www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Semalaman Diguyur Hujan, Pagi ini Hotspot di Riau Nihil
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Soal Pemerintah Akan Hapus Listrik 450 VA, Presiden Jokowi: Tidak Ada, Gak Pernah
Selasa, 20 September 2022 - 12:44:15 WIB
Presiden Jokowi saat di pintu gerbang Gabus, Cibitung, Bekasi (foto/int)
Presiden Jokowi saat di pintu gerbang Gabus, Cibitung, Bekasi (foto/int)

BEKASI- Sempat heboh wacana pemerintah akan mengubah 450 VA ke 900 VA. Info ini langsung menuai kontroversi dan banyak penolakan, sebab dianggap memberatkan masyarakat miskin.

Dilansir dari antaranews.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tegaskan pemerintah tidak menghapus golongan pelanggan listrik dengan daya 450 VA itu. "Tidak ada, tidak ada penghapusan untuk 450 (VA), tidak ada juga perubahan dari 450 VA ke 900 VA, tidak ada, gak pernah, gak pernah bicara seperti itu," sebut Presiden Jokowi saat di pintu gerbang Gabus, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/9/2022).

Seperti ramai diberitakan sebelumnnya, wacana listrik 450 VA dihapus bermula usulan Ketua Badan Anggaran (Bangar) DPR Said Abdullah. Said jelaskan bahwa permasalahan listrik bukan soal subsidi atau salah sasaran, namun kelebihan suplai yang memberatkan keuangan negara yaitu sekitar 41 gigawatt (GW) pada 2030 seiring dengan penerapan energi baru terbarukan (EBT).

Maka untuk menyelaraskan antara suplai listrik dan permintaan listrik, Said sarankan untuk adanya penghapusan dan peningkatan golongan listrik dengan menaikkan daya listrik orang-orang miskin dari 450 VA menjadi 900 VA. "Tidak ada, saya sampaikan tidak ada, subsidinya untuk 450 VA tetap, tidak ada penghapusan 450 VA, tidak ada perubahan dari 450 VA ke 900 VA, tidak ada jangan sampai yang di bawah resah karena soal itu," tegas Presiden.

Pihak PT PLN (Persero) juga memastikan tidak ada penghapusan golongan pelanggan dengan daya 450 VA. Pelanggan daya listrik itu juga tidak akan naik menjadi 900 VA serta tidak akan ada perubahan tarif dasar listrik.

Sebelumnya, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan bahwa selama ini, pemerintah dan PLN sebagai pelaksana mandat ketenagalistrikan tidak pernah melakukan pembicaraan ataupun diskusi mengenai perubahan daya listrik masyarakat.

"Keputusan Pemerintah sudah sangat jelas. Tidak ada perubahan daya dari 450 VA ke 900 VA dan PLN siap menjalankan keputusan tersebut," kata Darmawan

Darmawan menegaskan, PLN terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pemerintah untuk melindungi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan listrik.

PLN memastikan pelayanan kelistrikan di Tanah Air tetap andal dan optimal, sehingga perusahaan pelat merah itu berupaya menjaga produktivitas dan daya beli masyarakat dalam masa pemulihan ekonomi di tengah meningkatnya harga komoditas energi dunia. (*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi.(int)Semalaman Diguyur Hujan, Pagi ini Hotspot di Riau Nihil
Ruas jalan dalam Kota Pekanbaru rute TDSi 2022 ditutup sementara besok.(foto: bayu/halloriau.com)Besok City Race Pekanbaru, Mulai Jam 9 Rute Etape III TDSi 2022 Ditutup Sementara
Peserta TDSi Etape II melintas di Jalan Hangtuah Ujung Pekanbaru.(foto: mcr)Warga Tenayan Raya Antusias Sambut Peserta TDSi 2022 di Etape II
Pemain Timnas Argentina, Lionel Messi.(foto: int)Argentina Bakal Menang Meyakinkan Hadapi Australia Dini Hari Nanti
Peresmian gedung serbaguna Baitun An-Nur Ponpes Modern Nur Alif.(foto: andri/halloriau.com)5 Tahun berdiri, Ponpes Modern Nur Alif Lirik Resmikan Gedung Serbaguna Baitun An Nur
  Ilustrasi.(int)Cuaca Pekanbaru Hari ini Cerah, Pebalap Bakal Nyaman Gowes Etape III TDSi 2022
Ilustrasi.(int)CFD Pekanbaru Tetap Digelar Sampai Jam 9, Ini Rute TDSi 2022 Etape III
Gubernur Riau, Syamsuar.(foto: mcr)Hari Bhakti ke-77 PU, Gubri: Peresmian SPAM Durolis Tunggu Menteri PUPR
Telkomsel melakukan pengembangan dan perubahan layanan MyAds yang meliputi tampilan website, article page, offdeck display banner, report & insight campaign, dan diskon khusus komunitas.(foto: istimewa)Telkomsel MyAds Hadirkan Ragam Fitur Baru untuk Pengalaman Terbaik Beriklan Digital
ilustrasi.(int)Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Garut, Tak Berpotensi Tsunami
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
JNE Pekanbaru bersilaturahmi ke kantor Halloriau.com
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved