www.halloriau.com
HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Akibat Abrasi, 4 Pulau di Riau Terancam Tenggelam
 
Marak Hujatan di Medsos, Ganjar Usulkan Polisi Komunikasi
Minggu, 11 Oktober 2015 - 21:45:33 WIB

SOLO - Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai keberadaan Dewan Pers dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) belum cukup untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan penggunaan media elektronik, online dan media sosial (Medsos) yang akhir-akhir ini begitu marak.

Menurut Ganjar, belakangan ini semakin marak muncul hujatan-hujatan di media sosial yang seakan-akan berdalih memberikan saran dan kritikan terhadap pihak yang mereka anggap perlu dikritik.

Namun yang terjadi, bukannya kritikan dan saran yang diberikan. Melainkan banyak hujatan yang merebak di media sosial. Terbukti, belakangan ini banyak muncul akun anonim di media sosial.

Sehingga, politikus PDI Perjuangan itu menilai diperlukan adanya polisi komunikasi yang bisa meluruskan elemen komunikator agar bisa menghasilkan hal yang posistif.

"Sekarang orang ngomong seenaknya. Apalagi kalau kita masuk dalam dunia virtual, profesi apapun kalau sudah masuk dunia media sosial, maka mereka merasa menang sendiri, mengumpat, padahal itu arena publik. Dan itu tidak bercanda, bahkan dia sendiri tidak punya etika," ujar Ganjar disela-sela acara jalan santai pembukaan Hari Komunikasi Nasional, di Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/10/2015).

Ganjar menambahkan polisi komunikasi disini bukan berarti harus membentuk suatu badan atau lembaga seperti halnya Dewan Pers atau KPI. Sebab, ungkap Ganjar, polisi komunikasi itu berasal dari pengguna teknologi itu sendiri.

Sehingga, bila ada pengguna media sosial atau elektronik dan online yang kebablasan, bisa di ingatkan secara langsung. "Misal, saya ada salah berkata di Media Sosial diingatkan. Terus kemudian publik ada salah yang lainnya mengingatkan. Sehingga pada akhirnya akan muncul etik komunikasi bisa ditegakan," paparnya.

Sehingga di Hari Komunikasi Nasional ini, Ganjar mengharapkan akan lahir adanya alat kontrol. "Saya pernah melihat salah satu televisi. Dari empat berita pertama yang saya tungguin itu seluruhnya menampilkan tayangan, pembunuhan, pemerkosaan, pencurian dan pengerusakan. Tidak ada satupun berita positif yang muncul. Kalau kemudian ada polisi-polisi komunikasi, maka seluruh elemen akan memberikan hal positif. Masak satu negara tidak ada berita positifnya," ungkap Ganjar.

Sementara itu, puncak Hari Komunikasi Nasional digelar di Kota Solo. Semula, Menteri Perhubungan Ignatius Jonan akan hadir, namun Jonan berhalangan hadir. Dalam puncak Hari Komunikasi Nasional ini, sejumlah pakar-pakar komunikasi akan hadir. Termasuk CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo pun dijadwalkan akan menghadiri puncak Hari Komunikasi Nasional. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
AMSIResmi Jadi Konstituen Dewan Pers, AMSI Riau Siap Susun Sejumlah Program
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.Seorang Pasien Positif Corona di Solo Meninggal, Ganjar Minta Orang yang Berhubungan Lapor ke RS
Petugas kepolisian berjaga saat berlangsungnya aksi unjuk rasa di Jayapura. Foto: AntaraJayapura Gelap Mencekam Tak Ada Aliran Listrik dan Komunikasi, Warga Ronda Bergiliran
  Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.Pasien Positif Corona di Semarang Meninggal Dunia
IlustrasiKecepatan Internet Indonesia Berada 15 Terbawah, Lebih Buruk dari Negara Afrika
IlustrasiInternet Papua Diblokir, Ombudsman Panggil BIN dan TNI

 
Berita Lainnya :
  • Akibat Abrasi, 4 Pulau di Riau Terancam Tenggelam
  • SKK Migas dan KKKS Serahkan Paket Sembako ke PWI Riau
  • Gagasan Webinar Komunikasi Kesehatan: Kreativitas, Sesuaikan Aktor hingga Gunakan Pantun
  • Direktur PT DSI Ditetapkan Sebagai Tersangka Pembakar Lahan di Riau
  • Soal Petugas PPDP Reaktif Rapid Test, KPU Bengkalis Tunggu Hasil Swab
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    Potret Lensa
    AFFCO Riau Lepas Finalis KBANNOVATION 2109
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved