www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Bracket Masker Ramai Dijual Online, Gunanya untuk Apa?
 
TNI AL Dumai Amankan 23 PMI Asal Malaysia di Pelabuhan Sepahat
Selasa, 02 Juni 2020 - 17:09:51 WIB
PMI asal Malaysia diisolasi di wisma Mayangsari Dumai sambil menjalani pemeriksaan kesehatan dan Rapid Test untuk mencegah penyebaran virus Corona.
PMI asal Malaysia diisolasi di wisma Mayangsari Dumai sambil menjalani pemeriksaan kesehatan dan Rapid Test untuk mencegah penyebaran virus Corona.

DUMAI - TNI Angkatan Laut Kota Dumai berhasil mengamankan 23 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) non prosedural yang kembali ke tanah air melalui pelabuhan rakyat di Desa Sepahat, Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis, Selasa (2/6/2020) sekira pukul 04.00 WIB. 

Informasi yang dirangkum, sebanyak 23 PMI tersebut terpaksa kembali ke Indonesia akibat tidak ada lagi pekerjaan sejak Malaysia memberlakukan Lockdown akibat virus Covid-19.

Setibanya di Pelabuhan Sepahat mereka hendak kembali ke kampung halaman di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, akibat tidak dilengkapi dokumen yang sah mereka terpaksa diamankan oleh TNI AL Dumai saat patroli di perairan Sepahat Kabupaten Bengkalis Selasa dini hari kemarin.

Mengingat kondisi pandemi virus Corona (Covid-19) sebanyak 23 PMI ini diserahkan ke Gugus Tugas Covid-19 Kota Dumai untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. 

Pihak TNI AL Dumai belum dapat dikonfirmasi terkait diamankannya 23 orang PMI asal Malaysia yang masuk melalui jalur ilegal.

Sementara, juru bicara Covid-19 Kota Dumai, dr. Syaiful membenarkan adanya penyerahan 23 PMI non prosedural asal Malaysia oleh pihak TNI AL yang mana saat ini mereka ditempatkan di Wisma Mayang Suri untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Sebanyak 23 PMI kita isolasi di penginapan Mayang Suri dan petugas medis langsung melakukan pemeriksaan kesehatan dan Rapid tes." Kata Syaipul, Selasa (2/6/2020).

Dijelaskannya, rapid test untuk mendeteksi secara dini apakah mereka terpapar virus Corona atau tidak. 

Jika rapid testnya negatif, setelah isolasi, mereka akan dipulangkan ke daerah asal. Bagi yang positif rapid test akan dilanjutkan ke pemeriksaan lebih lanjut yaitu Swab test atau PCR. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di Dumai dan kampung halaman mereka.

"Jika nantinya dalam pemeriksaan rapid tes diantara mereka ditemukan reaktif covid-19 maka akan kita lakukan perawatan dan dilakukan pemeriksaan lanjutan yaitu Swab test atau PCR," tambah Syaiful.

Salah seorang PMI asal Malaysia bernama Zaen (42) mengaku terpaksa pulang karena tidak ada pekerjaan di Malaysia.

"Terpaksa pulang ke Indonesia karena di Malaysia sudah tidak ada lagi pekerjaan sejak Malaysia memberlakukan lockdown akibat virus Corona," kata Zaen.

Mereka memilih jalur non-prosedural untuk sampai ke Indonesia, sebab tidak ada lagi transportasi resmi yang jalan menuju Indonesia.

"Transportasi resmi dari Malaysia ke Indonesia sudah tidak ada lagi. Akhirnya kami nekat pulang melalui agen secara ilegal," terangnya.

Dijelaskannya, ia bersama 22 rekannya berangkat dari Malaysia pada Senin malam sekitar pukul 21.00 WIB dan sampai ke pelabuhan Sepahat subuh sekitar pukul 04.00 WIB.

"Dari Malaysia sampai ke Indonesia kami harus bayar Rp 6 juta per orangnya." Tutupnya. 

Penulis: Bambang
Editor: Yusni Fatimah



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Penyidik menduga kuat sebagian besar minyak mentah yang disuling secara ilegal berasal dari sumber lain.Kasus Penyulingan Minyak Ilegal di Dumai, Polda Riau Dalami Peran Korporasi
Polres Dumai berhasil mengamankan 3 pelaku illegal logging di kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai Senin kemarin.Polres Dumai Ciduk 3 Tersangka Illegal Logging di Kecamatan Sungai Sembilan
IlustrasiDivonis 10 Tahun Lebih Penjara, Eks Sekda Dumai Berstatus Terpidana
  Para TKI dari Malaysia yang menggunakan kapal cepat terdampar di perairan Desa Kedabu Rapat, saat ini mereka sudah diamankan pihak kepolisian Polres Kepulauan MerantiPolres Kepulauan Meranti Amankan Speed Boat Angkut TKI Ilegal dari Malaysia
Lanal Dumai musnahkan ratusan rokok dan miras ilegal dengan cara dibakar‎Lanal Dumai Musnahkan Ratusan Slop Rokok dan Miras Ilegal
Mobil yang alami kecelakaan sudah dievakuasi.Kecelakaan Tunggal Terjadi di Ruas Jalur A Tol Permai, Gara-gara Pecah Ban

 
Berita Lainnya :
  • Bracket Masker Ramai Dijual Online, Gunanya untuk Apa?
  • Lurah Rimba Melintang Bentuk Posko Covid-19 di Setiap RT
  • Jika Ditahan, Tersangka Ancam Bongkar Siapa Saja yang Makan Uang Hasil Korupsi Video Wall Pekanbaru
  • Wajib Pajak Kucing-kucingan, Pemkab Kepulauan Meranti Harus Rela Kehilangan Rp 300 Juta Lebih
  • Kota Dumai akan Uji Coba Belajar Tatap Muka, Sekolah Wajib Ajukan Proposal Protokol Kesehatan Covid-19
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved