www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Anggota DPRD Inhil 'Senggol' Ketua RT, RW, Kadus dan Kades Melalui Medsos Terkait Bansos Covid-19
 
20 Hektar Lahan Masyarakat di Bengkalis Terbakar, Polisi Tetapkan 1 ASN Tersangka Karhutla
Minggu, 26 Januari 2020 - 15:12:47 WIB
Polisi melakukan olah TKP di lahan yang terbakar.
Polisi melakukan olah TKP di lahan yang terbakar.

BENGKALIS - Polres Bengkalis menetapkan SN (50) salah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai tersangka pada perstiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) seluas 20 hektar di Desa Palkun Kecamatan Bengkalis. Penetapan tersangka terhadap warga Dusun Mekar Sari Desa Palkun ini dilakukan setelah melalui gelar perkara, Sabtu (25/1/2020).

"Kita kembali menetapkan satu orang tersangka lagi pelaku pembakaran lahan dan hutan kali ini seorang ASN. Kegiatan gabungan penyelidikan dipimpin Kasat Reskrim Polres Bengkalis AKP Andrie Setiawan SH, SIK bersama Kanit Tipidter Iptu Gunawan,SH, Kanit Pidum Ipda Fauzi, S.Tr.K, Kanitres Bengkalis Aipda Dedi Suryadi srta anggota, pada hari Sabtu 25 Januari 2020 sekira pukul 09.00 Wib s/d selesai melakukan penyelidikan, olah TKP Karlahut dan Gelar Perkara penanganan penyelidikan Karlahut yang terjadi di Jalan Pattimura RT.002 / RW.003 Dusun Mekar Sari Desa Palkun Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis,” ujar Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto melalui melalui Kasubbag Humas Polres Bengkalis AKP Buha Purba SH, Minggu (26/1/2020).

Dikatakan, perisitwa naas tersebut berawal ketika SN (pemilik lahan,red) pada Senin (20/1/2020) pukul 15.00 WIB, melakukan pembakaran tumpukan pelepah daun pohon tanaman rumbia bagian belakang lahan gawangan kebun miliknya.

Tumpukan pelepah daun pohon rumbia bersama kayu dibakar pada beberapa titik di bagian belakang. Menurut pengakuan SN, sebelum meninggalkan lahan yang dibakar tersebut, ia telah mematikan dengan menyiramkan air. Hanya saja, SN tidak dapat memastikan api benar-benar telah padam saat itu.

Selanjutnya, pada hari Rabu (22/1/2020) sekitar pukul 14.00 WIB sampai 16.00 WIB, SN kembali ke lahan miliknya, dimana pembakaran tebasan pelepah pohon rumbia yang dilakukan pada Senin (20/1/2020) telah dibakar SN membesar. 

"Pada Kamis 23 Januari 2020 pukul 14.30 WIB diketahui api sudah membesar dan membakar lahan masyarakat dan lahan miliknya pada bagian belakang," ujar Kasubbag Humas.

Berdasarkan keterangan SN, maksud dan tujuannya melakukan pembakaran tumpukan hasil tebasan daun pelepah tanaman pohon rumbia tersebut adalah supaya lahan kebunnya pada bagian belakang bersih. Niat baik SN ini akhirnya berurusan dengan hukum karena telah melanggar Undang-Undang No.32 Tahun 2009 tentang Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Undang-Undang No.39 Tahun 2014 Tentang Perkebunan.

"SN telah kita tetapkan sebagai tersangka setelah gelar perkara pada 25 Januari 2020 kemaren dan kita lanjutkan dengan tahapan penyidikan lebih lanjut, setelah itu akan segera kita limpahkan ke Kejari Bengkalis," ujar AKP Buha Purba.

Pihak kepolisian selain telah menahan tersangka juga telah mengumpulkan barang bukti berupa 1 (satu) buah kayu terbakar, garuk tanah, pelepah rumbia kering, parang dan tanah sisa terbakar.

Penulis : Zulkarnaen
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiKKB Tembak Dua Petugas Medis Corona di Papua
Ilustrasi.Oknum Polisi Gelapkan 83 Mobil Rental, Tertangkap di Pelalawan
Barang bukti narkona dan uang diduga hasil penjualan narkoba jenis sabu diamankan petugas Polsek Pinggir, Bengkalis. Baru Pindah, Pria di Desa Tasik Serai Barat Ketahuan Ternyata Pengedar Narkoba
  Kebakaran di lahan PT SSS jadi pembelajaran bagi pemerintah daerah yang telah mengeluarkan izin lingkungan agar selalu mengawasi di lapangan secara periodik dan berkala.Hakim PN Pelalawan Dapat Apresiasi atas Vonis Perusahaan Pembakar Lahan, Denda Rp3,5 M Pidana Rp38 M
Penangkapan para tersangka.Polres Bengkalis Bekuk Empat Pelaku Illegal Logging
Tersangka HS.ABG Meregang Nyawa di Hotel Wisata Bengkalis, Polres Tetapkan Teman Kencan Korban Tersangka

 
Berita Lainnya :
  • Anggota DPRD Inhil 'Senggol' Ketua RT, RW, Kadus dan Kades Melalui Medsos Terkait Bansos Covid-19
  • FPI Bersama YFM Kepulauan Meranti Salurkan Bantuan untuk Warga yang Diisolasi
  • Hasil Liga Jerman: Munchen Tekuk Dortmund 1-0
  • Syukurlah, Dua Hari Riau Nihil Kasus Positif Covid-19
  • DPRD Siak Minta Evaluasi Program Tour de Kampung
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved