www.halloriau.com
HalloSawit
BREAKING NEWS :
Usir Penyebaran COVID 19, Seribuan Warga Sialang Jaya dan RTB Gelar Pawai "Ratik Tulak Baluw"
 
Curah Hujan Disinyalir Jadi Penyebab Penurunan Produksi CPO
Selasa, 24/12/2019 - 07:22:27 WIB
TBS Sawit
TBS Sawit

JAKARTA – Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) melaporkan adanya penurunan produksi minyak sawit mentah (CPO) selama Oktober dibandingkan dengan produksi September. Curah hujan yang masih di bawah normal disinyalir menjadi penyebab penurunan ini.

Berdasarkan data yang dirilis, produksi selama Oktober berada di angka 4,219 juta ton, turun sekitar 373.000 ton atau 8,17% dibandingkan produksi September yang berada di angka 4,592 juta ton.

Kendati terjadi penurunan secara bulanan, Gapki mencatat adanya pertumbuhan produksi secara akumulatif pada Januari–Oktober 2019 sebesar 11% dibandingkan periode yang sama pada 2018. Produksi pada Januari–Oktober 2019 tercatat berjumlah 44,05 juta ton, sementara volume produksi pada Januari–Oktober 2018 adalah 39,6 juta ton.

"Produksi Januari sampi Mei 2019 masih 19% lebih tinggi dibandingkan produksi Januari sampai Mei 2018 dan terus turun hingga mencapai 11% untuk periode Januari sampai Oktober. Perubahan tersebut mengindikasikan adanya pengaruh iklim terhadap produktivitas tanaman," ujar Direktur Eksekutif Gapki Mukti Sardjono dalam keterangan tertulis, Senin (23/12/2019).

Menyitir laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG), curah hujan di sebagian besar wilayah perkebunan sawit diperkirakan bakal normal pada 2019/2020.

Kendati demikian, normalitas tersebut diperkirakan tak berlaku untuk sebagia kecil wilayah di Sumatera Utara bagian selatan dan Riau bagian Utara, Jambi bagian Timur dan sedikit di Kalimantan Timur. Namun, kekeringan pada 2019 berpotensi mempengaruhi produksi pada 2020.

"Upaya pemulihan kebun pada akhir 2019 atau awal 2020 merupakan waktu yang tepat karena menurut BMKG curah hujan 2019/2020 akan normal. Meskipun demikian, kegiatan pemulihan ini akan memerlukan waktu," sambung Mukti dikutip bisniscom.

Upaya pemulihan ini pun didukung dengan harga CPO yang terpantau meningkat pada Oktober yang mulanya berada di nilai US$520/ton pada awal bulan menjadi US$660/ton cif Rotterdam pada akhir Oktober 2019.

Kenaikan harga minyak sawit ini disebut Mukti sangat melegakan pengusaha dan pekebun setelah beberapa tahun menderita karena harga yang rendah.

"Harga yang baik ini memberikan kesempatan kepada pengusaha dan pekebun untuk memulihkan kondisi kebun dan pabrik agar kembali berproduksi normal," ungkapnya. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiMinyak Dunia Anjlok, Harga CPO Ikut Turun
IlustrasiPeriode 4-10 Maret; Harga TBS Sawit Riau Kembali Turun
IlustrasiBerkat Sawit, Kini Saya Punya Tujuan Hidup
  IlustrasiHarga TBS Sawit di Riau Sepekan ke Depan Kembali Turun Jadi Rp1.639,67/Kg
IlustrasiOptimalkan Replanting di Riau, Pemerintah Pusat Minta Petani Sawit Lebih Mandiri
Regional Controller Kebun Rama Bakti PT Buana Wiralestari Mas, Ruslan Hasibuan (berdiri memegang microphone) memberikan sambutan dan apresiasi kepada para petani program Peremajaan Sawit Rakyat atas kerja sama yang terjalin dengan perusahaan.Koperasi Berkat Ridho Bersama Sinar Mas Agribusiness and Food Lakukan Peremajaan Kebun Sawit

 
Berita Lainnya :
  • Usir Penyebaran COVID 19, Seribuan Warga Sialang Jaya dan RTB Gelar Pawai "Ratik Tulak Baluw"
  • Selain APD, Legislatif Pekanbaru Minta Pemerintah Perhatikan Gizi Tenaga Medis
  • Ini Catatan Legislatif yang Harus Dilakuka Pemko Pekanbaru Jika Terapkan Lockdown
  • Lagi, 64 TKI Dipulangkan dari Malaysia Melalui Dumai
  • Teknologi Hybrid, Dispenser Masa Kini untuk Tangkal Penyakit
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved