www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Pembak Kuansing Akan Surati Kementerian Pariwisata Terkait Pelaksanaan Pacu Jalur
 
Anggota DPRD Riau, Politisi PPP Asal Kuansing Diklarifikasi Kejati Riau
Jumat, 24 Januari 2020 - 07:21:39 WIB
Sardiono.
Sardiono.

PEKANBARU-Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau meminta keterangan Sardiono, anggota DPRD Provinsi Riau, terkait dugaan korupsi di Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) yang saat ini tengah diselidiki Korps Adhyaksa Riau itu.

Adapun perkara yang tengah diusut itu adalah dugaan korupsi dana tunjangan profesi dan tambahan penghasilan guru di Disdik Kuansing tahun 2015-2016. Saat itu, Sardiyono diketahui masih menjabat selaku anggota DPRD kabupaten setempat.

“Benar, yang bersangkutan (Sardiyono, red) diundang dalam rangka proses klarifikasi penyelidikan dugaan (korupsi) tersebut,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum (Penkum) dan Humas Kejati Riau, Muspidauan, Selasa (29/10/2019).

Saat itu, mantan Wakil Ketua DPRD Kuansing itu tidak sendirian. Ada seorang lagi mantan anggota DPRD Kuansing yang menjalani proses yang sama.

Dia adalah Rustam Effendi. Politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) itu datang hampir bersamaan dengan Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kuansing itu.

“Jadi ada 2 orang yang diklarifikasi hari ini (kemarin, red),” sebut mantan Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru itu.

Meski membenarkan hal itu, Muspidauan tidak bersedia membeberkan secara rinci materi klarifikasi terhadap dua mantan legislator di DPRD Kuansing itu. Namun dipastikannya, proses klarifikasi itu dilakukan untuk mencari peristiwa tindak pidana dalam perkara tersebut.

“Ini kan masih proses klarifikasi, masih pendalaman tahap awal. Jaksa penyelidik masih mencari peristiwa pidananya,” imbuh Muspidauan, dikutip dari radarpekanbaru.

Sementara itu, Sardiyono salah seorang pihak yang diklarifikasi pihak Kejaksaan saat itu, tidak bersedia memberikan keterangan. Panggilan telepon di nomor 0812 1292 xxxx, tidak diindahkannya. Begitu juga pesan singkat di aplikasi perpesanan WhatsApp, tidak dijawabnya.

Sebelumnya, proses klarifikasi telah dilakukan terhadap 7 orang aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuansing. Mereka diketahui bertugas di Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pelalawan.

Diketahui, perkara itu ditangani oleh Bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Riau, setelah menerima pelimpahan perkara dari Bidang Intelijen. Pelimpahan perkara itu dilakukan pada medio September lalu.

Atas pelimpahan itu, Pidsus Kejati kemudian melakukan pengusutan dan pendalaman berupa penelaahan perkara. Hasilnya, perkara itu akan dilidik ulang berdasarkan surat perintah penyelidikan (sprinlid) yang ditandatangani oleh Kepala Kejati (Kajati) Riau, Uung Abdul Syakur, pada minggu kedua Oktober 2019. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Polres Rokan Hilir menahan tiga orang tersangka terkait dugaan Korupsi Dana Media Massa di Setwan Rohil, Senin (4/5/2020).Polres Rohil Tahan 3 Tersangka Dugaan Kasus Korupsi Dana Media di Setwan Rohil
IlustrasiHendak Pesta Sabu, Dua Warga Logas Kuansing Diringkus Polisi
IlustrasiTerkait Korupsi Bupati Bengkalis, KPK Telusuri Aliran Dana ke DPRD
  Garbarata di Bandara SSK II Pekanbaru. IntAgendakan Pemeriksaan Saksi, Kejati Riau Usut Dugaan Korupsi Iklan di Garbarata Bandara SSK II
Bupati Kuansing Mursini. Terkait Dugaan Korupsi Rp13 Miliar Lebih, Kejari Periksa Bupati Kuansing Mursini 6 Jam
IlustrasiPemberian Asimilasi dan Integrasi untuk Napi Tidak untuk Kasus Korupsi

 
Berita Lainnya :
  • Pembak Kuansing Akan Surati Kementerian Pariwisata Terkait Pelaksanaan Pacu Jalur
  • Kabar Gembira, RSUD Arifin Ahmad Pulangkan Satu Pasien Covid-19 Terakhir Dirawat
  • PPDB Tingkat SD dan SMP Negeri di Pekanbaru Dibuka 1-7 Juli 2020
  • Bobol Karaoke dan Kafe di Pekanbaru, Doyok Diamankan Polisi
  • Besok Citilink Terbang Lagi, Penumpang Cek Kembali Kelengkapan Dokumen
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved