www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Begini Upaya Dishub Pekanbaru Tindak Truk Tonase Besar Melintas di Dalam Kota
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Awas Macet! Warga Diimbau Balik dari Kampung Halaman Sebelum 7-8 Mei
Senin, 02 Mei 2022 - 17:39:11 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA - Warga di segala penjuru Tanah Air tengah merayakan Idul Fitri atau Lebaran 2022 bersama keluarga atau di kampung halaman masing-masing. Pemerintah mengingatkan warga yang hendak balik dari kampung halaman tak semuanya tumpah ruah pada 7 dan 8 Mei.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengimbau agar warga melakukan perjalanan arus balik Lebaran 2022 lebih awal. Pasalnya, menurut Jokowi, jumlah warga yang berangkat mudik Lebaran 2022 ini sangat banyak.

"Jumlah yang betul-betul banyak sekali sehingga saya mengimbau untuk kembalinya agar juga ada yang lebih awal," kata Jokowi dalam keterangan Setpres di Keraton Yogyakarta, Minggu (2/5/2022).

Jokowi berharap warga yang hendak balik ke arah Jakarta atau kota lainnya tak kompak pada Sabtu (7/5) dan Minggu (8/5). Arus balik lebih awal agar tak terjadi penumpukan kendaraan yang rawan kemacetan.

"Jangan semuanya nanti kembali arus baliknya semuanya di hari Sabtu dan hari Minggu, pasti akan terjadi titik-titik kemacetan, terutama di tol, maupun di jalan nasional, maupun di Merak-Bakauheni," ujar Jokowi.

Sementara itu, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan kebijakan one way, ganjil genap, hingga contraflow kemungkinan besar tetap akan dilanjutkan. Secara spesifik, Budi pun meminta masyarakat menyiapkan rencana kepulangan saat arus balik nanti secara matang.

"Kami akan menyiapkan prasarana dan kami akan meminta kepada masyarakat mempersiapkan diri agar di lintasan-lintasan tol upayakan jangan terlalu andalkan rest area karena di sana banyak yang ingin mampir sehingga overloaded dan akhirnya macet. Dan tolong jangan berhenti di bahu jalan," kata Budi di Km 186 Tol Cipali, Minggu (1/5).

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi juga sudah mengimbau masyarakat lebih dulu kembali ke Jakarta sebelum puncak arus balik 2022. Firman khawatir terjadi kepadatan volume kendaraan jika semua pemudik kembali saat puncak arus balik mudik.

"Saya berharap masyarakat yang sudah Lebaran, sudah minta maaf, sudah, jangan buat kesalahan lagi. Cepat saja pulang lagi, kan berangkatnya awal kemarin. Supaya jangan banyak di (tanggal) 6, 7, 8 (Mei)," kata Firman di command center PJR di Km 29 Tol Cikampek, Jawa Barat, Minggu (1/5).

Puncak arus balik Lebaran 2022 diperkirakan terjadi pada 6, 7, dan 8 Mei mendatang. Firman menekankan arus balik lebih awal hanyalah imbauan, dan pihaknya tak melarang jika masyarakat memilih pulang ke Jakarta pada puncak arus mudik.

"Kalau kita menggantungkan nanti pada tanggal 6, 7, dan 8, itu juga nanti akan terjadi puncak arus balik yang cukup tinggi. Oleh karena itu, mungkin bisa dipertimbangkan, setelah melakukan silaturahmi dengan keluarga, bisa dimanfaatkan waktu juga untuk pulang lebih awal," kata dia., seperti yang dilansir dari detik.

"Kalau memang waktunya cukup bagi yang cuti, bisa menggunakan pulang setelah tanggal 9, sekali lagi untuk kenyamanan kita semua," sambungnya.

Lebih lanjut, Firman mengatakan beberapa kendaraan yang menuju ke Jakarta sudah terlihat melintas di Tol Japek sejak tadi malam.

"Dari kemarin sudah bisa satu lajur. Artinya, tak ada sumbatan, dari Bandung sudah lewat. Sampai tadi malam juga dibuka. Nanti sudah seperti biasa saja, nggak ada lagi di Km 47 kita tutup semua, nggak. Ada lagi pemanfaatan arus balik," jelasnya.*


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
IlustrasiBegini Upaya Dishub Pekanbaru Tindak Truk Tonase Besar Melintas di Dalam Kota
Timnas Indonesia menjamu Vietnam dalam laga perdana Piala AFF U-19 2022Laga Perdana Piala AFF U-19 2022, Indonesia Ditahan Imbang Vietnam 0-0
PT PHE Kampar bersama sejumlah kader posyandu Desa Talang Sungai LimauCegah Stunting, PHE Kampar Gelar Pelatihan Olah MPASI di Desa Talang Sungai Limau Inhu
Head of Sales XL Axiata Greater Medan, Horas Lubis (tengah) bersama dengan KMI Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah, Muhammad Ilyas (ketiga dari kanan) pada saat acara penyerahan donasi laptop di Medan, Sumatera Utara, belum lama ini.Dukung Digitalisasi di Pedesaan, XL Axiata Donasi Laptop ke Puluhan Ponpes di 7 Provinsi
IlustrasiKeterbatasan Anggaran, Dishub Pekanbaru Tetap Lakukan Peremajaan PJU
  Politisi India Nupur SharmaPengadilan Tinggi India Sebut Pernyataan Nupur Sharma Hina Nabi Menyebabkan Kekacauan
IlustrasiCapai 625 Kasus, Ini Langkah Pemprov Riau Atasi Wabah PMK
Pasangan tim ganda putri Indonesia Apriyani dan FadiaKandaskan Korsel, Ganda Putri Indonesia Apriyani-Fadia Rebut Tiket ke Final Malaysia Open 2022
Sejumlah owner Coffee shop, barista, dan penggiat kopi di Kepulauan Meranti saat mengikuti Coffee Talk yang ditayangkan oleh Dikopi Coffee shop selatpanjang.Coffee Talk Bersama Dikopi Selatpanjang, Mengangkat Cita Rasa Kopi Liberika Meranti
IlustrasiPemprov Riau Kembali Buka Seleksi Beasiswa Prestasi dan Bidikmisi 2022, Ini Caranya
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Penandatanganan MoU dan Penghargaan Desa Bebas Api Asian Agri
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved