www.halloriau.com
HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Bupati Sukiman Nyatakan Budaya Melayu Harus Dilestarikan dan Tetap Hidup di Masyarakat
 
RGE Journalism Workshop 2017
Jurnalisme Multimedia: Pentingnya Visualisasi Data dan Peran Besar Sosial Media
Rabu, 06 Desember 2017 - 14:15:32 WIB
Peserta Workshop presentasikan hasil kerja kelompok yang ditugaskan Kevin Anderson dalam RGE Journalism Workshop di hari kedua, Rabu (6/12/2017)
Peserta Workshop presentasikan hasil kerja kelompok yang ditugaskan Kevin Anderson dalam RGE Journalism Workshop di hari kedua, Rabu (6/12/2017)

SINGAPURA - Tema tak kalah menarik didapat para peserta RGE Journalism Workshop di hari kedua, Rabu (6/12/2017) yang disampaikan oleh Kevin Anderson, pakar dan analis media yang telah melanglang buana. Peserta workshop pada hari sebelumnya, Selasa (5/12/2017) diberi materi terkait perkembangan media dunia saat ini.

Kevin membahas tentang jurnalisme multimedia yang tak lepas dari peran sosial media dan keterikatannya dengan pembaca abad ini. Elemen penyajian data juga jadi topik penting yang tak bisa diabaikan bila tak ingin tertinggal dari tren media digital global.

"Elemen kunci jurnalisme sosial media adalah menyebarkan konten yang akan jauh lebih baik bila disertai video dan foto menarik, membangun jaringan, dan menemukan cerita yang tepat untuk diangkat," jelas Kevin yang merupakan mantan wartawan BBC dan The Guardian ini. 

Membangun keterikatan dengan pembaca diperlukan guna menjawab pertanyaan mereka dan sekaligus mengasah sisi jurnalisme itu sendiri. 

"Menyajikan konten, mengandung data berupa video dan gambar yang tervisualisasi dengan baik dan dalam animasi akan jauh lebih menarik minat pembaca," tambahnya.

Namun di era yang serba Sosial Media based, tak jarang konten yang tersebar menyajikan data palsu. Baik berupa video ataupun gambar.

Agar tak terjebak hal ini, Kevin memberi tips memverifikasi foto dan video yang tersebar di Sosial Media.

"Untuk tahu foto tersebut asli atau tidak, bisa dicek pada website seperti TinEye atau Google Images. Cari tahu siapa, kapan, dimana, dan kenapa foto tersebut diambil," jelas Kevin.

Sedang untuk tahu akun Sosial Media yang menyebarkan konten tersebut asli atau palsu, bisa ditelusuri dengan melihat posting history-nya, umur akun, biodata akun, adanya akun lain di platform berbeda, dan bisa juga dengan berupaya menghubungi pemilik akun.

Selain itu, lepas dari visualisasi data yang menarik, ditegaskan Kevin berita yang meng-cover sisi humanis juga jadi faktor penting agar pembaca bisa merasa keterikatan yang lebih baik lagi.  

Para peserta RGE Journalism Workshop kelima ini juga dilibatkan dalam diskusi kelompok. Semua sangat bersemangat saat ditugaskan mendesain skema konten media yang meng-cover pembaca sekaligus merancang kesempatan meraup keuntungan dari konten yang dibuat. Juga tak luput bagaimana melibatkan sosial media dalam prosesnya. 

Seluruh hasil diskusi ini diharapkan bisa jadi bekal bagi 22 peserta yang berasal dari 4 provinsi berbeda di Indonesia, saat mereka kembali ke daerah masing-masing.

Pada hari ketiga besok, Kamis (7/12/2017), peserta akan diajak berkunjung ke Media Corp Campus & Newsroom dan selanjutnya menikmati pesona Gardens by the Bay Flower Dome, Cloud Forest and Winter Wonderland.

Penulis: Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Workshop Kewirausahaan Sektor Kelautan dan Perikanan dengan tema ‘Mencetak Generasi Milenial Unggul’.Kementerian Kelautan dan Perikanan Cetak Generasi Milenial Unggul
Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo meninjau kesiapan fire fighter RAPP dalam Apel Siaga Karhutla.Ikut Apel Siaga Pencegahan Karhutla, PT RAPP Tingkatkan Patroli dan Pencegahan
GM Conference 2018Corporate dan GM Workshop PT DHM 2018
    Deputy Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sumbagteng Jambi, Siswandi SE MM memberikan penghargaan kepada HR Manager RAPP Elwan Jumandri, atas dukungan dan gotong royong terhadap program JKN-KIS.Komitmen Dukung Program JKN-KIS, RAPP Raih Penghargaan dari BPJS Kesehatan
Tim Forest Ranger patroli dan mencatat aktifitas masyarakat yang memasuki areal hutan RER guna menjaga keamanan, dari perambahan hutan dan penangkapan ikan dengan cara penyentruman.Restorasi Ekosistem Riau Sukses Jaga Habitat Satwa Dilindungi
Stand RAPP pada Ritech Expo 2018 di Pekanbaru, Riau pada 9 sampai 12 Agustus 2018.Rektor IPB dan UGM Takjub Teknologi yang Digunakan RAPP

 
Berita Lainnya :
  • Bupati Sukiman Nyatakan Budaya Melayu Harus Dilestarikan dan Tetap Hidup di Masyarakat
  • Diterapkan Akhir Pekan Ini, Pemko Pekanbaru Sosialisasikan Sanski Wajib Gunakan Masker
  • 95 Paket Bantuan Spesifik Diserahkan pada Perempuan, Anak dan Lansia di Kabupaten Siak
  • OPPO Luncurkan Reno4 Hari Ini, Selamat Datang Era Baru Mobile Photography
  • JFX Cabut SPAB PT Artha Mas Futures
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    Potret Lensa
    AFFCO Riau Lepas Finalis KBANNOVATION 2109
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved