www.halloriau.com  
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Laga Perdana Piala AFF U-19 2022, Indonesia Ditahan Imbang Vietnam 0-0
 
Dibanderol Rp2.666 perkilo, Ini Penyebab Harga TBS Sawit di Riau Jeblok Lagi
Selasa, 31 Mei 2022 - 12:14:48 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PEKANBARU - Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Provinsi Riau periode 1-17 Juni 2020 mengalami penurunan pada setiap kelompok umur kelapa sawit.

Kabid Pengolahan dan Pemasaran Disbun Riau, Defris Hatmaja menuturkan, jumlah penurunan terbesar terjadi pada kelompok umur 10-20 tahun sebesar Rp27,01 per kilogram atau mencapai 1,00 persen dari pekan lalu.

"Dengan begitu, harga pembelian TBS petani untuk periode satu pekan kedepan juga mengalami penurunan menjadi Rp2.666,44 per kilogram," kata Defris, Selasa (31/5/2022).

Untuk harga jual CPO, Sinar Mas Group mengalami penurunan harga sebesar Rp60,86 per kilogram dan PT Asian Agri Group mengalami kenaikan harga sebesar Rp107,28 per kilogram.

"Sedangkan untuk harga jual kernel, PT Sinar Mas Group sebesar Rp6.980 per kilogram dan PT Asian Agri Group sebesar Rp7.112 per kilogram," tuturnya.

Defris mengungkapkan, penurunan harga TBS ini disebabkan faktor internal dan faktor eksternal. "Untuk faktor internal,  turunnya harga TBS periode ini disebabkan terjadinya kenaikkan dan penurunan harga jual CPO dari perusahaan yang menjadi sumber data," ungkapnya.

Sedangkan faktor eksternalnya, lanjut Defris, belum normalnya ekspor CPO dan harga kernel walaupun sudah di umumkan pencabutan larangan ekspor CPO oelh pemerintah.

"Saat ini merupakan masa transisi, jadi ekportir menunggu dan melihat perkembangan, karena lelang CPO kita di KPBN Jakarta juga tidak ada deal (WD) sesuai harga dasar penawaran lelang. Apalagi pasca terbitnya juknis Dirjendaglu No. 18/22 (bahwa rasio eksport cpo ditetapkan Dirjendaglu pada masa transisi saat ini)," terangnya.

"Dampaknya, tidak serta merta begitu dicabut larangan ekspor, harga CPO bisa naik atau langsung bisa di ekspor CPO ke luar negeri," jelasnya.

Masih kata Defris, umumnya pembelian CPO/produk sawit jangka panjang (1 thn). Dampaknya para negara importir terbesar selama 1 bulan pelarangan ekspor lari ke Malaysia.

"Importir juga melakukan kontrak dengan Malaysia karena mereka butuh konsistensi/kepastian pasokan CPO. Karena pasar ekspor CPO belum normal, harga TBS yang kita tetapkan masih belum normal seperti yang diharapkan," pungkasnya.(*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Timnas Indonesia menjamu Vietnam dalam laga perdana Piala AFF U-19 2022Laga Perdana Piala AFF U-19 2022, Indonesia Ditahan Imbang Vietnam 0-0
PT PHE Kampar bersama sejumlah kader posyandu Desa Talang Sungai LimauCegah Stunting, PHE Kampar Gelar Pelatihan Olah MPASI di Desa Talang Sungai Limau Inhu
Head of Sales XL Axiata Greater Medan, Horas Lubis (tengah) bersama dengan KMI Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah, Muhammad Ilyas (ketiga dari kanan) pada saat acara penyerahan donasi laptop di Medan, Sumatera Utara, belum lama ini.Dukung Digitalisasi di Pedesaan, XL Axiata Donasi Laptop ke Puluhan Ponpes di 7 Provinsi
  IlustrasiCapai 625 Kasus, Ini Langkah Pemprov Riau Atasi Wabah PMK
Pasangan tim ganda putri Indonesia Apriyani dan FadiaKandaskan Korsel, Ganda Putri Indonesia Apriyani-Fadia Rebut Tiket ke Final Malaysia Open 2022
Sejumlah owner Coffee shop, barista, dan penggiat kopi di Kepulauan Meranti saat mengikuti Coffee Talk yang ditayangkan oleh Dikopi Coffee shop selatpanjang.Coffee Talk Bersama Dikopi Selatpanjang, Mengangkat Cita Rasa Kopi Liberika Meranti
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Penandatanganan MoU dan Penghargaan Desa Bebas Api Asian Agri
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved