www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Satu Warga Rohul Positif Corona, Jumlah ODP 2.176 dan PDP 4 Orang
 
Mahasiswa Demo PN Pekanbaru, Tolak Prapid DPO Plt Bupati Bengkalis
Senin, 16/03/2020 - 20:53:28 WIB
Massa AGSHMR gelar demo di PN Pekanbaru.
Massa AGSHMR gelar demo di PN Pekanbaru.

PEKANBARU - Ratusan massa mengatasnamakan Aliansi Gerakan Supermasi Hukum Mahasiswa Riau (AGSHMR) gelar aksi damai di PN Pekanbaru, Senin (16/3/2020) tadi. 

Massa menolak gugatan praperadilan yang diajukan Muhammad. Pasalnya, Wakil Bupati Bengkalis itu mengajukan prapid saat dirinya telah menyandang status buron.

Peserta aksi menyampaikan aspirasi di luar pagar institusi yang beralamat di Jalan Teratai Pekanbaru itu. Sejumlah baliho dan spanduk yang berisikan tuntutan juga dibawa dalam aksi tersebut.

Syadia Syahdat Koordinator Lapangan (Korlap) dari AGSHMR mengatakan, Muhammad adalah tersangka dugaan korupsi pengadaan dan pemasangan pipa transmisi PDAM di Tembilahan, Indragiri Hilir (Inhil) tahun anggaran 2013. Status itu, kata dia, jelas membuat malu masyarakat Riau yang ada di Bengkalis.

"Karena dia (Muhammad,red) juga sebagai pejabat publik di kabupaten yang berjuluk Negeri Junjungan tersebut, walaupun saat melakukan korupsi tidak melalui APBD Bengkalis," ujarnya dalam orasi.

Terkait perjalanan perkaranya, kata dia, Muhammad tidak menunjukkan etika yang baik dan tidak kooperatif, karena mengabaikan tiga kali pemanggilan penyidik Polda Riau yang menangani perkara. Hingga Muhammad ditetapkan sebagai DPO per tanggal 2 Maret 2020. 

"Hal ini tentu menjadi catatan sejarah terburuk di negeri ini, dimana seorang pejabat tinggi di daerah tidak menunjukkan sikap dewasa dan tidak memberikan contoh yang baik terhadap masyarakat," lanjut dia.

Ia menyayangkan, sikap Muhammad yang mengajukan  gugatan prapid ke PN Pekanbaru. Dia menduga gugatan prapid ini merupakan upaya atau modus Muhammad untuk lepas dari jeratan hukum.

"Kami meminta kepada hakim untuk menghadirkan saudara H Muhammad ST MP pada saat persidangan, dan tegakkan hukum dengan seadil-adilnya tanpa pandang bulu," tegas Syadia. 

Sejauh ini Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia (RI) telah terbitkan Surat Edaran (SE) yang ditujukan kepada seluruh Ketua Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri di seluruh Indonesia tentang larangan pengajuan praperadilan bagi tersangka yang melarikan diri atau sedang dalam status DPO. SE itu sebut dia, bernomor: 1 tahun 2018 yang diterbitkan pada 23 Maret 2018.

"Kita minta hakim itu patuh pada Surat Edaran Mahkamah Agung itu," pungkas Syadia.

Peserta aksi kemudian ditemui oleh Astriwati. Di hadapan pendemo, Pelaksana Harian (Plh) Ketua PN Pekanbaru itu mengatakan, pengadilan tidak bisa menolak pihak terkait untuk mengajukan gugatan.

"Soal bersalah atau tidaknya, diterima atau tidaknya, itu tergantung hakimnya. Kita tidak bisa mengintervensi hakim," kata Astriwati.

Untuk itu, dia tetap meminta masyarakat untuk mengikuti jalannya persidangan untuk mengetahui fakta yang sebenarnya. Apalagi persidangan itu digelar terbuka untuk umum.

Diketahui, sidang perdana gugatan prapid itu sejatinya digelar pada Rabu (10/3/2020) kemarin. Namun sidang itu urung dilaksanakan, karena pihak Termohon, yakni Penyidik Ditreskrimsus Polda Riau tidak hadir.

Selain itu, Muhammad juga tidak hadir. Dia hanya mengutus tim kuasa yang telah ditunjuknya pada persidangan yang digelar di PN Pekanbaru.

Atas hal itu, hakim tunggal Yudissilen menunda persidangan, dan akan dilanjutkan pada Selasa (17/3/2020) besok.

Diketahui, Muhammad mengajukan gugatan prapid karena menolak ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara tersebut. Dia menilai penyidik  tidak cukup bukti dalam menetapkan dirinya sebagai salah satu pesakitan.

Muhammad ditetapkan sebagai tersangka keempat dalam dugaan korupsi pengadaan dan pemasangan pipa transmisi PDAM di Inhil. Penetapan ini diketahui berdasarkan Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) yang diterima Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau tertanggal 3 Februari 2020 lalu. 

Penulis : Helmi 
Editor : Fauzia




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Sidang praperadilan Plt Bupati Bengkalis di Pengadilan Negeri (PN) Sidang Perdana Prapid Plt Bupati Bengkalis Uji 2 Alat Bukti Penetapan Tersangka
Plt Bupati Bengkalis Muhammad.Jadi DPO Polda Riau, Plt Bupati Bengkalis Dicekal ke Luar Negeri
IlustrasiPraperadilan Plt Bupati Bengkalis Menuai Kontra, Dianggap Modus agar Lepas dari Jeratan Hukum
  Massa AGSHMR gelar demo di PN Pekanbaru.Mahasiswa Demo PN Pekanbaru, Tolak Prapid DPO Plt Bupati Bengkalis
Dua orang mahasiswa yang mendapatkan kekerasan oleh oknum yang tidak dikenal.Dua Orang Mahasiswa Luka-luka saat Aksi Bela Kamarek di Kejati Riau
Plt Bupati Bengkalis, MuhammadDICARI! Plt Bupati Bengkalis Muhammad, DPO Polda Riau

 
Berita Lainnya :
  • Satu Warga Rohul Positif Corona, Jumlah ODP 2.176 dan PDP 4 Orang
  • Kapolres Rohul Bersama Forkopimda Cek Gudang Beras, Pastikan Stock Aman 6 Bulan ke Depan
  • Lapas Kelas IIA Pekanbaru Bebaskan 115 Warga Binaan, Satu di Antaranya Toro Laila
  • Penanggulangan Virus Corona, Tahap Pertama Pemkab Meranti Anggarkan Rp36 Miliar
  • Oknum Kades di Kampar Terjaring OTT Satgas Pungli Polda Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved