www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Ramalan Zodiak Hari Ini: Capricorn, Aquarius, Pisces
 
Sepekan ke Depan, Harga TBS Riau Setiap Kelompok Umur Alami Kenaikan
Rabu, 16 September 2020 - 14:18:01 WIB
TBS Kelapa Sawit.
TBS Kelapa Sawit.

PEKANBARU - Untuk sepekan ke depan, harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Provinsi Riau mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Defris Hatmaja, Rabu (16/9/2020).

"Harga TBS kelapa sawit penetapan periode 16 – 22 September 2020 mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur kelapa sawit," sebutnya.

Kenaikan terbesar terjadi pada kelompok sawit umur 10 - 20 tahun sebesar Rp2,16 per kilogram atau mencapai 0,11 persen dari harga minggu lalu. Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu ke depan naik menjadi Rp2,048,64 perkilogram, ungkapnya.

"Dan kenaikan dari harga TBS ini sendiri disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal, yakni karena harga minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) melesat cukup tinggi pada perdagangan awal pekan, Senin 14 September 2020. Dan sentimen seputar penurunan output bulan September jadi pemicu kenaikan harga," terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, harga CPO untuk kontrak pengiriman November di Bursa Malaysia Derivatif Exchange naik 2,38 persen ke RM 2.878 per ton sekitar Rp1,03 juta per ton. Sejak awal September, harga CPO kokoh berada di atas RM 2.800/ton dan mulai mendekati RM 2.900/ton atau Rp 1,04 juta per ton.

Di samping itu, Bulan September-November merupakan musim puncak produksi CPO. Kenanga Research memproyeksikan produksi Malaysia di bulan September naik 4,7 persen dari bulan sebelumnya menjadi 1,95 juta ton.

"Dan institusi riset tersebut juga mengatakan ekspor bulan ini akan naik 3,1 persen dibanding bulan sebelumnya menjadi 1,63 juta ton jelang pertengahan musim gugur dan perayaan Deepavali," katanya.

Maka dari itu, secara keseluruhan, kami memperkirakan total pasokan 2,0 juta ton melebihi total permintaan 1,95 juta ton, yang mengarah ke stok akhir yang lebih tinggi sebesar 1,74 juta ton atau 2,6 persen lebih tinggi secara month on month, tulis Kenanga Research dalam sebuah laporannya.

"Selain itu, sentimen positif lain yang juga mengerek harga CPO kali ini adalah penguatan harga minyak nabati lainnya. Untuk kontrak minyak kedelai dan sawit di Bursa Komoditas Dalian naik masing-masing 2,8 persen sampai 2,91 persen," tuturnya.

Penulis: Rivo Wijaya
Editor: Yusni Fatimah



BERITA LAINNYA    
ZodiakRamalan Zodiak Hari Ini: Capricorn, Aquarius, Pisces
intChelsea Vs Leicester: The Blues Menang 2-1 dan Rebut Posisi Tiga
Pintu masuk menuju objek wisata di Rohul ditutup petugas mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.Kapolres Perintahkan Petugas Perketat Pengawasan Warga Masuk ke Rohul
  Mbak YouMbak You Ramal Bencana Tsunami Akan Luluh Lantakkan Indonesia, Warga Daerah Pesisir Diminta Waspada
Israel gempur Kota Gaza.Indonesia Sumbang Rp7 Miliar Bantu Palestina
Personel Satgas Polres Rohil melakukan penyuluhan terkait pencegahan covid-19 dan membagikan masker kepada masyarakat.Satgas Pencegahan Covid-19 Polres Rohil Gelar Penyuluhan dan Bagikan Masker ke Warga
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Gubri dan Relawan Peduli Covid-19 Tinjau Kesiapan Vaksinasi
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved