www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Akibat Abrasi, 4 Pulau di Riau Terancam Tenggelam
 
Kejari Pekanbaru Tahan Tiga Tersangka Korupsi PT PER hingga 20 Hari ke Depan
Senin, 25 November 2019 - 16:16:47 WIB
Tiga tersangka PT PER ditahan Kejari Pekanbaru.
Tiga tersangka PT PER ditahan Kejari Pekanbaru.

PEKANBARU - Tiga tersangka yang terlibat dalam perkara dugaan korupsi kredit macet pada PT Permodalan Ekonomi Rakyat (PT PER) sejak tahun 2014 hingga 2017, akhirnya ditahan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru, Senin (25/11/2019) siang.

Tersangka ini ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Sialang Bungkuk Pekanbaru selama 20 puluh hari ke depan. Langkah selanjutnya, Penyidik Kejaksaan menyusun pemberkasan untuk segera di sidang di Pengadilan Negeri.

Tiga tersangka ini, di antaranya Irfan Helmi selaku Pimpinan Desk PMK PT PER, Rahmiwati selaku Analis Pemasaran dan terakhir Irawan Saryono yang merupakan salah satu Ketua Kelompok UMKM Penerima Kucuran Kredit.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pekanbaru Andi Suharlis kepada halloriau.com, Senin (25/11/2019) sore mengatakan bahwa tiga orang tersangka dugaan korupsi PT PER sudah ditahan di Rutan Sialang Bungkuk, Tenayan Raya.

"Mereka ditahan di Rutan Sialang Bungkuk selama 20 hari. Lalu penyusunan berkas untuk dilimpahkan ke Pengadilan Negeri," ucap Andi di ruang kerjanya.

Selama proses bergulirnya penyidikan kasus itu, menurut Andi, pihaknya telah menemukan adanya hasil perbuatan yang menyimpang. Yakni, adanya penyimpangan angsuran pokok dan bunga, penyimpangan atas pencatatan laporan normatif kredit.

"Selain itu, juga penyimpangan pemberian fasilitas kredit serta yang terakhir adanya penggunaan fasilitas kredit. Atas perbuatannya, tersangka telah merugikan negara sebesar Rp1,2 miliar lebih," sambung Andi.

Alasan dilakukan penahanan ketiga tersangka ini, Andi menyebut agar mereka tidak melarikan diri serta nantinya tidak mengulangi kembali perbuatan yang baru.

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan dengan Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 Jo Nomor 20 tahun 2001.

Diketahui, awal terungkapnya perkara ini berdasarkan adanya laporan orang dalam (Perusahaan,red) kepada Kejari Pekanbaru yang pada tahun 2013 sampai 2016 PT PER milik BUMD Provinsi Riau telah melaksanakan kegiatan penyaluran kredit bakulan atau kredit pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kantor cabang utama PT PER. 

Bahwa dalam pelaksanaan kegiatan penyaluran kredit bakulan atau kredit UMKM, diduga telah terjadi penyimpangan berupa atas penerimaan angsuran pokok dan bunga pada tujuh perjanjian kredit atas nama tiga mitra usaha dan pencatatan laporan nominatif kredit sebesar Rp1 miliar lebih.

Terdapat penyimpangan terhadap pencatatan laporan per tanggal 31 Desember 2014 hingga tahun 2017 terdapat penyimpangan pemberian tiga fasilitas kredit baru kepada dua mitra usaha yang dilakukan ketika angsuran atas fasilitas kredit sebelumnya lunas atau kredit macet.

Terdapat penggunaan fasilitas kredit yang diterima dua mitra usaha yang tidak disalurkan ke anggota mitra usaha tetapi digunakan untuk kepentingan pribadi oleh oknum perusahaan untuk membayar angsuran melunasi kredit sebelumnya.

Penulis : Helmi
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Ketua DPRD Riau hadir sebagai saksi di persidangan kasus korupsi Amril Mukminin.Banyak Jawab Tak Tahu di Sidang Kasus Korupsi Bengkalis, Indra Gunawan Eet Bikin Kesal Hakim
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau Yan Prana Jaya. Kejati Klarifikasi Yan Prana, Ahli Pidana: Kita Tunggu Proses Hukumnya
Foto : Detak IndonesiaDituding Otak Korupsi, HMPP Riau Minta KPK Tuntaskan Kasus Kontraktor Bengkalis Hendri Along
  Amril Mukminin saat tiba di Pekanbaru.Amril Mukminin Ditempatkan di Kamar Isolasi Selama 14
IlustrasiTiga Terdakwa Korupsi Kredit Bakulan di PT PER Dituntut Hukuman Berbeda
Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Yan Prana Jaya Indra RasyidTerkait Dugaan Korupsi di Siak, Jaksa Kejati Panggil Sekdaprov Riau

 
Berita Lainnya :
  • Akibat Abrasi, 4 Pulau di Riau Terancam Tenggelam
  • SKK Migas dan KKKS Serahkan Paket Sembako ke PWI Riau
  • Gagasan Webinar Komunikasi Kesehatan: Kreativitas, Sesuaikan Aktor hingga Gunakan Pantun
  • Direktur PT DSI Ditetapkan Sebagai Tersangka Pembakar Lahan di Riau
  • Soal Petugas PPDP Reaktif Rapid Test, KPU Bengkalis Tunggu Hasil Swab
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Beli Rumah untuk Curi Minyak
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved