www.halloriau.com  
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Aduh, Harga TBS Sawit Riau Anjlok Lagi
 
Pemerintah Keluarkan Izin Ekspor untuk 302 Ribu Ton CPO
Senin, 06 Juni 2022 - 14:10:57 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, dalam konferensi pers virtual, Minggu (5/6/2022).
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, dalam konferensi pers virtual, Minggu (5/6/2022).

JAKARTA - Pemerintah telah membuka kembali keran ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) mulai 23 Mei 2022 lalu. Namun, ekspor belum bisa langsung dilakukan begitu saja karena ada penetapan rasio alokasi ekspor agar kebutuhan dalam negeri bisa terpenuhi.

Akan tetapi, saat ini ekspor sudah bisa dilakukan. Pemerintah juga telah menerbitkan izin untuk ekspor 302 ton CPO. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Maves), Luhut Binsar Panjaitan dalam konferensi pers yang digelar virtual, Minggu (5/6/2022) sore kemarin.

Dalam jumpa pers itu, Luhut mengakui bahwa ekspor menjadi sangat penting dan berpengaruh sangat besar terhadap penerapan petani kelapa sawit.

"Ketika ekspor meningkat, maka semua mata rantai produksi dan distribusi bisa kembali berjalan. Jadi dengan demikian kita berharap nanti harga TBS bagi petani nanti akan membaik," kata dia.

Dengan demikian, alat Luhut, kementerian dan lembaga terkait juga terus melakukan upaya percepatan penyelesaian regulasi agar ekspor dapat kembali berjalan.

"Kami telah membuka peluang lebih dari 1 juta ton ekspor, dan secara bertahap ini sudah berjalan. Dengan menggunakan basis kontribusi realisasi domestik pada program SIMERAH, saat ini jumlah PE yang terbit sudah mencapai 251 persetujuan dengan CPO yang bisa diekspor mencapai 302 ribu ton," kata dia.

Luhut mengatakan, pemerintah akan terus memantau kinerja ekspor ini, terutama dampaknya terhadap harga TBS di tingkat petani.

"Langkah-langkah percepatan akan diambil jika nanti harga TBS di tingkat petani nanti dirasa masih terlalu rendah. Pemerintah akan terus, secara nonstop menggodok kebijakan terkait hal ini. Kita berharap nanti harga TBS itu tidak kurang dari 2.500 dan lebih dari itu," tambahnya.

Penulis: Bayu
Editor: Ardian


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau benarkan harga TBS kelapa sawit di Provinsi Riau anjlok (foto/ilustrasi)Aduh, Harga TBS Sawit Riau Anjlok Lagi
Ditreskrimsus Polda Riau menetapkan pegawai Bank Riau Kepri di Cabang Syariah Pekanbaru jadi tersangka (foto/ilustrasi)Tilap Duit Nasabah Hingga Rp5 Miliar, Pegawai BRK Cabang Syariah Pekanbaru Jadi Tersangka
BMKG prediksi hujan masih akan terjadi dan berpotensi disertai angin kencang di Riau (foto/ilustrasi)Riau Masih Diguyur Hujan Disertai Angin Kencang untuk Daerah Ini
  Presiden Jokowi dirangkul Presiden Amerika, Joe Biden saat konferensi tingkat tinggi (KTT) G7 di Jerman viral (foto/int)Trending Jokowi Dirangkul Presiden AS Joe Biden di KTT G7 Jerman, Netizen Bilang Ini
Viral seorang laki-laki mirip Presiden Jokowi sedang santai makan mie ayam (foto/int)Viral Laki-laki Mirip Presiden Jokowi Santai Makan Mie Ayam, Netizen Langsung Sebut Begini
Satlantas Polres Dumai telah tilang 820 pengendara selama Operasi Patuh Lancang Kuning 2022  (foto/bam)820 Pengendara Kena Tilang Selama Ops Patuh Lancang Kuning 2022 di Dumai, Terbanyak Tak Pakai Helm SNI
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Penandatanganan MoU dan Penghargaan Desa Bebas Api Asian Agri
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved