www.halloriau.com
HalloSawit
BREAKING NEWS :
Kepedulian di Tengah Pandemi Covid-19
 
Program SMILE Fasilitasi dan Buka Akses Petani Kecil ke Pasar yang Lebih Luas
Kamis, 29 Oktober 2020 - 11:40:14 WIB
Managing Director of Asian Agri, Kelvin Tio
Managing Director of Asian Agri, Kelvin Tio

PEKANBARU - KAO Corporation, Apical Group, dan Asian Agri telah meluncurkan program untuk membantu para petani swadaya kelapa sawit Indonesia.

Inisiatif program Smallholder Inclusion for Better Livelihood and Empowerment (SMILE) ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas hasil panen, memperoleh sertifikasi internasional, dan mendapatkan premi dari penjualan minyak sawit yang bersertifikat.

Managing Director of Asian Agri, Kelvin Tio mengatakan minyak sawit banyak digunakan sebagai bahan baku produk sehari-hari, termasuk produk KAO. Bahkan setiap tahunnya minyak sawit terus mengalami peningkatan permintaan secara global (high global demand).

Untuk itu, kolaborasi ini menjembatani dan menjadi solusi untuk meningkatkan volume produksi tanpa merusak lingkungan dan berkelanjutan.

"Jalinan kemitraan dengan smallholder atau petani swadaya ini tak cuma untuk keberlanjutan bisnis dan menjembatani kebutuhan minyak sawit yang semakin meningkat. Namun juga mengoptimalisasi hasil panen dan produksi tanpa membuka lahan dan budidaya baru," ujarnya dalam webinar 'SMILE to Empower Smallholder, Smallholder Inclusion for better Livelihood & Empowerment', Rabu (28/10/2020).

Merujuk data, lanjut Kelvin, 40 persen total produksi minyak kelapa sawit berasal dari petani kecil. Sehingga, SMILE hadir untuk memfasilitasi dan membuka akses petani kecil ke pada pasar yang lebih luas.

"Mereka (petani swadaya) mayoritas kurang pengetahuan dalam hal praktik manajemen dibanding petani plasma. Kemudian mereka juga terbatas akses ke finansial dan bahan tanam yang berkualitas. Untuk itu, kami mencoba merangkul dengan meningkatkan pengetahuan dan skill mereka agar bisa menghasilkan produksi lebih baik dan menyejahterakannya," ujarnya.

Tingkatkan Kesejahteraan

Dalam pelaksanaannya, SMILE mengedukasi petani swadaya dan memberikan sertifikasi RSPO pada mereka. Dari sertifikasi tersebut, petani berhak menerima premi minyak sawit rata-rata 5 persen lebih tinggi dibandingkan minyak sawit yang tidak bersertifikat.

Chief Operating Officer (COO) Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) Bakhtiar Talhah mengatakan petani swadaya yang bersertifikat bisa mendapat manfaat dan hal konkret untuk memperbaiki kebunnya sekaligus meningkatkan kesejahteraan mereka.

"Bertambahnya pemasukan bagi petani swadaya memang penting untuk jaminan kelayakan hidup mereka, tapi di samping itu RSPO juga memastikan mereka juga mendapat manfaat lain, yakni mendapat akses ke makanan segar, bisa berpartisipasi dalam organisasi petani sehingga mereka bisa dapat pelatihan, serta jaminan kesehatan dan keamanan," ujarnya.(*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiSepekan ke Depan, Harga TBS Kelapa Sawit di Riau Naik Jadi Rp2.115,19/Kg
Tiga varietas kelapa sawit teranyar dari PT Astra Agro Lestari.Punya Potensi Produksi Tinggi, Tiga Varietas Kelapa Sawit Ini Disetujui Dilepas
IlustrasiSepekan ke Depan, Harga Sawit di Riau Turun Jadi Rp2.092,40/Kg
  Managing Director of Asian Agri, Kelvin TioProgram SMILE Fasilitasi dan Buka Akses Petani Kecil ke Pasar yang Lebih Luas
IlustrasiSawit dan Hilirisasi Takkan Berhenti Walau Pandemi
Ilustrasi webinarBesok, KAO, Apical dan Asian Agri Luncurkan Program SMILE Secara Virtual

 
Berita Lainnya :
  • Kepedulian di Tengah Pandemi Covid-19
  • Pegadaian Pangkalankerinci dan Komunitas Milenial Bantu 5000 Masker ke Diskes Pelalawan
  • Gebyar Akhir Tahun Beli Cepat, Beli Hemat. Yuk Kunjungi Pameran Honda di Ska
  • Pjs Bupati Siak Indra Agus Lukman Ajak Masyarakat Tolak Politik Uang di Pilkada
  • Jenis Kelamin Laki-laki Paling Banyak Terpapar Covid-19 di Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
    Potret Lensa
    Program SMILE Bantu Tingkatkan Produktivitas Petani Sawit
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved