www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Dapat Bantuan Rumah Layak Huni, Korban Longsor Inhil Menolak Direlokasi
 
Pergub Tataniaga Sawit Riau Segera Diterapkan, Ini Keuntungan Bagi Petani
Kamis, 03 Juni 2021 - 07:07:10 WIB

PEKANBARU - Peraturan Gubernur (Pergub) No. 77 Tahun 2020 tentang Tataniaga TBS Produksi Perkebunan Riau, yang mengatur tentang tataniaga harga sawit di Riau akhirnya akan segera diterapkan. 

Pergub ini terasa istimewa dibandingkan Pergub Tataniaga Sawit di provinsi lain, karena tidak hanya mengatur pekebun plasma, tetapi juga untuk pekebun Swadaya yang jumlahnya 52% dari total luasan lahan perkebunan sawit di Riau. 

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Zulfadli melalui Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran, Defris Hatmaja mengatakan, Pemprov Riau melalui Dinas Perkebunan telah merampungkan Pergub tentang tata cara penetapan harga TBS produksi pekebun Provinsi Riau.

"InshaAllah sesuai arahan Pak Gubri mulai minggu depan secara maraton kita akan sosialisasikan di seluruh kabupaten dan kota se-Riau, kepada para pekebun dan asosiasinya, pengusaha PKS dan asosiasinya dan stakeholder terkait," kata Defris, Rabu (2/6/2021). 

Pergub ini, kata Defris, sangat istimewa dibandingkan provinsi lain, karena tidak hanya mengatur pekebun plasma saja seperti yang diatur Permentan Nomor 1 Tahun 2018, tetapi lebih dari itu. Pergub ini mengatur pekebun swadaya yang jumlahnya lebih dari 52% secara luasan di Provinsi Riau.

"Artinya dengan pemberlakuan Pergub ini, petani dan pengusaha ada payung hukum dalam Tataniaga TBS yang harus ditaati bersama. Khususnya terkait penetapan harga, penerapan harga, kemitraan pekebun dengan PKS, pertanggungjawaban pengelolaan dana BOTL dan pembinaan dan pengawasan yang dilakukan oleh Disbun Riau bersama kabupaten kota," jelasnya. 

Defris mengatakan, substansi Pergub ini mengatur regulasi penetapan dan penerapan harga TBS ditingkat petani plasma dan juga petani swadaya.

Penulis : Bayu
Editor : Fauzia



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pj Bupati Inhil, Herman.(foto: sri/halloriau.com)Dapat Bantuan Rumah Layak Huni, Korban Longsor Inhil Menolak Direlokasi
Ilustrasi harga emas Antam di Pekanbaru masih stagnan hari ini (foto/int)Harga Emas Antam di Pekanbaru Masih Stagnan, Ada Potensi Melonjak?
Titik panas di Riau hari ini yang tertinggi di Sumatera.(ilustrasi/int)Curah Hujan Menurun, Riau Menyala dengan 27 Titik Panas Pagi ini
  Tersangka AM dan MT saat diamankan di Mapolsek Peranap.(foto: andri/halloriau.com)Polsek Peranap Ringkus 2 Pengedar Sabu
Bupati Pelalawan, Zukri Misran saat hadiri magrib mengaji di Komplek Townsite II RAPP.(foto: andi/halloriau.com)Hadiri Magrib Mengaji di Townsite II RAPP, Ini Kata Bupati Pelalawan
Riau cerah hari ini.(ilustrasi/int)Prakiraan Cuaca Riau: Hujan Ringan di Beberapa Wilayah, Suhu 34°C
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved