www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Bawa Wisatawan Keliling Kota Siak, Kereta Wisata 'Panen' saat Libur Lebaran
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Imlek Semakin Dekat, Pengurus Vihara Pusdiklat Bumi Suci Maitreya Mulai Berbenah
Kamis, 08 Februari 2024 - 20:51:34 WIB

PEKANBARU - Menjelang Tahun Baru Imlek yang pada 10 Februari 2024, sejumlah vihara yang ada di Kota Pekanbaru dibersihkan.

Aksi bersih-bersih yang dilakukan warga Tionghoa yang ada di Kota Pekanbaru ini sudah berlangsung sejak beberapa pekan sebelumnya.

Salah satu vihara yang tengah melakukan persiapan menyambut Imlek tahun ini yaitu Maha Vihara sekaligus Pusdiklat Bumi Suci Maitreya yang berada di Jalan Riau, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru.

Sejumlah persiapan mulai dilakukan pengurus vihara atau yang disebut abdi vihara. Mulai dari bersih-bersih hingga memasang pernak pernik berbentuk naga kayu. Selain itu Hio Lo atau yang lebih dikenal dengan tempat dupa juga mulai dirapikan.

Humas Pusdiklat Bumi Suci Maitreya, Ket Tjing mengatakan, aksi bersih-bersih vihara sudah dilaksanakan sejak satu bulan lalu.

Kegiatan ini menjadi hal yang pertama kali dilakukan sebagai bagian dari tradisi masyarakat Tionghoa.

"Maha vihara sekaligus pusdiklat bumi suci maitreya ini sejak sebulan lalu kita sudah mulai mempersiapkan vihara ini dalam menyambut tahun baru imlek 2575 di tahun shio naga kayu. Jadi umat itu kita minta untuk meluangkan waktu pada hari libur khususnya sabtu dan minggu," jelasnya, Kamis (8/2/2024).

"Pada akhir tahun lalu sudah mulai bersih-bersih karena vihara ini cukup besar dan butuh waktu beberapa minggu untuk membersihkannya. Untuk lampion sendiri juga sudah mulai dipasang sejak 3 minggu yang lalu. Hari ini menjelang 2 hari tahun baru sudah disiapkan," ungkapnya.

Ket Tjing menuturkan, ada yang berbeda dengan lampion yang dipasang di vihara pada tahun ini, yaitu di setiap bagian bawah lampion terdapat gantungan nama para donatur yang memberikan lampion, dengan harapan cahaya lampion ini menyinari para donatur.

"Tahun ini kita juga mempersiapkan ada dua pohon harapan, yang mana menjelang perayaan tahun baru imlek, umat akan datang berdoa dan bersembahyang," tuturnya.

"Harapan mereka boleh dituliskan nanti digantungkan di dua pohon harapan ini. Kemudian bagi mereka terutama muda-mudi yang suka berfoto bersama keluarga, kita juga menyiapkan photobooth dengan nuansa tahun naga kayu," tutupnya.

Penulis: MG2
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Wahana Kereta Wisata di Siak.(foto: meri/halloriau.com)Bawa Wisatawan Keliling Kota Siak, Kereta Wisata 'Panen' saat Libur Lebaran
Pasar induk.(ilustrasi/int)Pasar Induk Segera Beroperasi, Ini Respon DPRD Pekanbaru
Tol di Riau.(foto: mcr)Hingga Lebaran H+2, Hampir 28 Ribu Kendaraan Melintas di 3 Tol di Riau
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto (foto/Yuni)Meski Tanggal Merah, Pj Gubri Minta Pelayanan di Riau Tetap Optimal
Ilustrasi MotoGP Amerika, lintasan Austin, Texas (foto/int)Jadwal MotoGP Amerika 2024: Balapan Sengit Dini Hari di Austin Texas
  Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun.(foto: int)Pj Walikota Pekanbaru Siapkan Sanksi untuk ASN yang Tambah Libur Lebaran
Cosplay Transformers jadi favorit pengunjung Lapangan Gedung Maharatu Siak untuk berfoto.(foto: meri/halloriau.com)Robot Transformers Jadi Spot Foto Favorit di Lapangan Gedung Maharatu Siak
Arus pemudik di Pelabuhan Sungai Duku, Pekanbaru tinggi saat momen Lebaran 1445 H (foto/Dini)Aktivitas Masih Tinggi, Puncak Arus Balik di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru Diprediksi H+3
Sky Walk berseberangan dengan pusat wisata Siak (foto/Meri)Sky Walk Jembatan Kaca Wisata Populer Siak yang Wajib Kamu Datangi
Ilustrasi curah hujan di momen libur panjang Lebaran Idulfitri (foto/int)Mau Pergi Wisata di Libur Lebaran? Ini Prakiraan Cuaca Pekanbaru dan Sekitar
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved