www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Ada 7.297 Kuota, Gubri Ingin Guru Honorer di Riau Manfaatkan Peluang PPPK
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Ratusan Umat Hadiri Perayaan Kathina di PUB Bodhisatva Mahasthamaprapta
Jumat, 14 Oktober 2022 - 19:12:50 WIB
Perayaan Kathina di PUB Bodhisatva Mahasthamaprapta.(foto: istimewa)
Perayaan Kathina di PUB Bodhisatva Mahasthamaprapta.(foto: istimewa)

PEKANBARU - Persamuan Umat Buddha (PUB) Bodhisatva Mahasthamaprapta Pekanbaru Jalan Sempurna, Gang Flamboyan No 2 C, Kamis (13/10/2022) malam, mengadakan perayaan Kathina 2566 BE tahun 2022.

Perayaan ini dihadiri ratusan umat dan dua anggota Sangha Agung Indonesia, yakni Suhu Badravacana dan Suhu Kirana.

Dalam Dhammadesananya, Suhu Badravacana mengatakan, Hari Kathina menandakan berakhirnya masa Vassa yang merupakan salah satu kewajiban yang dijalankan para bhikkhu/bhikkhuni selama tiga bulan setiap tahunnya.

Vassa merupakan masa berdiam diri bagi para anggota Sangha yang berlangsung di musim penghujan.

Selama musim penghujan para bhikkhu/bhikkhuni tidak melakukan perjalanan penyebaran Dharma, tetapi berdiam bersama di satu tempat hingga musim hujan itu berakhir.

Pelaksanaan Vassa ditetapkan semenjak zaman Buddha Sakyamuni pada sekitar 2500 tahun lalu.

Masa Vassa selain memberi waktu pada para bhikkhu/bhikkhuni untuk melatih diri setelah sepanjang tahun sibuk melayani umat, juga merupakan salah satu perwujudan cinta kasih universal (metta karuna) pada semua mahkhluk hidup.

Pada musim penghujan banyak binatang kecil melata yang berdiam dalam tanah sepanjang musim panas/kemarau akan keluar dari tanah.

Di zaman itu, para anggota Sangha melakukan penyebaran Dharma dengan berjalan kaki, sehingga sangat besar kemungkinannya para binatang tanah yang kecil dan lemah itu akan mati terinjak oleh para bhikkhu/bhikkhuni yang melakukan perjalanan penyebaran Dharma, walau secara tidak disengaja.

Inilah salah satu wujud cinta kasih universal kepada semua makhluk hidup, bahkan kepada para binatang kecil, yang diteladankan oleh Buddha dan dilestarikan keluarga besar Sangha. Selain sebagai penerus pelita Dharma dan penyebar metta karuna.

"Perayaan kathina mengingatkan kita untuk mendukung kelestarian sangha. Dengan berakhirnya masa vassa maka tibalah saatnya bagi para umat perumah tangga untuk menunjukkan metta karuna kepada semua makhluk dengan memberikan dukungan sepenuhnya kepada sangha dalam bentuk dana jubah, makanan, obat-obatan serta hal-hal lain yang berguna untuk mendukung kebutuhan dasar pelestarian sangha, yang pada akhirnya juga menunjang pelestarian dharma," ucap Suhu.

Laurensia selaku Ketua Persamuan mengungkapkan, selain peringatan Hari Kathina Dana 2566 BE/ 2022, juga bertepatan dengan perayaan Hari Besar Bodhisattva Mahasthanaprapta yang diisi dengan sembahyang bersama dan Fangshen burung pada Tanggal 14 Oktober 2022.

Momen Hari Perayaan Kathina juga bertepatan dengan perayaan Hari Besar Bodhisatva Mahasthamaprapta, menurut Ketua Suryanti, momen ini memang sengaja dipilih agar umat Persamuan bisa sekaligus memberikan dana kepada Anggota Sangha yang hadir sekaligus memperingati hari kebesaran Bodhisatva Mahasthamaprapta.

Perayaan Hari Besar Boddhisatva Mahasthamasamaprapta dilaksanakan rutin digelar setiap penanggalan Imlek yang jatuh pada bulan 2 tanggal 19, bulan 6 tanggal 19 dan bulan 9 tanggal 19 setiap tahunnya.(rilis)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi.(int)Ada 7.297 Kuota, Gubri Ingin Guru Honorer di Riau Manfaatkan Peluang PPPK
Seorang Polantas di lokasi kejadian kecelakaan maut Bus PMH vs motor di Simpang Pasar Pagi Arengka, Pekanbaru.(foto: bayu/halloriau.com)Bus PMH vs Motor di Simpang Pasar Pagi Arengka Pekanbaru, Satu Orang Tewas
Dirjen Industri Agro Kemenperin, Putu Juli Ardika menyerahkan penghargaan kepada Head of Government Relations APRIL, Henky Setiawan Budyanto.(foto: istimewa)Terapkan Prinsip Industri Hijau, APRIL Kembali Terima Penghargaan dari Kemenperin
Kegiatan Goes to Campus Yayasan Rizki Bakti Negeri di Kampus UIN Suska Riau.(foto: diana/halloriau.com)Edukasi Ekonomi dan Kesehatan, Yayasan Rizki Bakti Negeri Goes to Campus di UIN Suska Riau
Ilustrasi.(int)Sore ini 23 Titik Panas Terdeteksi di Sumatera, 7 di Riau
  Ilustrasi.(int)Dapat Dana Hibah dari AS, Riau Bakal Bangun Jalan dan Dermaga Baru di Pulau Rupat
Dekan FEB UIR Dr Hj Eva Sundari SE MM CRBC, Wakil Direktur I Pascasarjana UIR Dr H Efendi Ibnususilo SH MH dan Wakil Dekan III FEB UIR Dr H Zulhelmy SE MSi AK CA ACPA saat menerima SK Mendikbudristekdikti untuk Prodi Magister Akuntansi.(foto: istimewa)Direstui Mendikbud, UIR Resmi Memiliki Prodi Magister Akuntansi
SVP-Head of Region Sumatera IOH, Fahd Yudhanegoro (kiri) dalam Collabonation Tour Medan.(foto: istimewa)Collabonation Tour Medan Hadirkan Isyana Sarasvati, Kunto Aji, dan Tuan TigaBelas
Ilustrasi.(int)Gajah Liar di Tol Pekanbaru-Dumai Bakal Dipasangi Kalung GPS dari Afrika
DLHK Riau berikan Jasa Prestasi untuk Sekolah Adiwiyata di Riau Expo 2022.(foto: mcr)DLHK Riau Kucurkan Rp92 Juta untuk 23 Sekolah Adiwiyata
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
JNE Pekanbaru bersilaturahmi ke kantor Halloriau.com
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved