www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Arus Balik Lebaran, Antrean Panjang di Pelabuhan Dumai-Pulau Rupat
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Sudah Terendus Sejak Januari, Ini Jejak Corona B117 di 5 Provinsi
Selasa, 09 Maret 2021 - 09:06:41 WIB

JAKARTA - Empat kasus tambahan infeksi varian baru Corona B117 kembali ditemukan di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada konferensi pers, Senin (8/3/2021).

Disebutkan oleh Menkes Budi, empat kasus baru ini ditemukan setelah Kemenkes melakukan pemeriksaan genome sequencing dan tidak terkait dengan dua kasus sebelumnya yang dilaporkan di Karawang, Jawa Barat.

Berikut rincian jejak varian Corona B117 di lima wilayah RI dikutip dari detik:

1. Karawang, Jawa Barat
Dua kasus pertama varian Corona B117 di Indonesia dilaporkan ditemukan di Karawang, Jawa Barat bertepatan dengan satu tahun pandemi COVID-19 di Indonesia. Menurut laporan, kedua kasus tersebut ditemukan pada dua TKW yang baru saja tiba dari Arab Saudi.

Kedua orang berinisial M (40) dan A (45) ini dilaporkan tiba di Indonesia dari Arab Saudi pada waktu yang berbeda, yaitu pada 28 dan 31 Januari. M yang tiba terlebih dahulu dinyatakan positif COVID-19 bersama tujuh dari 49 penumpang lainnya dalam penerbangan menggunakan Qatar Airways.

M dinyatakan positif varian Corona B117 usai dilakukan pemeriksaan hasil tes di Litbangkes. Sementara itu, A yang datang pada 31 Januari dinyatakan positif COVID-19 bersama empat dari 33 penumpang lainnya dalam penerbangan menggunakan pesawat Garuda, di mana A dinyatakan positif varian Corona B117.

Saat ini, keduanya telah dinyatakan negatif dari strain baru asal Inggris tersebut usai menjalani isolasi di DKI Jakarta. Sebelumnya, kedua orang yang terinfeksi varian B117 itu hanya mengalami gejala berupa batuk dan demam.

2. Palembang, Sumatera Selatan
Satu dari empat kasus baru Corona B117 yang diumumkan oleh Menkes Budi berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Disebutkan, kasus tersebut ditemukan di Palembang pada 11 Januari lalu.

3. Kalimantan Selatan
Di Kalimantan Selatan, ditemukan satu orang yang dinyatakan terinfeksi varian Corona B117 pada 6 Januari 2021. Hal ini turut diungkap oleh Menkes Budi dalam konferensi pers Senin (8/3/2021).

4. Balikpapan, Kalimantan Timur
Ditemukan pada 12 Februari, kasus terinfeksi varian Corona B117 ditemukan di Balikpapan, Kalimantan Timur setelah hasil tes genome sequencing menyatakan positif.

5. Medan, Sumatera Utara
Wilayah lainnya yang juga terdapat laporan kasus varian Corona B117 adalah Medan, Sumatera Utara, yakni pada 28 Januari. Sama dengan ketiga orang yang ditemukan di Palembang, Kalsel, dan Balikpapan, saat ini keempat orang tersebut diketahui telah dinyatakan sembuh dari varian tersebut.

Menkes Budi juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan contact tracing kepada keempat kasus baru tersebut untuk kemudian dilakukan genom sequencing. (*)

 

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Antrean kendaraan di Pelabuhan Dumai-Rupat.(foto: mcr)Arus Balik Lebaran, Antrean Panjang di Pelabuhan Dumai-Pulau Rupat
Tol Trans Sumatera.(foto: int)Rekor Arus Balik Lebaran, Volume Kendaraan di Tol Trans Sumatera Meningkat Tajam
Suasana di salah satu mal di Pekanbaru ramai pengunjung.(foto: dini/halloriau.com)Mall Jadi Pilihan Masyarakat Kota Pekanbaru Habiskan Waktu Libur Lebaran
Suasana saat momen lebaran di Lapas Kelas II A Pekanbaru.(foto: sri/halloriau.com)Suasana Haru dan Bahagia Selimuti Kunjungan Idulfitri di Lapas Pekanbaru
Peningkatan volume lalu lintas di tol ruas Provinsi Riau (foto/ist)33 Ribu Lebih Kendaraan Lintasi 3 Ruas Tol di Riau Saat Libur Lebaran
  Tips jaga kesehatan saat mudik.(ilustrasi/int)Simak Tips ini untuk Tetap Bugar saat Mudik dan Balik Lebaran 2024
Tradisi ziarah di Kabupaten Kampar.(foto: int)Menyelami Kekayaan Budaya yang Menawan di Kampar
Karhutla Riau.(ilustrasi/int)BPBD Riau Klaim Nihil Karhutla Selama Libur Lebaran
Harga cabai merah bukit di Pasar Belantik Siak naik (foto/Meri)Pasca Lebaran Harga Cabai Tembus Rp90 Ribu/Kg dan Ayam Rp35 Ribu/Kg di Siak
Iluatrasi nelayan tewas tersambar petir di laut Karimun, Kepri (foto/int)Pergi Menjaring Udang, Nelayan Tewas Tersambar Petir di Perairan Karimun Kepri
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved