www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
2 Tersangka Korupsi Dana Hibah APBD Dumai 2013 Diserahkan ke Kejari
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Rayakan HUT ke-25, PSMTI Perkenalkan Budaya Tionghoa yang jadi Bagian Persatuan Indonesia
Selasa, 03 Oktober 2023 - 06:11:55 WIB
Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia menghelat ulang tahun yang ke-25 di Gedung Sasono TMII, Senin (2/10/2023).
Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia menghelat ulang tahun yang ke-25 di Gedung Sasono TMII, Senin (2/10/2023).

Baca juga:

PSMTI Riau Gelar Buka Puasa Bersama Wartawan
PSMTI Kota Pekanbaru Berbagi Kebahagiaan pada Hari Raya Nyepi
Meriah, Perayaan Cap Go Meh Bersama di Pekanbaru Tampilkan Aksi Naga Hingga Barongsai

JAKARTA - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) menghelat ulang tahun yang ke-25 di Gedung Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Senin (2/10/2023).

Dengan mengangkat tema 'Pesta Demokrasi Sukses, PSMTI Maju, Indonesia Sejahtera', PSMTI berharap pertambahan usianya di 25 tahun tetap dapat menjaga persatuan dan kesatuan di Indonesia di tengah gegap gempitanya tahun politik pada pemilu 2024.

Ketua panitia perayaan HUT ke-25 PSMTI, Peng Suyoto mengataka perayaan ini dilangsungkan guna memperkenalkan kembali budaya Tionghoa di Indonesia. Mengingat Taman Budaya Tionghoa terletak di TMII, Suyoto menyampaikan ulang tahun ini dirayakan dalam semarak tradisi Tionghoa yang bersama dengan suku dan etnis lainnya di Indonesia.

"Kami di sini datang dari 32 provinsi yang ada di seluruh Indonesia, sehingga kita juga ingin memperkenalkan Taman Budaya Tionghoa yang ada di Taman Mini Indonesia Indah. Di,sini dimaksudkan agar persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia ditampilkan, rukun bersama dalam ulang tahun kami yang ke-25," ujar Suyoto di lokasi.

Selain merayakan ulang tahun, PSMTI juga meluncurkan buku tentang perjalanan Suku Tionghoa Indonesia dan perannya dalam membangun negeri yang berjudul 'Sejarah orang Tionghoa di Nusantara'. Buku tersebut ditulis oleh 32 akademisi di universitas negeri dari seluruh Indonesia.

“Banyak yang menyangka Suku Tionghoa itu datang di abad 8 karena tulisan sebelumnya oleh seorang pendeta I Ching yang berkelana di Nusantara. Tetapi dengan adanya akademisi-akademisi menulis sejak abad ke 2 setelah masehi sudah ditemukan jejak orang Tionghoa datang. Itu menjadi hal referensi yang baru bagi para akademisi dan sejarawan yang ingin lebih banyak mengetahui jejak orang Tionghoa di Indonesia,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua Harian I PSMTI tersebut.

Dalam gelarannya, para pengurus dan tokoh-tokoh PSMTI yang hadir ikut mengenakan batik merah dan batik berwarna perak. Hal ini juga dilakukan oleh Executive Chairman MNC Hary Tanoesoedibjo yang hadir mengenakan batik perak yang cerah.

"Kalau batik merah itu dinas dari PSMTI. Sedangkan batik silver ini didesain khusus guna menyambut tahun perak, ini didesain khusus dengan maksud orang Tionghoa mengharumkan Indonesia," jelas Suyoto.

Serentaknya pakaian batik bagi PSMTI ini diprakarsai karena bertepatan dengan Hari Batik Nasional. PSMTI meminta para tamu undangan untuk mengenakan pakaian batik. Selain Hari Batik Nasional, puncak HUT PSMTI juga merayakan Festival Kue Bulan atau Moon Festival.

"PSMTI ingin memperkenalkan kepada masyarakat luas bahwa PSMTI memiliki kekompakan hubungan sosial, budaya, dan kebersamaan antara keluarga-keluarga dengan marga atau keturunan Tionghoa di Indonesia serta memelihara tradisi Tionghoa di Indonesia. Termasuk dalam hal pendidikan, budaya, dan kegiatan amal," jelas Suyoto.

Dalam gelaran HUT ke-25, PSMTI mengundang tokoh-tokoh nasional termasuk Presiden Joko Widodo. Tampak sejumlah tokoh yang hadir antara lain Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo, putra bungsu Presiden Soekarno sekaligus Politisi PDIP Guruh Soekarnoputra, dan eks Menteri Perhubungan dan Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Bacapres dari Partai Perindo, Ganjar Pranowo juga terlihat datang menghadiri HUT ke-25 PSMTI, sekaligus ikut memberikan potongan kue tradisional Tionghoa sebagai perayaan dirgahayu tersebut, seperti yang dilansir dari sindonews. (*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ekspos penyerahan dua tersangka kasus korupsi dana hibah di Kejari Dumai.(foto: bambang/halloriau.com)2 Tersangka Korupsi Dana Hibah APBD Dumai 2013 Diserahkan ke Kejari
Hj Yusmanidar, Kadisdikbud Dumai (foto/bambang)Gangguan Layanan Pusat Data Nasional, Disdik Dumai Buka PPDB Offline, Ini Jadwalnya
Rektor UIR, Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL wisuda 1.225 orang pada periode II (foto/ist)UIR Kukuhkan 1.225 Wisudawan, Rektor: Terus Tingkatkan Mutu Terbaik
Petahana Gubernur Riau sekaligus Ketua DPD I Golkar Riau, Syamsuar (foto:int) Golkar Riau Tinggal Tunggu SK dari DPP untuk Usung Resmi Syamsuar
Laudia Cinta Bella saat menjahit baju pesanan konsumen (foto/ist)Laudia Cinta Bella, Jahit Indahnya Masa Depan Lewat Vokasi PHR
  BEM Unri demo di Kantor DPRD Pekanbaru (foto/Mimi)BEM Unri Demo: Desak Pemko Selesaikan Masalah Sampah dan Parkir
Ilustrasi hotspot di Riau muncul kembali (foto/int)Hotspot Menyala di Riau, BMKG: 2 Titik di Bengkalis
Pelaksanaan PPDB daring 2024, sekolah menyiapkan layanan khusus (foto/int)Selama PPDB Online, SMA Negeri di Riau Beri Layanan Bantuan Khusus
Pj Gubri, SF Hariyanto bakal roadshow serahkan SK PPPK kabupaten/kota (foto/int)Siap-siap, Mulai Besok SK PPPK Kabupaten/Kota Diserahkan, Ini Rinciannya
Propam Polres Rohil cek Judol ponsel anggota (foto/Afrizal)Cari Aplikasi Judi Online, Propam Razia Ponsel Anggota Polres Rohil
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved