www.halloriau.com
HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Lurah Rimba Melintang Bentuk Posko Covid-19 di Setiap RT
 
Alamak! Daerah Ini Tertinggi Kasus Incest di Indonesia
Selasa, 31 Maret 2015 - 12:36:05 WIB

BENGKULU - Ketua Dewan Pembina Cahaya Perempuan Women's Crisis Center (WCC) Bengkulu, Zumratul Aini, mengatakan, kasus incest atau hubungan seksual sedarah yang dilakukan oleh pasangan yang memiliki ikatan keluarga di Provinsi Bengkulu, terus meningkat. Bahkan, Bengkulu menduduki peringkat pertama di Indonesia dalam kasus ini.

Selain itu, Bengkulu juga berada di rangking keenam tertinggi dalam pernikahan usia anak, serta peringkat kelima tertinggi gugatan cerai. Terkait hal tersebut, Cahaya Perempuan WCC dan komponen masyarakat sipil lainnya meminta Provinsi Bengkulu untuk tanggap darurat pelanggaran hak kesehatan seksual dan reproduksi.

"Kondisi darurat hubungan sedarah di Bengkulu ini menunjukkan adanya krisis sosio-ekonomi, budaya dan politik yang serius dalam sistem kehidupan masyarakat dan pemerintahan," kata Zumratul, Selasa (31/3/2015).

Jika hal tersebut tidak disikapi secara serius, tegas Zumratul, Provinsi Bengkulu akan kehilangan generasi muda yang berkualitas, serta tata sosial yang bermartabat. Karenanya, Cahaya Perempuan WCC dan komponen masyarakat sipil lainnya menuntut agar pemerintah provinsi Bengkulu melakukan langkah stategis mengatasi persoalan ini.

Langkah itu, jelas Zumratul, harus adanya komitmen melakukan penanganan, pemenuhan hak-hak perempuan, anak korban kekerasan, dan secara khusus kekerasan seksual. Selain itu, pemerintah daerah melalui instansi terkait sesegera mungkin membangun mekanisme dan tindakan aksi pencegahan serta penyadaran kepada masyarakat.

"Yang jelas, mesti ada kebijakan dan komitmen anggaran untuk perlindungan dan pemenuhan hak kesehatan seksual dan reproduksi, terutama untuk penghapusan kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak," ujar Zumratul.

Untuk diketahui, secara medis, pada keturunan yang merupakan hasil incest ditemukan adanya peningkatan resiko timbulnya penyakit keturunan. Hal ini disebabkan karena adanya kemungkinan bertemunya gen resesif (gen karier yang tidak dominan) pada keluarga tersebut. Gen resesif dapat muncul menjadi penyakit apabila bertemu dengan gen resesif yang sama, dimana hal ini besar kemungkinannnya terjadi pada hubungan seksual dengan keluarga karena gen mereka yang serupa.

Apabila hal ini diteruskan selama beberapa generasi, akibatnya dapat fatal bagi hasil keturunan yang baru, bahkan dapat meningkatkan resiko terjadinya infertilitas atau mandul.

Contoh paling jelas mungkin bisa dilihat pada kehidupan di pulau Tristan de Cunha. Di pulau terisolir yang masih masuk wilayah Inggris ini, kawin mawin antara saudara sedarah adalah biasa karena memang, selain lokasi pulau yang sangat terisolir dan sulit diakses orang di luar, juga adanya larangan keras bagi pendatang untuk tinggal di pulau itu.

Tak heran kalau di pulau yang berpenduduk 270 jiwa itu, banyak dijumpai kasus kelainan genetic, juga cacat pada bayi yang lahir. (*)





Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Dua pelaku pemerkosaan diamankan.Cerita Siswa SD Perkosa Siswi SMA Berkali-kali hingga Hamil
Hukuman Kebiri Kimia di Negara Lain Berdasarkan Keinginan si Pemerkosa
Tiga tersangka pembunuh Eno.Begini Keadaan Terakhir 3 Pelaku Pembunuh Eno Farihah
  Kolase penampakan oknum guru Turidi dan keluarga korban.Bejatnya Guru Ganteng Ini, Setubuhi Siswinya hingga 20 Kali di Sekolah
Eno ParihahSidang Pembunuhan Eno Parihah Mulai Digelar Besok
Ini Kisah Pilu Wanita Cantik Diperkosa dan Dibunuh hingga Dimasukkan Gagang Cangkul ke Kemaluannya

 
Berita Lainnya :
  • Lurah Rimba Melintang Bentuk Posko Covid-19 di Setiap RT
  • Jika Ditahan, Tersangka Ancam Bongkar Siapa Saja yang Makan Uang Hasil Korupsi Video Wall Pekanbaru
  • Wajib Pajak Kucing-kucingan, Pemkab Kepulauan Meranti Harus Rela Kehilangan Rp 300 Juta Lebih
  • Kota Dumai akan Uji Coba Belajar Tatap Muka, Sekolah Wajib Ajukan Proposal Protokol Kesehatan Covid-19
  • Sempat Ditahan, Kini Dua Tersangka Korupsi di Disdik Riau Malah Jadi Tahanan Kota
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    Potret Lensa
    AFFCO Riau Lepas Finalis KBANNOVATION 2109
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved