www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Gubri Minta Komitmen Semua Pihak Turunkan Kasus Covid-19 di Riau
 
Replanting KUD Mulus Rahayu Raih Nilai A Kebun Terbaik Replanting dengan Dana BPDPKS
Senin, 01 Maret 2021 - 08:44:51 WIB
Foto ist.
Foto ist.

PEKANBARU - Kemitraan KUD Mulus Rahayu dengan Asian Agri berbuah manis, karena berhasil mendapatkan Nilai “A” sebagai KUD pertama yang sukses melakukan replanting dengan memanfaatkan dana dari BPDPKS.

“Alhamdulillah, keberhasilan ini merupakan gotong royong dan kerja keras kami bersama petani dan mitra kami Asian Agri,“ ujar Ketua KUD Mulus Rahayu, Pawito Saring Jumat (26/2/2021).

Menurutnya, ketika KUD Mulus Rahayu memutuskan mereplanting arealnya seluas 310 hektar, maka mereka bertekad kuat bahwa replanting ini harus berhasil, karena berharap replanting ini bisa menjadi proyek percontohan agar anggotanya maupun petani sawit lain tidak takut replanting.

“Sebagaimana kita ketahui, replanting adalah hal yang kerap menakutkan bagi petani sawit. Padahal cepat atau lambat, replanting itu pasti terjadi. Maka pada tahap awal hanya 310 hektar lahan anggota yang ikut replanting. Disitulah kami bertekad agar replanting ini harus berhasil. Untuk itu kami butuh mitra yang sudah berpengalaman dan terbukti, dan kami kembali memilih Asian Agri. Terbukti kemitraan kami, kembali membuahkan hasil manis, areal yang kami replanting di awal Januari 2016 dibawah bimbingan Asian Agri, dalam 32 bulan sudah melakukan panen perdana. Bahkan di Desember 2020 ketikan Dinas Perkebunan Siak melakukan penilaian kebun, kami berhasil mendapatkan nilai A,” Parwito menjelaskan.

Sebelumnya, hal senada juga disampaikan oleh Muhammad Ihsan, SP, Koordinator Tim penilai fisik kebun kelapa sawit Dinas Pertanian Kabupaten Siak, pada waktu memberikan penghargaan Nilai A kepada KUD Mulus Rahayu pada 4 Desember 2020.

“Sebagai KUD pertama yang replanting menggunakan dana BPDPKS, KUD Mulus Rahayu yang berlokasi di Kec. Kerinci Kanan, Kabupaten Siak ini juga merupakan KUD pertama di Indonesia yang berhasil mendapat nilai A. Penilaian dilakukan langsung oleh Dinas Pertanian Kabupaten Siak. Penilaian fisik kebun yang dilakukan adalah pada areal petani di bawah naungan KUD Mulus Rahayu, seluas 310 hektar. Adapun aspek penilaian berupa aspek kondisi tanaman, kondisi penutup tanah, sistem pengawetan tanah, jalan produksi, koleksi, TPH, pasar pikul dan piringan serta kesan umum. Hasilnya KUD Mulus Rahayu berhasil mendapatkan nilai A sebagai KUD Pertama yang sukses melakukan replanting dengan dana BPDPKS,” kata M Ihsan.

Asian Agri sebagai mitra juga turut berbangga dengan keberhasilan KUD Mulus Rahayu dan berharap kebun yang telah di replanting tersebut dapat menjadi pilot project agar petani tidak ragu replanting.

Rudy Rismanto, Head Partnership Asian Agri mengutarakan kebanggaan atas pencapaian ini. “Kami juga bangga dan senang bisa menjadi mitra yang berhasil mendukung KUD Mulus Rahayu meraih nilai A. Hal ini merupakan bukti komitmen dari Manajemen Asian Agri untuk terus mendampingi dan membina petani-petani untuk memperoleh hasil yang bagus terutama setelah melakukan replanting. Kami juga berharap kesuksesan replanting KUD Mulus Rahayu ini bisa membangkitkan semangat KUD lainnya agar tidak takut replanting, sebab masih banyak petani sawit yang mempertahankan kelapa sawitnya walau usianya sudah lebih dari 25 tahun,” terangnya.

Menurut Rudy, masa replanting adalah saat penting untuk segera melakukan peremajaan kelapa sawit guna meningkatkan produksi dengan cara intensifikasi.

“Masa replanting, adalah masa penting dan jangan ditunda-tunda. Sebab di masa replanting ini, kalau kita lakukan replanting dengan benar, mulai dari persiapan lahan, penggunaan bibit unggul seperti bibit unggul Topaz, maka peningkatan produksi dari luasan areal yang sama / intensifikasi pastilah dapat tercapai. Asian Agri sendiri siap menjadi mitra kembali untuk mendukung kesuksesan petani generasi kedua,” ujar Rudy menambahkan. (rilis)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
IlustrasiGubri Minta Komitmen Semua Pihak Turunkan Kasus Covid-19 di Riau
Gubri SyamsuarPelabuhan Dumai Siap Sambut Kedatangan Pekerja Migran, Gubri: Tetap Harus Karantina
IlustrasiMendagri Minta Riau Perketat Pengawasan PPKM
  Timbalan DPH LAMR Bengkalis Darmawi menyerahkan pernyataan sikap kepada Ketua Umum MKA LAMR Bengkalis, H Zainuddin YusufMosi Tak Percaya, Ketua DPH LAMR Bengkalis Diminta Mundur
IlustrasiSafari Ramadan Malam ke-11, Bupati Alfedri Serahkan Bantuan ke Masjid Syuhada
IlustrasiImigrasi Riau Pastikan Belum Ada Warga Eksodus India yang Datang
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
SKK Migas Kunker dan Koordinasi ke WK Rokan dan PT CPI
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved