www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Riset Gabungan: Sudah Ada 32 Ribu Kasus Positif Corona di Jakarta
 
Lecehkan Surah Al Fatihah, Tiga Anak di Bawah Umur di Selatpanjang Diperiksa Polisi
Minggu, 02/02/2020 - 18:26:44 WIB
RS dalam cuplikan video memegang hio sembari membaca Al Fatihah.
RS dalam cuplikan video memegang hio sembari membaca Al Fatihah.

SELATPANJANG - Tiga orang anak di bawah umur bersama orang tuanya dibawa ke Polres Kepulauan Meranti untuk dimintai keterangan lanjutan dan mediasi bersama beberapa pihak. 

Ketiganya diperiksa karena diduga telah melecehkan ayat Alquran dengan membaca surah Al Fatihah menggunakan Hio yang digunakan umat Budha untuk melakukan sembahyang.

Video ini pun kemudian viral dan memancing kemarahan pengguna media sosial. Sang anak pun sudah bersedia diambil videonya lalu dibuat klarifikasi permintaan maaf.

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat melalui Kasat Reskrim AKP Ario Damar mengatakan sudah menindaklanjuti terkait persoalan tersebut.

"Tiga orang sudah kita amankan, tapi di bawah umur semua mereka," ujar Ario.

Peran dari ketiganya dikatakan Ario adalah ada yang merekam kejadian, ada yang memperagakan dan ada yang menyiapkan atau membeli alat peraga dalam rekaman.

"Perannya masing-masing merekam, membeli Hio dan yang memperagakan. Informasi sementara dia beli Hio itu dan itu yang terakhir yang kita amankan," kata Ario.

Walaupun demikian Ario mengatakan belum memberlakukan proses penahanan karena status masih di bawah umur.

"Kita ambil keterangannya dulu, karena memang masih dibawah umur juga. Kemungkinan kita akan lakukan pembinaan saja. Kalau dari pengakuan, mereka mengakui tindakan mereka hanya untuk menghibur diri," terang Ario.

Dalam proses pemeriksaan di Mapolres Kepulauan Meranti juga melibatkan pihak Pemkab Kepulauan Meranti melalui Dinas Sosial. "Karena kalau pelibatan anak di bawah umur tetap harus didampingi peksos, sama orang tuanya juga harus mendampingi," ungkap Ario.

Ario juga membenarkan bahwa sang anak sudah melakukan klarifikasi melalui rekaman video dan mengakui seluruh perbuatannya. "Karena kita gak tau siapa yang kontra karena masalah ini, ntah diapa-apain saat di luar kita gak tau. Jadi kita amankan saja dulu di kantor," pungkas Ario.

Sebelumnya diberitakan sebuah video yang viral baru-baru ini menunjukkan salah seorang siswa kelas 2 SMP di salah satu sekolah di Kota Selatpanjang, Kepulauan Meranti sedang membaca lafaz surah Al Fatihah sambil tertawa. Hal tersebut semakin menjadi perhatian karena sang bocah melakukan gerakan menyembah sambil memegang Hio yang digunakan umat Budha untuk melakukan sembahyang. 

Video yang berdurasi 26 detik itu sangat jelas terlihat anak tersebut bersama teman lainnya sedang memakai baju kurung Melayu seragam sekolah.

Anak yang berinisial RS (15) itu mengaku sengaja berkelakar hanya untuk menghibur diri dan teman-temannya. Sang anak itu juga mengaku jika dirinya tidak sadar jika tindakannya itu direkam dan videonya disebarkan. 

Penulis: Ali Imroen
Editor: Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Dia tersangka dan barang bukti yang diamankan petugas.Pakai Sabu, Dua Honorer di Dinas Pemkab Kepulauan Meranti Ditangkap Polisi
Jenazah Abdul Hamid yang akan dibawa ke rumah duka  Satu Proyektil Diangkat dari Tubuh Abdul Hamid, Pria Selatpanjang yang Ditembak karena Serang Petugas
Pertemuan yang diadakan usai kejadian tewasnya pria di Mapolres Meranti.Tak Ingin Ada Gesekan Usai Penembakan, Pemkab dan Tokoh Masyarakat Gelar Pertemuan dengan Polres Meranti
  Jenazah Abdul Hamid yang akan dibawa ke rumah duka  Keluarga Pria Tewas Ditembak karena Mengamuk di Mapolres Meranti Minta Polisi ke Rumahnya
Tulisan korban yang diposting di media sosial.Pria yang Ditembak Mati karena Serang Polisi di Meranti Diduga Tak Terima Motornya Dirazia
Pria yang mengamuk di Mapolres Meranti usai dilumpuhkan petugas.Pria di Meranti Ditembak Usai Ngamuk dan Coba Lukai Petugas dengan Badik

 
Berita Lainnya :
  • Riset Gabungan: Sudah Ada 32 Ribu Kasus Positif Corona di Jakarta
  • Bupati/Walikota se-Riau Diminta Taati Prosedur Pengumuman Informasi Covid-19
  • Bupati Bengkalis Tingkatkan Status Tanggap Darurat Covid-19 Tanpa Batas Waktu
  • Gubri: Pasien ke-13 Positif Corona di Riau Warga Sail Pekanbaru
  • 10 PDP Covid-19 di Riau meninggal Dunia Sebelum Uji "Swab" Keluar
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved