www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Data Terbaru Corona Hari Ini: Kasus Positif Capai 3.512, 280 Meninggal
 
Polres Kepulauan Meranti Amankan Kayu Illog Tak Bertuan di Area Hutan LPHD
Selasa, 04/02/2020 - 12:47:53 WIB
 Jajaran Polres Kepulauan Meranti yang dipimpin Kasat Reskrim AKP Ario Damar SH, Ahad (2/2/2020) pagi, mengamankan ratusan potong kayu balak tidak bertuan di Desa Sungai Tohor, Kecamatan Tebingtinggi Timur.
Jajaran Polres Kepulauan Meranti yang dipimpin Kasat Reskrim AKP Ario Damar SH, Ahad (2/2/2020) pagi, mengamankan ratusan potong kayu balak tidak bertuan di Desa Sungai Tohor, Kecamatan Tebingtinggi Timur.

SELATPANJANG - Polisi Resor (Polres) Kepulauan Meranti berhasil mengamankan ratusan batang kayu olahan jenis balak tim yang berlokasi di Parit Kekat Desa Sungai Tohor, Kecamatan Tebingtinggi Timur, Kepulauan Meranti, Riau, pada Minggu (3/2/2020) siang lalu.

Hal itu dibenarkan Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH, melalui Kasat Reskrim, AKP Ario Damar SH, Selasa (4/1/2020) siang.

"Penindakan bermula dari laporan masyarakat terhadap aktivitas tersebut. Makanya kita langsung turun ke lapangan. Ternyata benar, ratusan Balak Tim kayu illegal di Jalan Parit Kekat Desa Sungai Tohor, Tebingtinggi Timur Kepulauan Meranti sudah kita pasang police line," ungkapnya.

Dikatakan kayu dari praktik illegal logging (Ilog) itu tidak diketahui siapa pemiliknya atau tidak bertuan.

Ario Damar menceritakan, kayu olahan jenis balak tim tersebut berjumlah lebih kurang 211 batang dengan ukuran bervariasi. Keberadaan dan pemiliknya masih didalami dengan pengumpulan bahan keterangan (Pulbaket).

"Sampai saat ini kita belum tahu punya siapa. Yang jelas masih tahapan Pulbaket," ujarnya.

Menurut Ario, titik kordinat ekploitasi atau lokasi aktifitas illegal logging tersebut masuk dalam lokasi kawasan hutan produksi yang dikelola oleh lembaga pengelola hutan desa (LPHD) setempat.

Sebelumnya dikelola LPHD, lahan itu merupakan lahan eks PT PT Lestari Unggul Makmur (LUM) seluas 10.390 hektar. Hak pengelolaan hutan tersebut dikelola melalui koperasi atau BUMDes

"Kita juga telah berkordinasi dengan UPT KPH dalam menentukan status kawasan kegiatan para pembalak liar tersebut. Setelah diambil titik kordinatnya, ternyata lokasi berada di kawasan hutan produksi yang dikelola oleh LPHD," bebernya.

Penyelidikan selanjutnya, tambah Ario pihaknya akan memanggil perangkat desa, dan berkoordinasi dengan KPH setempat. Selain itu mereka juga akan mendatangkan ahli dari Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Provinsi Riau.

"Dalam waktu dekat perangkat desa akan kita panggil, mulai dari Kades hingga perangkat lingkungan. Dengan KPH kita tetap berkoordinasi. Termasuk akan mendatangkan ahli pengelolaan hutan produksi provinsi," pungkasnya.

Terhadap kasus tersebut pelaku bisa dijerat UU Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Perusakan Hutan dengan ancaman pidananya maksimal 10 tahun penjara dan denda paling banyak Rp5 miliar.

Penulis : Ali Imroen
Editor : Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Tulisan korban yang diposting di media sosial.Pria yang Ditembak Mati karena Serang Polisi di Meranti Diduga Tak Terima Motornya Dirazia
Pria yang mengamuk di Mapolres Meranti usai dilumpuhkan petugas.Pria di Meranti Ditembak Usai Ngamuk dan Coba Lukai Petugas dengan Badik
Dua tersangka kayu illegal logging diamankan Polda Riau.Polda Riau Gagalkan Kayu Illog 20 Ton yang Akan Dibawa ke Bengkalis
  Pertemuan yang diadakan usai kejadian tewasnya pria di Mapolres Meranti.Tak Ingin Ada Gesekan Usai Penembakan, Pemkab dan Tokoh Masyarakat Gelar Pertemuan dengan Polres Meranti
IlustrasiPenangkapan Kayu Illog Ditpolairud Polda Riau, Polres Meranti Ngaku Belum Monitor
Korban ditemukan mengapung di laut Desa Sungai Tohor.Perempuan Alami Gangguan Jiwa di Meranti Ditemukan Tewas Mengapung di Laut

 
Berita Lainnya :
  • Data Terbaru Corona Hari Ini: Kasus Positif Capai 3.512, 280 Meninggal
  • Nekat Langsungkan Pernikahan saat Lockdown, Polisi Serbu Lokasi Pesta, Pengantin dan Semua Tamu Ditangkap
  • Cegah Covid-19, SKK Migas dan Pertamina EP Salurkan Bantuan Hand Sanitizer
  • Antisipasi Tertular Corona, Chili Market Hadir Penuhi Kebutuhan Sembako Warga Secara Online
  • Tindaklanjuti Laporan Masyarakat, Komisi II DPRD Pekanbaru Sidak Gudang Bangunan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved