www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Aset PDAM Milik Pemkab Kepulauan Meranti Hibah dari Pemkab Bengkalis Dilelang Rp 96 Juta
 
Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran Sambangi Riau, Bahas Komitmen Sektor Kelapa Sawit
Jumat, 10 November 2023 - 08:48:32 WIB

PEKANBARU - Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Maju pengusung pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sudah dibentuk pada Senin (6/11/2023). TKN langsung bersilaturahmi dengan beberapa tokoh di daerah, termasuk di Provinsi Riau.

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Panel Barus, menyambangi Ketua Umum DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit (Apkasindo), Gulat ME Manurung. Guna memastikan komitmen terhadap nasib para petani dan sektor kelapa sawit.

Panel menyebut bahwa dirinya dan Prabowo-Gibran melihat sektor kelapa sawit sebagai sektor paling berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia.

"Kenapa sektor ini saya sebut strategis, karena sumbangannya terhadap APBN signifikan dan penyerapan tenaga kerjanya bagus, ini juga memberikan efek multiplayer terhadap ekonomi," katanya di Kantor DPW Apkasindo Riau, Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru, Kamis (9/11/2023).

Dilanjutkannya, Prabowo-Gibran menyadari bahwa jutaan petani sawit yang ada di Riau memegang peranan penting dalam perputaran ekonomi negara.

"Saya pastikan pasangan Prabowo-Gibran bersama dengan sektor ini. Karena ini yang akan mendorong Indonesia menjadi lebih maju," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Apkasindo, Gulat ME Manurung menyambut baik kedatangan Panel Barus. Menurutnya janji memperhatikan petani sawit yang diutarakan pasangan Prabowo-Gibran wajib disambut.

"Kami petani sawit ada 17 juta orang. Makanya kami meminta calon presiden dalam konteks ini Prabowo-Gibran melihat sawit itu lebih jauh kedalam. Sektor kelapa sawit itu multiplayer efeknya kuat karena ada petani sawit, petani sawit sebagai penggerak ekonomi. Khusus di Riau ada 4,1 juta hektare, 68 persen petani sawit," papar Gulat.

Gulat sendiri sempat mengulas bagaimana Presiden Joko Widodo selama ini sudah memaksakan mendirikan bursa sawit, sebagai acuan harga. Menurutnya ini salah satu bentuk keberpihakan yang mesti diestafetkan oleh Prabowo-Gibran nantinya.

"Selama ini 100 tahun harga CPO kita mencontek ke Malaysia, ke Belanda. Padahal 85 persen CPO dunia ini kita penghasilnya, tapi kok mencontek ke negara lain? Makanya Indonesia saat ini butuh dipimpin oleh orang-orang yang mengenal dan paham bahwa sawit itu adalah kita. Jangan sampai kita diobok-obok dan dikuasai oleh negara lain," tegasnya.

Harapan petani kelapa sawit saat ini, lanjut Gulat, adalah tentang bagaimana sektor kelapa sawit di Riau bisa bangkit dan makin meningkat.

Penulis: Rinai
Editor: Riki



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi PDAM Kepulauan MerantiAset PDAM Milik Pemkab Kepulauan Meranti Hibah dari Pemkab Bengkalis Dilelang Rp 96 Juta
Suzuki raih empat penghargaan di OTOMOTIF Award 2024.(foto: istimewa)Suzuki Indonesia Raih 4 Penghargaan OTOMOTIF Award 2024
Kajati Riau bersama jajaran Kejari Pelalawan.(foto: andi/halloriau.com)Kajati Riau Kunjungi Kejari Pelalawan, Ini Agendanya
  Edy Natar Nasution.(foto: int)NasDem Sambut Baik Hasil Survei Elektabilitas Edy Natar di Bursa Pilgub Riau 2024
Komisi I DPRD Pekanbaru hearing terkait mafia tanah di Rumbai.(foto: mimi/halloriau.com)Dugaan Mafia Tanah di Rumbai, Komisi I DPRD Pekanbaru Panggil BPN dan Lurah
HM Harris, Bacalon Gubernur Riau di Pilgub Riau 2024.(foto: int)HM Harris Tingkatkan Popularitas Jelang Pilgub Riau 2024
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Silaturahmi Tanoto Foundation Riau Bersama Jurnalis
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved