www.halloriau.com

Hukrim
BREAKING NEWS :
PT RAPP Salurkan Ribuan Bibit pada Masyarakat
 
Kasus Sindikat Jual Satwa Liar Terungkap, Aparat Buru Jaringan Internasional
Minggu, 15 Desember 2019 - 21:38:21 WIB
Orang utan dievakuasi BKSDA
Orang utan dievakuasi BKSDA

KAMPAR - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau, melakukan evakuasi terhadap tiga jenis hewan orang hutan ke Kebun Binatang Kasang Kulim, Kabupaten Kampar, Minggu (15/12/2019).

Tim klinik BBKSDA Riau memastikan, bahwa kesehatan tiga orang hutan ini dalam keadaan sehat. Usai dalam penemuan sebelumnya, tiga orang hutan ini didapati dalam kotak besar di daerah Jembatan II Sungai Sibam. 

Kepala BBKSDA Provinsi Riau, Suharyono, mengatakan dalam jumpa persnya, Minggu (15/13/2019) siang. Bahwa tiga orang hutan ini ditemukan di jembatan yang dibungkus kotak besar berikut nama orang, diduga penerima barang.

"Kita mendapati laporan dari warga setempat, ada tiga orang hutan di dalam kotak besar. Dua jantan dan satu betina yang masih anakan," ujar Suharyono didampingi Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi.

Kejadian ini, terjadi sesaat warga melihat sebuah mobil berhenti di jembatan sambil mengeluarkan satu kotak besar di pinggir jalan, sembari pergi meninggalkan kotak. Oleh saksi yang melihat, langsung memeriksa kota dan menemukan tiga orang hutan itu.

"Tim gerak cepat mendapatkan temuan satwa dilindungi itu dan membawa ke klinik BBKSDA Riau, untuk mengecek kondisinya," sambung Suharyono.

Ditambahkan Agung, atas temuan ini pihaknya telah mengidentifikasi terhadap satwa liar ini. Hasilnya disimpulkan, tiga orang hutan ini akan diperjualbelikan keluar dari Indonesia.

"Ini adalah sebuah fenomenal perdagangan sindikat jual beli satwa liar kita. Dimana tadi satwa (singa, kura-kura, dan Loepard, red) dari luar masuk ke Indonesia, dan satwa kita dijual ke luar," ujar Agung.

Lebih dalam, Agung menekankan bahwa kasus sindikat perdagangan satwa liar ini, dapat dicegah melalui penegakkan hukumnya. Tim gabungan Polda Riau dan BBKSDA, hendaknya mampu mengatasi kepenuhan ekosistemnya. 

"Kami (Polda Riau dan BBKSDA) perlu dihentikan. Dalam prosesinya, ini sindikat jaringan internasional. Sehingga dapat dituntaskan dalam perdagangan satwa dilindungi," pungkas Agung.

Selang sehari, Polda Riau berhasil gagalkan perdagangan sindikat jaringan internasional satwa liar. Hewan itu 4 ekor singa, 58 ekor kura-kura dan 1 Leopard​. Dalam kasusnya, aparat tetapkan dua tersangka sebagai pengendali di Kota Pekanbaru.

Penulis : Helmi
Editor: Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Barang bukti ribuan roll bahan tekstil di Desa Tanjung Gadai, Kecamatan Tebingtinggi Timur, Kepulauan Meranti berhasil diamankan petugas.Bea Cukai dan TNI Berhasil Gagalkan Penyelundupan Tekstil Senilai Rp 13 Miliar di Kepulauan Meranti
Ilustrasi.Jaksa Tuntut Hukuman Berbeda Bagi 4 Penyelundup Singa dan Leopard
Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta Yudistira memimpin ekspos penangkapan 3 pelaku penyelundupan PMI asal Malaysia.Polres Dumai Tangkap 3 Pelaku Penyelundupan PMI Asal Malaysia
  Rokok merk Luffman yang berhasil digagalkan penyelundupannya.Ditpolairud Polda Riau Gagalkan Penyelundupan Rokok Luffman Ilegal dari Luar Negeri
Ilustrasi sabu yang disita BNN. Foto: CNNIndonesiaBNN Gagalkan Penyelundupan 118 Kg Sabu di Tiga Lokasi, Dua di Antaranya di Riau
 14 kilogram diamankan dari Jalan HR Soebrantas, Pekanbaru. FOTO: Detik.comTim Gabungan Gagalkan Penyelundupan 14 Kilogram Sisik Trenggiling

 
Berita Lainnya :
  • PT RAPP Salurkan Ribuan Bibit pada Masyarakat
  • Bea Cukai Amankan Ratusan Karung Bawang dan Bahan Makanan Asal Malaysia di Perairan Rangsang
  • Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Pjs Bupati Rohul Ajak Tegakkan Keadilan dan Lawan Covid-19
  • Warga Peranap Inhu Tewas Terlilit Tali Lembu
  • Azwendi Ikut Awasi Penyerahan KPM-PKH di Tenayan Raya
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved