www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Belum Ada Laporan Warga Terjangkit Flu Burung, Ini Tindakan Diskes Riau
 
Apkasindo Harap B35 Dongkrak Harga TBS Petani
Rabu, 01 Februari 2023 - 11:59:29 WIB
Ilustrasi Apkasindo berharap B35 bisa naikkan harga TBS Petani Riau (foto/int)
Ilustrasi Apkasindo berharap B35 bisa naikkan harga TBS Petani Riau (foto/int)

PEKANBARU - Pemerintah akan mulai mengimplementasikan biodiesel, dengan campuran minyak sawit sebanyak 35 persen atau B35 pada Februari 2023 ini.

Ini disambut baik petani kelapa sawit, khususnya di Riau. Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), Dr Gulat ME Manurung. Ia mengatakan, dengan tranformasi dari B30 ke B35 ini diharapkan bisa mendongkrak harga tandan buah segar (TBS) petani.

Pasalnya, konsumsi dalam negeri dari minyak sawit akan semakin meningkat dan kondisi ini bisa mendongkrak harga CPO yang imbasnya akan menaikkan harga TBS.

"B35 akan sangat bermanfaat menjaga harga minyak sawit atau CPO dan akan berdampak positif ke harga TBS. Yang mana harga TBS akan naik. Karena harga TBS itu dibentuk dari harga CPO," kata Gulat kepada halloriau.com, Rabu (1/2/2023).

Kata Gulat, adanya B35 akan meningkatkan serapan CPO dalam negeri. Otomatis pasokan CPO di pasar global akan berkurang, karena Indonesia merupakan pemasok utama CPO dunia.

Semakin sedikitnya pasokan CPO di pasar global, kata Gulat, tentu akan mengerek harga. Imbasnya, harga TBS petani yang acuannya merupakan harga CPO, akan semakin terdongkrak.

"Serapan dalam negeri untuk B35 sebesar 13,5 juta kiloliter, ini akan meningkatkan serapan domestik akan CPO menjadi 28,7 persen. Itu baru untuk B35 saja, belum serapan lainnya," sebut Gulat.

"Tentu akan mengurangi ketersediaan CPO secara global dan ini berpotensi mendongkrak harga CPO dan harga TBS akan terkerek," jelasnya.

Gulat menjelaskan, secara hitungan ekonomi, apabila suplai berkurang. Sedangkan permintaan atau demand tinggi, tentu akan membuat harganya semakin tinggi pula.

"Hitungan kami, dalam Februari ini akan tergambarkan kenaikan tersebut. Kita berharap harga TBS bisa di atas tiga ribu rupiah per kilogram," harapnya.

Penulis: Bayu Derriansyah
Editor: Riki



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi ayam terjangkit flu burung (foto/int)Belum Ada Laporan Warga Terjangkit Flu Burung, Ini Tindakan Diskes Riau
Ilustrasi beli solar wajib pakai MyPertamina di Riau (foto/int)Ingat, 28 Maret Beli Solar di Riau Wajib Pakai MyPertamina
All New CR-VHonda Luncurkan Mobil Baru Minggu Depan, All New CR-V Siap Mengaspal?
  Payung elektrik di Masjid Raya Annur rusak (foto/int)Payung Elektrik Masjid Raya Annur Senilai Rp42 M Rusak Berat Diterjang Badai
Bupati Kasmarni (kiri) mengapresiasi Program Bedah Rumah dari Baznas Bengkalis (foto/zul)Bupati Kasmarni Apresiasi Program Bedah Rumah Baznas Bengkalis
Salah seorang pegawai disalah satu OPD terlihat membagikan takjil kepada pengendaraPemkab Kepulauan Meranti Bagikan 21.500 Paket Takjil Gratis
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Bacalon DPD Riau, Ichwanul Ihsan Serahkan Syarat Dukungan Minima
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved