www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
New Normal di Webinar PPs UIR, Ekonomi Berputar Kesehatan Warga Tetap Dijaga
 
Awal Maret, Jumlah Kasus Karhutla di Riau Naik 31 LP dengan 37 Tersangka Perorangan
Senin, 02 Maret 2020 - 08:09:31 WIB
Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto
Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto

PEKANBARU - Jumlah kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau, bertambah. Seiring itu, penindakan yang dilakukan oleh Satgas Gakkum terus diupayakan guna menciptakan kondisi alam terhindar dari asap. 

Dalam fakta hukumnya, aparat telah menindak laporan polisi (LP) di sejumah daerah di Provinsi Riau. Saat ini sudah ada 31 kasus dari jumlah tersangka, perorangan 37 orang. Sementara korporasi nihil.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto kepada halloriau.com, Senin (2/3/2020) pagi, menginformasikan kasus kebakaran lahan sudah ada 31 laporan polisi menyisakan tersangka perorangan sebanyak 37 orang. 

"Hingga saat ini, jumlah kasus yang kita tindak sebanyak 37 orang tersangka  perorangan dari 31 laporan polisi," ungkap Sunarto. 

Menurut Sunarto, kasus kebakaran lahan ini sudah masuk dalam proses tahap penyidikan di sejumlah Polres kabupaten di Provinsi Riau. Sementara luasan lahan mayoritas gambut yang terbakar, kata Sunarto telah mencapai 168,9825 hektare. 

"Kasus yang tengah ditangani, masih dalam proses penyidikan tahap I dengan luasan lahan yang terbakar sekitar 168,9825 hektare. Untuk tersangka koorporasi yang penanganannya diambil ahli Polda Riau, saat ini nihil," terang Sunarto. 

Sunarto menjelaskan, daerah yang menangani perkara kebakaran lahan, diantaranya Polres Inhil dengan 4 kasus libatkan 5 tersangka dengan lahan yang terbakar 14 hektare. Lalu Inhu, 1 kasus dengan 3 tersangka, lahan yang terbakar seluas 3,5 hektare. 

Kemudian, Rokan Hilir ada 8 kasus dengan 9 orang tersangkanya dan lahan terbakar 22,4 hektare. Sementara Bengkalis juga ada 8 kasus dengan 9 orang tersangka. Untuk lahan yang terbakar 116,53 hektare. 

"Untuk Siak dan Dumai, masing-masing ada 2 kasus dan 3 tersangkanya lahan yang terbakar 2,5 hektare. Lalu ada 2 kasus di Dumai dan 2 orang tersangkanya. Lahannya ada seluas 5 hektare," sambung Sunarto. 

Untuk Polres Meranti penanganan kasusnya ada 4 LP dan 4 orang tersangkanya dengan lahan yang terbakar memiliki luasan cukup besar, yakni 2,0375 hektare. Lalu Polresta Pekanbaru, ada 2 kasus dengan 2 orang tersangkanya, untuk lahanya 1.015 hektare. 

"Untuk Polres Kampar, Pelalawan, Rohul dan Kuansing belum adanya penanganan kasus karhutla. Saat ini kasus yang masih tahap proses penyidikan ada 18 kasus. Sedangkan tahap I ada 13 kasus," pungkas Sunarto. 

Penulis : Helmi 
Editor: Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Kajari Pelalawan Nophy T Suoth SH MH menerima uang pidana tambahan kerusakan dampak Karhutla PT Adei. Foto: RiauposKejari Pelalawan Eksekusi Uang Perbaikan Kerusakan Karhutla dari PT Adei Rp15 Miliar
Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto.Jelang Hari Kemerdekaan, Kasus Karhutla Riau Ada 52 LP dengan 61 Tersangka
Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau musnahkan barang bukti Narkoba.Tangkapan Selama Juli, Polda Riau Musnahkan 18 Kg Sabu dan Ratusan Inek, 1 Tersangka Bandar Narkoba
  Direktur PT Adei Goh Keng Ee menjalani sidang kasus karhutla PT Adei. Foto: RiauposPerkara Karhutla Dilanjutkan, Hakim Tolak Eksepsi PT Adei
IlustrasiSial, Hendak Ditilang, Dua Pemuda di Pekanbaru Malah Ditangkap karena Nyimpan Sabu
Penyidik menduga kuat sebagian besar minyak mentah yang disuling secara ilegal berasal dari sumber lain.Kasus Penyulingan Minyak Ilegal di Dumai, Polda Riau Dalami Peran Korporasi

 
Berita Lainnya :
  • New Normal di Webinar PPs UIR, Ekonomi Berputar Kesehatan Warga Tetap Dijaga
  • Protokol Kesehatan di Siak Diperketat, Sanksi Bagi Pelanggar Menanti
  • Terungkap di Persidangan, Eks Ajudan Amril Mukminin Beberkan Bagi-bagi uang PT CGA
  • Gubri Kukuhkan 8 Paskibra, Ini Nama-namanya
  • Kuasa Hukum Jerinx Berharap IDI Mau Berdamai
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved