www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
FPI Bersama YFM Kepulauan Meranti Salurkan Bantuan untuk Warga yang Diisolasi
 
Laksanakan Putusan Pengadilan, Pemprov Riau Akan Serahkan Lahan Sengketa ke PT HTJ
Rabu, 29 Januari 2020 - 08:29:41 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PEKANBARU - Perseteruan dua pihak, antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dengan PT Hasrat Tata Jaya (HTJ) terkait masalah sengketa lahan yang berada di kawasan akademik Universitas Riau (UR), menemukan titik terang. Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau akan mempertemukan kedua belah pihak sesuai surat putusan pengadilan. 

Hal ini diungkapkan Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara (Asdatun) Kejati Riau, Dwi Agus Afrianto, Selasa (28/1/2020) petang. Dia menuturkan pihaknya akan mengundang pihak Pemprov Riau dan penggugat PT HTJ dalam waktu dekat ini. 

"Kita akan agendakan pekan depan, dalam menanggapi surat yang dikirimkan Pemprov Riau pada 16 Januari 2020 kemarin," ujar Dwi. 

Dwi menjelaskan, surat yang dimaksud itu berisi tentang pelaksanaan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap (inckraht). Terkait perkara itu ada opsi yang akan diambil pihak Pemprov untuk pelaksanaan putusan,  yakni menyerahkan lahan kepada pihak penggugat (PT HTJ). 

Dalam pertemuan itu nantinya, menurut Dwi pihaknya akan menyampaikan konsekuensi hukum yang timbul dari opsi yang dipilih Pemprov Riau. Hal ini, mengingat Kejati Riau sebagai Jaksa Pengacara Negara (JPN) yang menerima Surat Kuasa Khusus (SKK) dari Pemprov Riau, juga upaya PK ke MA. 

"Kami sifatnya sebagai penerima kuasa, melaksanakan apa yang menjadi keinginan pihak principal. Sambil nanti mungkin kita akan memberikan beberapa guiding dari sisi yuridisnya. Konsekuensinya seperti apa," lanjut Dwi

Diketahui, keinginan Pemprov dalam persoalan ini, Dwi mengatakan mengembalikan lahan seluas 176.030 meter persegi itu kepada PT HTJ selaku penggugat. Pemprov tidak bersedia melakukan ganti rugi sebesar Rp36,206 miliar sebagaimana penetapan eksekusi yang dikeluarkan PN Pekanbaru, tahun lalu. 

"Kami akan memberikan framing yang lebih luas, cakrawala yang lebih luas kepada pemberi SKK," tutup Dwi. 

Terpisah, Kuasa Hukum PT HTJ Nuriman saat dikonfirmasi, mengatakan pertemuan yang akan dilakukan pihak Kejati Riau itu, merupakan hal yang dinantinya. 

"Kita akan datang (jika diundang). Kita ingin persoalan ini segera selesai. Dalam hal keinginan Pemprov Riau untuk serahkan lahan itu, tentu tidak melalui eksekusi lagi. Tapi sukarela," terangnya. 

Sementara adanya bangunan di atas lahan tersebut, Nuriman mengatakan hal itu bisa dibicarakan kemudian. Yang penting, lahan tersebut diserahkan dulu ke pihak PT HTJ. Sesuai undang-undang, pengadilan mempunyai kewenangan mutlak melakukan eksekusi. 

"Soal bangunan, oke nanti kita bicarakan. Yang kosong serahkan dulu, kan begitu prosesnya," singkatnya.

Sebelumnya PT. HTJ telah pernah mengajukan permohonan sita eksekusi ke PN Pekanbaru. Hasilnya, pihak pengadilan telah mengeluarkan penetapan eksekusi tahun 2012 untuk pengosongan lahan atau ganti rugi. Namun karena pihak terkait mengajukan PK, hal tersebut ditunda.

Setelah putusan PK keluar, PT HTJ kembali mengajukan permohonan eksekusi pada tahun 2017, dan Ketua PN Pekanbaru saat itu telah mengeluarkan penetapan agar dilakukan ganti rugi.

Penulis : Helmi 
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
 Proses eksekusi 160 Ha lahan yang dilakukan PN Kelas II Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Senin (16/3/2020) siang.PN Kelas II Rengat Eksekusi Lahan 160 Hektare di Desa Lubuk Batu Tinggal
Kejati Riau.Kasatker di BWSS III Riau Dipangil Jaksa Klarifikasi Perkara Lain, Bukan Soal Embung
Sengketa lahan yang lumpuhkan mata pencaharian petani.Konflik Sengketa Lahan Dua Korporasi Besar di Pelalawan, Lumpuhkan Mata Pencaharian Petani
  Aspidsus Kejati Riau dan Kasi Penkum Kejati Riau.Jadi Temuan BPK, Kejati Riau Pelajari Anggaran Tak Wajar UIN Suska Rp42 Miliar
IlustrasiWabup Bengkalis Tersangka Dugaan Korupsi Pipa Transmisi Inhil
IlustrasiLaksanakan Putusan Pengadilan, Pemprov Riau Akan Serahkan Lahan Sengketa ke PT HTJ

 
Berita Lainnya :
  • FPI Bersama YFM Kepulauan Meranti Salurkan Bantuan untuk Warga yang Diisolasi
  • Hasil Liga Jerman: Munchen Tekuk Dortmund 1-0
  • Syukurlah, Dua Hari Riau Nihil Kasus Positif Covid-19
  • DPRD Siak Minta Evaluasi Program Tour de Kampung
  • Apel Pagi Pemkab Kepulauan Meranti Sudah Sesuai Protokol Kesehatan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved