www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
TKA di Riau Beri Kontribusi Sumber PAD yang Signifikan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Gempa M 7,3! Warga Sumbar Sempat Panik Evakuasi Takut Tsunami
Selasa, 25 April 2023 - 06:00:32 WIB

PADANG - Mengetahui terjadi gempa M 7,3 dan adanya peringatan dini tsunami dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membuat masyarakat yang tinggal dekat dari pantai wilayah Sumatera Barat, panik pada pukul 03.00 WIB itu.

Seperti di daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai, melalui rekaman video amatir, warga terlihat berlarian melakukan evaluasi ke perbukitan.

Belum diketahui kondisi di Mentawai saat ini, apakah ada atau tidak dampak buruk akibat gempa tersebut, mengingat pusat gempa berada di Mentawai.

Di Kota Padang masyarakatnya juga berhamburan melakukan evakuasi menuju shalter dan juga menuju wilayah ketinggian atau zona aman tsunami. Jalan raya terpantau ramai menuju jalan Bypass.

"Warga yang mengungsi ini yang tinggal dekat dari pantai. Ada peringatan dini tsunami dari BMKG, makanya kami langsung evakuasi," kata Jejeng, Selasa (25/4/2023).

Berbeda di daerah Kabupaten Pesisir Selatan, kendati masyarakat banyak yang tinggal di dekat pantai, mereka memilih untuk melakukan evakuasi dari dalam rumah saat terjadi gempa tersebut.

"Kami yang tinggal di pantai, langsung melihat laut, apakah ada tanda-tanda terjadi tsunami atau tidak. Biasanya air laut agak surut sebelum terjadi tsunami," ujar Ikal, warga Sutera.

Dikatakannya yang terlihat pascagempa tersebut kondisi air laut ditepi pantai terpantau normal. Sehingga masyarakat memilih tetap tenang dan tidak melakukan evaluasi meninggalkan wilayah pantai.

"Alhamdulillah sampai sekarang kondisi kembali kondusif. Apalagi sebentar lagi mau subuh, masyarakat masih memantau kondisi pantai," sebutnya.

Begitupun warga di Kabupaten Padang Pariaman, Yuke mengatakan keluarganya memilih untuk melakukan evakuasi dini, mengingat tempat tinggal berada di dekat pantai.

"Kami tinggal di daerah belakang BIM [Bandara Internasional Minangkabau], kami langsung evakuasi menuju Lubuk Alung," ucap Yuke.

Kini pernyataan BMKG telah diganti dari Peringatan Dini Tsunami menjadi Tidak Berpotensi Tsunami, membuat masyarakat cukup lega dan tidak panik untuk melakukan evaluasi dini, seperti yang dilansir dari bisnis.

Namun terlihat masih ada masyarakat yang enggan untuk kembali ke rumah mereka masing-masing, karena masih khawatir terjadi gempa susulan.(*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Kepala Bapenda Riau, Eva Refita.(foto: mcr)TKA di Riau Beri Kontribusi Sumber PAD yang Signifikan
Enam Kepala OPD Pemprov Riau jalani uji kompetensi besok (foto/int)6 Kepala OPD Pemprov Riau Jalani Uji Kompetensi Besok, Rotasi Besar-besaran Menanti
Pembangunan Flyover Panam Pekanbaru masih tahap pembebasan lahan (foto/tribunpku)Butuh Rp57 M Lagi, Pemprov Riau Kebut Lunaskan Ganti Rugi Lahan Flyover Simpang Panam
Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso (foto/int)Travel Gelap Merajalela, Dishub Pekanbaru Minta Pengusaha Segera Lengkapi Izin Operasional
Ekspos kasus pembunuhan pacar di Rokan Hilir (foto/detik)Terbongkar, Pemuda di Rohil Perkosa Pacar Sebelum Dibunuh
  Ketua ASN PPPK 2022 Riau, Eko Wibowo mendesak kepastian jadwal seleksi (foto/ist)Honorer di Riau Risau, Minta Kepastian Jadwal Seleksi PPPK 2024
Petugas Bapenda Kepulauan Meranti saat melakukan pengecekan di salah satu penangkar sarang waletBapenda Kepulauan Meranti Klaim Realisasi PAD Capai Target, OPD Penghasil Retribusi Diharapkan Bersinergi
Ilustrasi Dinkes Pekanbaru launching PIN Polio besok (foto/int)Besok Dinkes Pekanbaru Gelar PIN Polio Serentak, Ini Lokasinya
Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Muhammad Sabarudi (foto/int)Ketua DPRD Pekanbaru Soroti Penemuan Narkoba di Razia THM
Wako Paisal dan Kapolres AKBP Dhovan Oktavianton beri kejutan ke Kajari Dumai (foto/bambang)Momen Keakraban, Walikota dan Kapolres Beri Kejutan ke Kajari Dumai
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved