www.halloriau.com
HalloSawit
BREAKING NEWS :
Amankan 5 Kg Sabu dan 8 Ribu Ekstasi, Polresta Pekanbaru Bekuk Pengedar Narkoba Bersenjata Api
 
Tingkatkan Produktivitas dan Kinerja Bisnis, PTPN V Bangun Perkebunan dan Pabrik Sawit di Pelalawan
Selasa, 10 Desember 2019 - 19:52:44 WIB
Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara V Jatmiko Krisna Santosa. Foto: Antara
Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara V Jatmiko Krisna Santosa. Foto: Antara

PEKANBARU - PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V) akan membangun perkebunan sawit dan pabrik baru di kawasan industri terpadu berbasis ekonomi dan pendidikan serta sosial budaya, Teknopolitan, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

"Untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja bisnis PTPN V, kami mengimplementasikan program ‘Nusalima 4.0’ pada seluruh aspek produksi dan operasional," kata Direktur Utama PTPN V Jatmiko K Santosa dalam keterangan tertulis diterima Antara di Pekanbaru, Selasa (10/12/2019).

Teknopolitan adalah konsepsi kawasan berdimensi pembangunan ekonomi, sosial dan budaya yang dilakukan oleh sentra kegiatan iptek, kegiatan produktif, dan gerakan masyarakat dengan mempercepat perkembangan inovasi, difusi dan pembelajaran di antara para pelaku.

Pengembangan kawasan itu dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan yang bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Kepastian pembangunan kawasan perkebunan sawit dan pabrik baru itu setelah adanya penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dengan Pemerintah Kabupaten Pelalawan pada Selasa hari ini.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh Direktur Utama PTPN V Jatmiko K. Santosa dengan Bupati Pelalawan H.M. Harris, disaksikan Kepala BPPT Hammam Riza, di Puspiptek, Serpong.

Melalui kerja sama tersebut, Pemkab Pelalawan akan memfasilitasi pengadaan lahan untuk kebun inti, seluas dua ribu hektar, lahan untuk kebun plasma, dan pabrik kelapa sawit berkapasitas 30 ton/jam.

Selanjutnya, pembangunan dan pengelolaan kebun, pemberdayaan petani swadaya di kebun plasma, serta operasional pabrik kelapa sawit, akan dilakukan oleh PTPN V.

Menurut Direktur Utama PTPN V Jatmiko K Santosa, pihaknya akan mendirikan perusahaan patungan dengan Pemkab Pelalawan untuk mengelola kebun dan pabrik kelapa sawit tersebut.

Operasional kebun dan produksi di pabrik akan menggunakan teknologi modern yang ramah lingkungan dan dapat meningkatkan nilai tambah dari produk kelapa sawit.

"Dengan program tersebut, seluruh aspek proses produksi, mulai dari pengelolaan kebun, aktivitas di pabrik, hingga pemanfaatan limbah dan gas metan, dapat dioptimalkan dan menjadi sumber pendapatan tambahan bagi PTPN V," ujar Jatmiko.

Ia memastikan sebagai komitmen perseroan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kebun, maka pengelolaan kebun inti akan menggunakan tenaga SDM lokal.

Begitu pula pengembangan kebun plasma di Kabupaten Pelalawan, dilaksanakan melalui pemberdayaan petani swadaya, sekaligus mendukung Program BUMN Sawit Untuk Rakyat dengan potensi lahan seluas ±18.000 Ha.

Terkait sumber pendanaan pembangunan Plasma, kedua pihak menyepakati berasal dari dua sumber. Yakni, perbankan dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

"Kami berkomitmen kuat untuk segera mewujudkan kerjasama ini. Untuk itu, kami akan membentuk Tim Percepatan Pelaksanaan Kerja Sama, yang personelnya berasal dari kedua belah pihak," tutur pria yang gemar olahraga maraton tersebut.

Rencana pembangunan kebun dan pabrik kelapa sawit mendapat dukungan kuat dari Bupati Pelalawan H. M. Harris. Harris optimistis, kerja sama tersebut dapat meningkatkan daya saing daerah dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pelalawan.

“Kami berharap Kesepakatan Bersama ini merupakan langkah awal dari tujuan untuk meningkatkan daya saing daerah dan mensejahterakan masyarakat Pelalawan. Untuk itu, kami mendukung pembangunan kebun dan pabrik kelapa sawit di kawasan Teknopolitan Pelalawan," ujar Harris. (*)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
PT EDI dan SAI anak perusahaan Astra Group, terus berkontribusi ikut membangun Kabupaten Rohul dengan programnya di berbagai sektor. PT EDI dan SAI Terus Berkontribusi Ikut Bangun Kabupaten Rohul
IlustrasiHarga TBS Kelapa Sawit di Riau Turun Jadi Rp1.401,53/Kg
IlustrasiBerkat Sawit, Kini Saya Punya Tujuan Hidup
  IlustrasiHarga Sawit di Riau Naik Dipicu Kenaikan Harga Minyak Mentah Dunia
IlustrasiHarga TBS Kelapa Sawit di Riau Pekan Ini Turun Jadi Rp1.660,62/Kg
TBS SawitAkibat Corona, PTPN V Bakal Fokus Produksi CPO Kelas Premium

 
Berita Lainnya :
  • Amankan 5 Kg Sabu dan 8 Ribu Ekstasi, Polresta Pekanbaru Bekuk Pengedar Narkoba Bersenjata Api
  • Serahkan Piagam, Masyarakat Apresiasi Pejuang Pemadam Karhutla Riau
  • Triwulan Pertama 2020, PMA Riau Capai Rp5 Triliun, Naik Dibanding Tahun Lalu
  • Golkar Akan Serahkan SK untuk 4 Pasangan di Pilkada Riau Besok
  • Pedagang Pasar Baru Ujung Batu Uji Swab Massal, Hasil Tracing Pasien Positif Covid-19 Rohul
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved