saya tanyakan minta bantuan apa. Dibalasnya, minta kirimkan sedikit uang. Saya langsung telpon tapi tidak diangkat. Lalu muncul pesan di WA agar tidak menelpon tapi cukup melalui WA karena sedang sibuk. Namun setelah itu dia menghapus foto Wakil Bupati di profilnya," cerita Alfian.

Dia pun membandingkan nomor WA tersebut dengan nomor handphone milik Wakil Bupati Said Hasyim yang disimpan temannya. "Nomornya berbeda. Bukan nomor yang biasa dipakai Pak Wakil Bupati. Dia menggunakan nomor 081347454178," ungkap Alfian.

Menanggapi kejadian ini Kabag Humas dan Protokol Pemkab Kepulauan Meranti Rudi Hasan mengaku sudah mendapat laporan mengenai hal tersebut. Dia memastikan nomor WA itu bukan milik Wabup Said Hasyim.

"Itu bukan nomor Wakil Bupati. Ini diduga upaya penipuan yang memanfaatkan nama Wakil Bupati," ungkap Rudi.

Menurutnya, selain minta kiriman uang, pengguna nomor WA itu juga minta dikirimkan data pegawai honorer. Bahkan dia minta seorang kerabat Wakil Bupati agar membantu tenaga honorer menjadi PNS.

"Nomor kontaknya tidak bisa dihubungi. Hanya bisa melalui WA, tapi jika ditelpon melalui WA, tidak mau diangkat. Kami minta kita semua berhati-hati dengan permintaan melalui WA atau telpon seperti ini," kata Rudi.

Dia juga mengingatkan seluruh pejabat dan masyarakat untuk memastikan dulu jika ada yang menghubungi atas nama Wakil Bupati atau pejabat daerah lainnya. "Kami minta permintaan tersebut jangan dilayani," singkatnya.

Rudi juga mengaku akan berkoordinasi dengan pimpinannya untuk menentukan langkah selanjut terhadap WA yang mencatut foto dan nama wakil bupati tersebut. "Kita akan koordinasi dengan pimpinan untuk menentukan langkah hukum selanjutnya," tegas dia.

Penulis: Ali Imroen
Editor: Yusni Fatimah



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Para TKI dari Malaysia yang menggunakan kapal cepat terdampar di perairan Desa Kedabu Rapat, saat ini mereka sudah diamankan pihak kepolisian Polres Kepulauan MerantiPolres Kepulauan Meranti Amankan Speed Boat Angkut TKI Ilegal dari Malaysia
Tersangka penipuan.Bermodal Lencana Plastik, Pria Lampung Ngaku Anggota BIN dan Tipu Warga Pekanbaru
Jenazah korban ditemukan mengapung oleh warga.Pergi Mencari Sinyal, Pemuda Desa Mengkikip Malah Ditemukan Tewas Mengapung
  Massa unjuk rasa di Kejati Riau minta Rustam dibebaskan.Mahasiswa dan Pelajar Meranti Demo Minta Kejati Riau Bebaskan Rustam, Tersangka Karhutla
Rustam tersangka pembakar lahan di halaman rumahnya saat mengikuti sidang online.Bersihkan Pekarangan untuk Kenduri, Rustam Warga Meranti Ditangkap, Dituduh Bakar Lahan
Penipu meminta data honorer kepada pejabat yang diincar.Hati-hati Penipuan Gunakan Nomor WA dengan Foto Profil Wakil Bupati Minta Transfer Uang

 
Berita Lainnya :
  • Viral Penampakan Rumah di Tengah Jalan Raya, Pemilik Dinilai Egois
  • Cegah Klaster Penularan Covid-19 di Kantor, Ini 5 Tips yang Bisa Diterapkan
  • Kejutan MotoGP Ceko, Kalahkan Morbidelli Brad Minder Menang
  • Buka Turnamen Sepak Bola di Wonorejo, Hamdani Harap Kekompakan Warga Makin Terjaga
  • Tahniah Hari Jadi ke-63, Bersama Bangun Riau Jadi Lebih Baik
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved