www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Jaksa Tuntut Hukuman Berbeda Bagi 4 Penyelundup Singa dan Leopard
 
Wabup Bengkalis Tersangka Dugaan Korupsi Pipa Transmisi Inhil
Kamis, 06 Februari 2020 - 16:10:19 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PEKANBARU - Wakil Bupati Bengkalis akhirnya ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan dan pemasangan pipa transmisi di Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir. 

"Benar sudah tersangka. SPDP sudah kami terima dengan tersangka inisial M," ujar Kepala Kejati Riau, Mia Amiati yang didampingi Asisten Pidana Khusus (Pidsus), Hilman Azazi SH MH, Kamis (6/2/2020) siang. 

Menurut Mia, penanganan perkara tersebut sudah berlarut-larut di Polda Riau. Pihak Kejaksaan mendapat surat dari kepolisian pusat meminta untuk mengekspos perkara itu.

"Berdasarkan dari fakta yang terungkap di persidangan bahwa Wakil Bupati Bengkalis terlibat dalam perkara itu, maka sekarang yang bersangkutan ditetapkan sebagai tersangka," sebut Mia.

Aspidsus Kejati Riau, Hilman, menyebutkan, SPDP tersebut diterima pihaknya pada tanggal 3 Februari 2020 dari penyidik Dit Reskrimsus Polda Riau. Dimana, sebelum penetapan M sebagai tersangka, pihaknya bersama penyidik melakukan gelar perkara.

"Jadi setelah melakukan gelar perkara, kemudian melihat pembuktian dan barang bukti di persidangan atas tersangka yang sudah diadili, peran tersangka M harus dipertanggungjawabkan dalam perkara ini," lanjut Hilman.

Polda Riau menetapkan Wakil Bupati Bengkalis M sebagai tersangka baru. Hal ini berdasarkan Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) yang diterima oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau. Hari ini, M dipanggil ke Ditreskrimsus Polda Riau untuk diperiksa sebagai tersangka dugaan korupsi PDAM di Inhil.

Sementara itu, Wakil Bupati Bengkalis M yang saat itu menjabat Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Riau, sebelumnya pernah diperiksa penyidik sebagai saksi dalam perkara ini. Sejumlah saksi diambil dari pihak yang melaksanakan proyek, baik dari pihak pemerintah maupun rekanan.

Kasus ini mencuat adanya laporan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Proyek milik Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau tahun 2013 ini, menghabiskan dana sebesar Rp3 miliar lebih. Diduga tidak sesuai spesifikasi, yang mengakibatkan potensi kerugian negara Rp1 miliar lebih.

Proyek dimulai 20 Juni 2013 sampai dengan 16 November 2013, sementara pada akhir Januari 2014 pekerjaan belum selesai. Seharusnya, kontraktor pelaksana PT Panotari Raja diberlakukan denda keterlambatan. Namun pihak Dinas PU Riau disebut tidak melakukan hal tersebut.

Selain itu, Dinas PU Riau juga diduga merekayasa serah terima pertama pekerjaan atau Provisional Hand Over sebagaimana tertuang dalam Berita Acara Serah Terima Pertama Pekerjaan/PHO Nomor: 0/BA.ST-I/FSK.PIPA.TBH.XII/2013 tanggal 13 Desember 2013.

Penulis : Helmi 
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
KPKKPK Tak Menampik Kemungkinan Ada Tersangka Baru di Kasus Suap Bupati Bengkalis
IlustrasiKPK Limpahkan Berkas Perkara Terdakwa Dugaan Korupsi Suap Revisi Alih Fungsi Hutan ke PN Pekanbaru
IlustrasiPolda Riau Belum Berhasil Tangkap Muhammad Tersangka Kasus Korupsi Pipa Transmisi Inhil
  Barang bukti yang diamankan.Lagi, Polres Inhu Amankan Seorang Tersangka Narkoba
24 Kg sabu yang diamankan Polda Riau.Polda Riau Bongkar Gudang Penyimpanan Sabu 24 Kg di Marpoyan Damai, Seorang Tersangka Diamankan
Polresta Pekanbaru saat membawa tersangka H (30) di RS Bhayangkara Polda Riau, Kamis (4/6/2020). Foto: RiauposMelawan Saat Ditangkap, Polresta Pekanbaru Tembak Tersangka Pembunuh Anak Tiri

 
Berita Lainnya :
  • Jaksa Tuntut Hukuman Berbeda Bagi 4 Penyelundup Singa dan Leopard
  • PUPR Pekanbaru Anggarkan Pembangunan Sumur Resapan
  • Komisi I DPRD Kepulauan Meranti Fasilitasi Konflik Lahan PT GCN dengan Masyarakat
  • Bupati Inhu Bersama Ratusan Seniman Inhu Sosialisasikan Era New Normal.
  • Lagi Mager, Sayur Asem Ini Malah Dimasak Tak Lazin, Warganet Syok
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved