www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Warga Pekanbaru Diminta Segera Tukarkan Suket dengan KTP-E
 
Tangani Karhutla, Kapolda Riau Pantau Anggota Pakai Aplikasi Lancang Kuning
Minggu, 26/01/2020 - 07:50:39 WIB
Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi
Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi

PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi mengatakan sangat serius untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Pucuk pimpinan Polda Riau itu menyatakan akan terus menerus melakukan pemantauan anggotanya di lapangan dalam penanganan kebakaran yang saat ini sudah mulai terjadi di awal tahun ini

Untuk pemantauan anggotanya di lapangan terkait penangan Karhutla, Kapolda Riau memakai apliasi dasbord Lancang Kuning. "Untuk penanganan Karhutla, kita melakukan terobosan dengan menggunakan aplikasi Lancang Kuning," ucap Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi, Sabtu (25/1/2020) di Pekanbaru, seperti yang dilansir dari sindonews.

Dengan memakai dasbord Lancang Kuning, maka semua kegiatan penanganan Karhutla di Provinsi Riau akan terpantau. Anggota di lapanganpun tidak bisa bermain-main karena semuanya terpantau jaringan yang terkoneksi dengan satelit.

Kapolda Riau menegaskan saat ini sebanyak 9.717 anggotanya sudah terkonek dengan aplikasi tersebut. Semua kegiatan anggotanya di lapangan untuk penanganan Karhutla terus termonitor. Jika tidak becus, tentu akan ada sanksi bagi anggota.

Salah satu yang sudah dilakukan adalah dengan mencopot Kapolsek Teluk, Ipda Hindro Renhard. Kapolsek Teluk Meranti terpantau tidak becus menangani kebakaran. "Anggota yang malas-malas akan ketahuan, terpantau," tegasnya.

Penggunaan aplikasi ini menurutnya akan mendeteksi dan melakukan penanganan secara cepat apa bila terpantau ada titik panas (hot spot). Petugas di lapangan harus segera melakukan meninjau dan melakukan penanganan, bila terjadi kebakaran.

Kapolda Riau mencoba aplikasi terhadap salah satu anggotanya di lapangan. Anggota Polri yang dihubungi Kapolda Riau adalah Bripda Ferdi Hansa Muroh. Dia dihubungi karena berdasarkan pantauan satelit ditemukan kebakaran.

Anggota Polri Rupat Utara tampak gugup saat Irjen Agung menghunginya lewat nomor pribadinya. Dia pun menjelaskan kalau di lokasinya ada kebakaran hutan dan lahan. "Siap komandan,,eh jendral. Sekarang sedang ditangani kebakarannya. Saya sudah di sini sembilan hari di lokasi," ucapnya ujung telpon.

Kepada petugas di lapangan yang dinilai berhasil penanganan kebakaran akan diberika hadiah, baik piagam maupun pin emas."Saat ini penanganan kebakaran maish terkonsentrasi di Rupat," tegasnya.

Selain itu, Kapolda Riau menyatakan segera mendirikan 12 posko Karhutla yang tersebar di 12 kabupaten dan kota."Salah satu berdirinya posko adalah untuk melatih relawan bisa menangani kebakaran dengan benar. Relawan bisa dari mana saja," pungkasnya. *

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Siak dan Dumai Sudah Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla
IlustrasiHingga Ujung Januari, Polda Riau Tangani 16 Kasus Karhutla dengan 21 Tersangka
Syafrudin, terdakwa pembakar lahan. Kakek Pembakar Lahan Dituntut 4 Tahun Penjara, Jaksa Tegaskan sudah Sesuai Undang-undang
  Suasana sidang usai putusan bebas terdakwa Syarifudin.Hakim PN Pekanbaru Vonis Bebas Syarifudin Terdakwa Kasus Karhutla
Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi. Foto : DetikTindak Tegas Pelaku Illegal Logging di Bengkalis, Kapolda: Setelah Tebang Pohon, Mereka Bakar Hutan
Polisi melakukan olah TKP di lahan yang terbakar.20 Hektar Lahan Masyarakat di Bengkalis Terbakar, Polisi Tetapkan 1 ASN Tersangka Karhutla

 
Berita Lainnya :
  • Warga Pekanbaru Diminta Segera Tukarkan Suket dengan KTP-E
  • Kasus Pengeroyokan Diduga Dilakukan Anak Bupati Rohil Masuk Tahap II, Tunggu Persidangan
  • PT Angkasa Pura II Pekanbaru Resmikan Bangunan Monumental
  • Beri Arahan pada Siswa Bintara Polda Riau, Kalemdiklat Polri: Tanamkan Jadi Polisi yang Baik
  • Asdamkindo Diharapkan Ciptakan SDM Handal dan Profesional
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved