www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Polisi Amankan Kayu Bakau Ilegal Logging Milik Kepala Desa di Kepulauan Meranti
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Inilah 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia
Senin, 08 November 2021 - 11:33:36 WIB
ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA - Istilah 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia ditujukan kepada mereka yang memiliki kekuatan finansial untuk dapat mengatur hukum dan permainan politik di Indonesia.

Namun, julukan tersebut sebetulnya tidak menyebutkan siapa saja sembilan naga yang dimaksud atau merujuk pada pribadi tertentu.

Nama-nama 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia
Berdasarkan buku Ekonomi Koperasi oleh Abdurrahman Fuady seperti yang dilansir dari kumparan. , berikut ini adalah nama-nama 9 naga penguasa ekonomi Indonesia:

1. Sofjan Wanandi
Sofjan Wanandi merupakan pengusaha Indonesia dan pemilik bisnis Gemala Group yang saat ini dikenal dengan Santini Group. Sofjan diketahui memiliki kekayaan hingga 610 US$ atau setara Rp8,9 triliun. Kini, ia memimpin Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO).

2. Tahir
Dato Sri Tahir atau dikenal Tahir merupakan seorang pengusaha, investor, filantropis, sekaligus pendiri Mayapada Group di Indonesia. Salah satu anak perusahaannya adalah Bank Mayapada. Tahir diketahui memiliki kekayaan sebesar 4,5 miliar US$ atau sekitar Rp63 triliun.

3. Rusdi Kirana
Rusdi Kirana merupakan seorang pengusaha Indonesia dan juga pendiri Lion Air. Total kekayaan yang dimilikinya mencapai 800 juta US$ atau setara Rp11,6 triliun. Rusdi Kirana bersama kakaknya Kusnan Kirana tercatat sebagai orang kaya ke-37 di Indonesia.

4. Jacob Soetoyo
Direktur PT Gesit Sarana Perkasa ini mempunyai jaringan pengusaha dunia yang sangat kuat untuk melakukan lobi internasional. Jacob juga menjadi Dewan Pengawas Center of Strategic and International Studies (CSIS).

Ia pernah menjadikan rumahnya di Permata Hijau untuk pertemuan Jokowi dengan perwakilan asing di Jakarta. Delegasi tersebut meliputi Duta Besar Amerika Serikat Robert O’ Blacke, Dubes Myanmar, Dubes Meksiko, Dubes Turki, Dubes Norwegia, dan Dubes Vatikan.

5. James Riyadi
James Riyadi yang memiliki nama asli Li Bai adalah seorang misonaris Kristen fundamentalis. Ia merupakan wakil ketua Lippo Group, konglomerat besar di Indonesia. Total kekayaan James Riyadi sebesar 2,3 miliar US$ atau setara Rp33 triliun pada 2018.

6. Anthony Salim
Anthony Salim atau yang memiliki nama asli Liem Hong SIen merupakan seorang pengusaha Indonesia. Ia adalah putra dari pengusaha Sudono Salim.

Anthony Salim mempunya beberapa perusahaan, yaitu PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan PT Bogasari Flour Mills. Kekayaannya ditaksir mencapai 3 miliar US$ atau setara Rp27 triliun.

7. Tommy Winata
Tommy Winata yang dikenal dengan inisial TW adalah pengusaha Indonesia keturunan Tionghoa dan pemilik Grup Artha Graha atau Artha Graha Network. Total kekayaan yang dimiliki Tommy sebesar 900 juta US$ atau setara Rp12 triliun.

8. Edwin Soeryadjaya
Edwin Soeryadjaya memiliki nama asli Tjia Han Poen. Ia merupakan anak kedua dari penguasaha William Soeryadjaya. Ayahnya adalah pendiri Astra International. Edwin diketahui memiliki kekayaan senilai 660 juta US$ atau setara dengan Rp9 triliun.

9. Robert Budi Hartono
Robert Budi Hartono yang bernama asli Oei Hwi Tjhong merupakan anak kedua dari pendiri perusahan Djarum, yaitu Oei Wie Gwan.

Total kekayaan Robert pada 2019 yang dicatat Forbes mencapai 18,6 miliar US$ atau setara dengan Rp267 triliun. Kini ia diketahui sebagai orang terkaya nomor satu di Indonesia dan nomor 54 di dunia. *


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Polisi mengamankan ribuan batang kayu bakau ilegal logging yang diketahui milik kepala desa Kedabu RapatPolisi Amankan Kayu Bakau Ilegal Logging Milik Kepala Desa di Kepulauan Meranti
Syarat Jadi Calon Ketua KONI Riau Diubah, KONI Daerah Pertanyakan Keputusan Tim Penjaringan
Bupati Bengkalis Kasmarni menyerahkan bantuan Usaha ekonomi Produktif (UEP) kepada Kelompok Usaha Bersama (Kube) masyarakat miskin di Kecamatan Mandau.Bupati Bengkalis Serahkan Bantuan UEP kepada Kelompok Usaha di Mandau
Dermawan Karosekali dirawat di rumah sakit. Polisi yang Dikeroyok Massa Pemuda Pancasila Diselamatkan Pesepeda Motor
IlustrasiPekanbaru Kekurangan Ribuan Guru ASN
  Wakil Bupati Siak Husni MerzaWabup Siak Hadiri Festival Kabupaten Lestari di Gorontalo dan Bone Bolango
Turnamen PSTI Batam Cup yang diselenggarakan di GOR Raja Ja’far Sekupang, Kota Batam, oleh Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Kota Batam telah berakhir, Sabtu (27/11/2021) sore. Turnamen PSTI Batam Cup Selesai, Bank Riau Kepri Turut Berperan Aktif Mendukung Suksesnya Acara
Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi membuka secara resmi Musyawarah Daerah (Musda) III Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Inhu. Musda III BKMT Indragiri Hulu Resmi Dibuka oleh Bupati Rezita
Kebakaran di Bagansiapiapi hanguskan 25 rumah. Kebakaran di Bagansiapiapi Hanguskan 25 Unit Rumah dan 1 Mobil
Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja PurnamaStafsus Erick Thohir Ingatkan Ahok: Jangan Sampai Komut Merasa Dirut
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Kepala Balai PPW Riau Tepung Tawari Marulis Menuju MTQ Korpri Nasional
 
 
 
 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved