www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Polres Bengkalis Gagalkan “Penyelundupan” 43 Warga Bangladesh ke Malaysia
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
HUT ke-15 Maha Vihara dan Pusdiklat Bumi Suci Maitreya, Bangun Semangat Kerukunan Bersama Tokoh Buddhis
Minggu, 11 September 2022 - 20:56:26 WIB
Foto bersama.
Foto bersama.

PEKANBARU - Majelis Pandita Buddha Maitreya Indonesia (Mapanbumi) Provinsi Riau menggelar acara silaturahmi tokoh Buddhis dan Tionghoa, Minggu (11/9/2022), di Gedung Maha Vihara dan Pusdiklat Bumi Suci Maitreya, Jalan Riau Ujung, Pekanbaru.

Kegiatan ini dalam rangka peringatan HUT ke-15 Maha Vihara dan Pusdiklat Bumi Suci Maitreya dan Festival Zhong Qiu tahun 2022 yang berlangsung Sabtu dan Minggu (10-11/9/2022). Adapun rangkaian kegiatannya yaitu bazar vegetarian, ritual kebaktian perayaan Zhong Qiu Jie, peringatan Parinibbana Buddha Tian Ran, dan festival lampion dan lilin berkah.

Pada kesempatan itu, Pembimbing Masyarakat Buddha Kanwil Kemenag Riau, Tarjoko, mengatakan acara silaturami para tokoh Buddha ini memang perlu dilakukan untuk membangun kerukunan intra dan antar umat beragama.

"Bagaimanapun setiap tokoh wajib bertemu untuk membangun kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia dalam wadah NKRI," ujar Tarjoko, Minggu (11/9/2022).

Dengan pertemuan ini, lanjut dia, setidaknya dapat memberikan informasi satu sama lain agar satu persepsi dalam menyikapi setiap persoalan yang ada.

"Sehingga kerukunan bisa terjaga dengan baik. Dan kesatuan dan persatuan juga bisa kita bangun. Akhirnya kita menjadi negara yang kuat. Mudah-mudahan ini memberikan makna bagi seluruh pengurus Mapanbumi karena juga ada beberapa tokoh penting hadir di sini," katanya seraya mengucapkan selamat HUT ke-15 Maha Vihara dan Pusdiklat Bumi Suci Maitreya. 

Sementara itu, tokoh Tionghoa sekaligus anggota DPRD Kota Pekanbaru yang juga hadir, Robin Eduar, mengapresiasi acara ramah tamah tersebut. Apalagi pandemi Covid-19 selama dua tahun menyebabkan banyak kegiatan vakum.

"Dari ramah tamah ini kita jadi tahu banyak program yang bagus di sini. Kita harapkan dari sini ikut berpartisipasi membangun kerukunan umat beragama. Serta, membangun Kota Pekanbaru khususnya dan Provinsi Riau umumnya. Semoga Maha Vihara dan Pusdiklat Bumi Suci Maitreya sukses selalu dan tetap semangat berjuang untuk kepentingan masyarakat Pekanbaru," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Sekretaris Mapanbumi Riau Ket Tjing mengatakan, tujuan pendirian Maha Vihara dan Pusdiklat ini sebagai tempat yang lebih representatif dalam membina umat Buddha.

"Jadi, tidak hanya sekadar tempat melaksanakan puja bakti yang lebih representatif, tapi ia juga jadi pusat pendidikan dan pusat kegiatan sosial. Di gedung ini ada asrama dan kampus agama Buddha," ujar dia.

Dia menuturkan, acara silaturahmi ini menghadirkan sejumlah tokoh Buddha dari berbagai majelis sekte serta ormas-ormas Tionghoa.

"Mereka kita rangkul untuk bersama memperhatikan umat masing-masing karena pembinaan tidak bisa hanya diserahkan kepada Pusdiklt Bumi Suci Maitreya saja. Jadi harapan kita dengan berjalannya waktu kita saling bekerja sama," katanya.

Penulis: Rico Mardianto
Editor: Satria

 

  Berita Terkait

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Polres Bengkalis Gagalkan “Penyelundupan” 43 Warga Bangladesh ke Malaysia
Pj Walikota Pekanbaru Muflihun menandatangani KUA-PPAS APBD Perubahan Pekanabru tahun anggaran 2022.(foto: int)Tak Ingin Tunda Bayar, APBD Perubahan Pekanbaru 2022 Turun Rp60 Miliar
Kondisi rumah korban sudah dipasangi garis polisi oleh Polres Kuansing.(foto: ultra/halloriau.com)Breaking News: Honorer Kantor Camat Pangean dan Ibunya Ditemukan Tewas Bersimbah Darah
Bupati Meranti, H M Adil melakukan MoU PPID Meranti.(foto: istimewa)Bupati dan OPD Pemkab Meranti MoU Dorong Keterbukaan Informasi Publik
Pembukaan sosialisasi PMK di Kabupaten Kepulauan MerantiSosialisasi Cegah PMK dibuka Kalaksa BPBD Riau, Meranti masih Zero Case
  Jasad honorer Camat Pangean dan ibunya yang ditemukan tewas.(foto: ultra/halloriau.com)Ayah Honorer Kantor Camat Pangean Masih Dirawat di Arab Saudi
Bupati Bengkalis Kasmarni membuka MTQ ke-27 Kecamatan Bantan.(foto: zulkarnaen/halloriau.com)Sempat Hujan, Bupati Kasmarni Buka MTQ ke-27 Kecamatan Bantan
Syafrudin IputSyafrudin Iput Nyatakan Siap Maju Jadi Calon Bupati Rohil
Ketua DPC Gerindra Rohil Syafrudin IputSyafrudin Iput Ungkap Dua Syarat Utama Caleg yang Diusung Gerindra
Ketua PWI Riau Zulmansyah SekedangKetua PWI Riau: Anggota Muda yang Tak Ikut UKW Kartunya Tak Bisa Diperpanjang
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Kontraktor IPAL Mulai Rekondisi Jalan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved