www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Gemini Harus Lebih Tenang, Pisces Tegas Jangan Mau Dimanfaatkan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Siap-siap! Minggu Depan Bakal Ada Demo Buruh Besar-besaran soal BBM
Rabu, 31 Agustus 2022 - 07:39:46 WIB
Ilustrasi: Mengenang galaknya PDIP tolak kenaikan BBM. (Foto: merdeka)
Ilustrasi: Mengenang galaknya PDIP tolak kenaikan BBM. (Foto: merdeka)

JAKARTA - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Partai Buruh mengumumkan akan melakukan demo besar-besaran untuk menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Rencananya aksi akan dilakukan pekan depan tepatnya pada 6 September 2022.

Titik demo utama di Jakarta akan dilakukan di depan Gedung DPR RI. Sementara daerah lainnya, ribuan buruh akan mengadakan aksi di depan kantor gubernur masing-masing daerah.

"Aksi ini akan diikuti puluhan ribu buruh, untuk di DPR masa aksi berjumlah hampir 5.000 buruh, massa aksi di daerah 33 provinsi lainnya pada tanggal 6 September di kantor gubernur-gubernur daerah masing-masing," ujarnya dalam konferensi pers, Selasa (30/8/2022).

Buruh dari provinsi lainnya yang akan melakukan unjuk rasa mulai dari Jawa Barat akan dipusatkan di Bandung, Jawa Tengah di Semarang, Yogyakarta, Jawa Timur di Surabaya, Sumatera Utara di Medan, Aceh, Batam, Jambi, Lampung, Sumatera Barat di Riau. Termasuk juga di kota kota di Banjarmasin, Samarinda, Jayapura, Manokwari hingga Gorontalo.

Rencana kenaikan harga BBM dikatakan Said akan berdampak pada penurunan daya beli buruh yang akan turun sebesar 50%. Di sisi lain saat ini pun daya beli memang telah menurun sebanyak 30%, seperti yang dilansir dari detik.

"Kalau sekarang daya beli turun 30%. Kenaikan harga BBM menurut data Partai Buruh dan Litbang KSPI daya beli akan turun sebanyak 50%. Dengan begitu pemulihan ekonomi nggak akan tercapai di kuartal 3 dan 4 yang diproyeksi 5,2%. Ini memeras dan berwatak kolonial tanda kutip, menggampangkan masalah," ujarnya.

Jika harga BBM naik, Said mengatakan, rasanya tak adil karena di satu sisi upah buruh sudah 3 tahun tidak ada kenaikan. Hal ini tentunya, menurutnya akan menurunkan daya beli masyarakat khususnya buruh.

"Kenaikan harga BBM yang direncanakan berkisar 30% khususnya BBM bersubsidi Pertalite menjadi Rp 10.000 per liter mengakibatkan daya beli buruh dan masyarakat kecil akan menurun drastis. Tiga tahun berturut-turut upah buruh tidak mengalami kenaikan," ucapnya.

Selain menurunkan daya beli buruh, ongkos transportasi juga akan membengkak bagi pekerja atau buruh, kemudian petani hingga nelayan yang menggunakan BBM subsidi. Bahkan biaya sewa rumah atau kontrakan diprediksi juga akan naik.

"Kalau BBM naik Rp 10.000 untuk Pertalite dan Solar naik 30% maka biaya transportasi naik 40%, kontrakan bisa naik Rp 50.000 sampai Rp 100.000. Itu memberatkan!" tegasnya.

Isu yang diangkat selain menolak kenaikan harga BBM adalah menuntut pemerintah agar menaikkan upah buruh tahun depan sebesar 10 sampai 13%. Kemudian, menolak pengesahan omnibus law UU Cipta Kerja.*

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi.(int)Gemini Harus Lebih Tenang, Pisces Tegas Jangan Mau Dimanfaatkan
Ilustrasi.(int)Cuaca Pekanbaru Hari ini Cerah, Pebalap Bakal Nyaman Gowes Etape III TDSi 2022
Ilustrasi.(int)CFD Pekanbaru Tetap Digelar Sampai Jam 9, Ini Rute TDSi 2022 Etape III
Gubernur Riau, Syamsuar.(foto: mcr)Hari Bhakti ke-77 PU, Gubri: Peresmian SPAM Durolis Tunggu Menteri PUPR
Telkomsel melakukan pengembangan dan perubahan layanan MyAds yang meliputi tampilan website, article page, offdeck display banner, report & insight campaign, dan diskon khusus komunitas.(foto: istimewa)Telkomsel MyAds Hadirkan Ragam Fitur Baru untuk Pengalaman Terbaik Beriklan Digital
  Ilustrasi.(int)Semalaman Diguyur Hujan, Pagi ini Hotspot di Riau Nihil
Ruas jalan dalam Kota Pekanbaru rute TDSi 2022 ditutup sementara besok.(foto: bayu/halloriau.com)Besok City Race Pekanbaru, Mulai Jam 9 Rute Etape III TDSi 2022 Ditutup Sementara
Peserta TDSi Etape II melintas di Jalan Hangtuah Ujung Pekanbaru.(foto: mcr)Warga Tenayan Raya Antusias Sambut Peserta TDSi 2022 di Etape II
Pemain Timnas Argentina, Lionel Messi.(foto: int)Argentina Bakal Menang Meyakinkan Hadapi Australia Dini Hari Nanti
Peresmian gedung serbaguna Baitun An-Nur Ponpes Modern Nur Alif.(foto: andri/halloriau.com)5 Tahun berdiri, Ponpes Modern Nur Alif Lirik Resmikan Gedung Serbaguna Baitun An Nur
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
JNE Pekanbaru bersilaturahmi ke kantor Halloriau.com
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved