www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Diterima Bupati Sukiman, Rohul Raih Penghargaan Swasti Saba Padapa 2019 dari Mendagri dan Menkes
 
Aktivitas Galian C Ilegal di Hulu Kuantan Kuansing Tergolong Berani, Sebab...
Selasa, 03/09/2019 - 06:20:20 WIB
Satu unit alat berat ekscavator diduga tengah melakukan aktivitas galian C secara ilegal di Sungai Kuantan di Desa Tanjung Kecamatan Hulu Kuantan.
Satu unit alat berat ekscavator diduga tengah melakukan aktivitas galian C secara ilegal di Sungai Kuantan di Desa Tanjung Kecamatan Hulu Kuantan.
TERKAIT:

TELUK KUANTAN - Aktivitas galian C yang dilakukan di Sungai Kuantan di Desa Tanjung Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuansing, Riau menggunakan alat berat ekscavator tergolong berani. 

Sebab, selain aktivitas berdampak terhadap lingkungan, aktivitas galian C yang dilakukan menggunakan alat berat tersebut diduga ilegal tidak mengantongi izin. 

Sebelumnya informasi yang dirangkum halloriau.com, pihak Polda Riau pernah mengamankan dua unit alat berat jenis ekscavator dari aktivitas galian C di daerah Singingi Kabupaten Kuansing. Dua unit alat berat jenis ekscavator tersebut dititip di Mapolres Kuansing. 

"Iya dua unit alat berat itu tangkapan Polda Riau, dan dititip di Polres," ujar Kapolres Kuansing melalui Kasat Reskrim Polres Kuansing AKP Andi Cakra Putra belum lama ini. 

Meskipun sudah ada upaya penegakan hukum dilakukan pihak Kepolisian, namun aktivitas galian C menggunakan alat berat ekscavator ini kembali dilakukan. Tapi lokasinya berbeda, kali ini dilakukan di Sungai kuantan. 

Sebelumnya, Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau menegaskan aktivitas galian C menggunakan alat berat ekscavator yang tengah viral di media sosial Facebook beroperasi di Desa Tanjung Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuansing tidak memiliki izin atau ilegal. 

"Sejauh ini kita belum pernah mengeluarkan izin untuk galian C, apalagi di sungai kuantan," ujar Kepala Unsur Pelaksana Teknis (UPT) Dinas ESDM Provinsi Riau Kabupaten Kuansing, Eko kepada halloriau.com, Minggu (1/9/2019). 

Menurut Eko, kalau ada aktivitas galian C beroperasi di Sungai Kuantan itu adalah aktivitas ilegal. Selain melanggar UU Lingkungan, juga melanggar UU Pertambangan terutama terkait perizinan. 

"Apalagi sejauh ini kita belum pernah mengeluarkan izin terhadap aktivitas galian C. Kalau ilegal, obatnya ya penegakan hukum," tegas Eko. 

Namun dari informasi yang dirangkum halloriau.com Minggu (1/9/2019), usai aktivitas galian C yang beroperasi di Desa Tanjung Kecamatan Hulu Kuantan heboh di media sosial dan diekspos sejumlah media. Aktivitas tersebut langsung berhenti, dan alat berat ekscavator yang bekerja kabarnya sudah diangkat dari lokasi. 

Penulis: Robi Susanto
Editor: Yusni Fatimah



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Diterima Bupati Sukiman, Rohul Raih Penghargaan Swasti Saba Padapa 2019 dari Mendagri dan Menkes
  • Waka DPRD Inhu: Anggota Dewan harus Tolak RKA Bersifat Konsumtif dan Seremonial
  • Bangkai Gajah Sumatera Ditemukan di Konsesi Perusahaan, Diduga Diburu Demi Gadingnya
  • Jalan Pramuka Tergenang Air, Kepala DPUPRPKP Meranti Panggil Kontraktor
  • Pasca Sampaikan Saran, Edy Haryanto Gelar Pertemuan dengan Bupati Inhil
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    Potret Lensa
    Gagalkan Perdagangan Satwa Dilindungi
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved