www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Sehari Tak Pulang, Pria di Kabun Ditemukan Tergantung di Pohon Nangka
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Masyarakat Diminta Waspada, Doni Monardo Duga Dirinya Terinfeksi Corona Saat Makan
Sabtu, 23 Januari 2021 - 15:42:17 WIB
Doni Monardo
Doni Monardo

JAKARTA - Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo meyakini dirinya terpapar COVID-19 saat makan sehingga terpaksa melepas masker. Dia menyerukan kepada masyarakat untuk sementara menghindari acara makan bersama guna mencegah penularan.

"Karena saat makan kita pasti lepas masker dan celah penularan terbuka. Sebaiknya saat makan, tidak ada orang lain di sekitar kita untuk mencegah tertular atau menulari. Untuk sementara, makan bisa sendiri atau terpisah dari orang lain," kata Doni dalam keterangan pers, Sabtu (23/1/2021) dikutip dari detik.

Dia menuturkan selama seminggu memimpin langsung penanganan bencana di Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kalimantan Selatan (Kalsel), ada beberapa momen harus melepas masker. Salah satu momennya yakni ketika makan bersama orang lain.

"Jadi saya yakin pada saat melepas masker dan makan itulah saya tertular," kata dia.

Sepekan terakhir, Doni memantau penanganan gempa bumi Sulbar sejak Jumat (15/1/2022) sore. Dia lalu berkunjung ke lokasi banjir di Banjarmasin dan sempat kembali lagi ke Sulbar. Akhirnya dia kembali ke Jakarta pada Jumat (22/1) sore.

Dia menuturkan, dalam sebelas bulan terakhir sejak mulai menangani pandemi COVID-19, selalu berusaha menghindari paparan virus dengan menuruti semua anjuran para pakar kesehatan. Namun, dari semua langkah pencegahan rupanya tetap ada celah sehingga terpapar virus Corona.

Juru Bicara Nasional Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menduga aktivitas yang begitu padat dan melelahkan serta celah saat makan menjadi penyebab virus Corona menginfeksi Doni Monardo.

"Ini menjadi pelajaran berharga bahwa kedisiplinan selama sebelas bulan itu tetap ada celah seperti saat makan. Sebelumnya ada juga penelitian yang menemukan bahwa para tenaga kesehatan yang tertular saat mereka istirahat untuk makan dan terpaksa membuka masker," tutur Wiku yang juga epidemolog Universitas Indonesia itu.

Selain itu, aktivitas yang padat dan melelahkan jadi faktor menurunnya imunitas seseorang sehingga menjadi lebih rentan terhadap penyakit. "Itulah mengapa, selain menjalankan protokol kesehatan dengan sangat ketat. Kita juga harus menjadi imunitas dengan istirahat cukup, makan bergizi, serta rutin berolahraga," katanya.

Belum Divaksin

Sementara itu, tenaga ahli BNPB, Egy Massadiah, menegaskan Doni Monardo belum menjalani vaksinasi COVID-19. Rencananya, Doni dijadwalkan untuk menjalani vaksinasi pada awal pekan depan.

"Ini untuk meluruskan informasi bahwa Pak Doni sudah menjalani vaksinasi pada 13 Januari 2021. Padahal beliau akan divaksinasi pada pekan depan bersama para anggota Satgas Penanganan COVID-19 lainnya," tutur Egy.

Pagi ini, Doni Monardo mengumumkan dirinya positif tertular COVID-19 menyusul aktivitas padat dalam sepekan terakhir. Hal ini diketahui setelah dia bersama staf menjalani tes usap.

Kepala BNPB tersebut kini tengah melakukan isolasi mandiri sambil terus memantau perkembangan penanganan COVID-19 dan penanganan bencana di berbagai daerah.

Doni dan seluruh staf menjalani tes PCR usai kunjungan kerja di Sulbar dan Kalsel. Hasilnya, salah satu stafnya juga dinyatakan positif. Doni mengingatkan masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan.

"COVID-19 ini begitu dekat di sekitar kita. Selama ini saya berusaha sekuat tenaga patuh dan disiplin menjalan protokol kesehatan dan tetap bisa tertular. Dengan kejadian ini saya meminta masyarakat agar jangan kendor dalam memakai masker, menjaga jarak dan jauhi kerumunan, serta rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir," tuturnya. (*,

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Personel Polres Rohil disuntik vaksin.Urkes Polres Rohil Berikan Vaksin Covid-19 pada Personel
IlustrasiBolehkah Suntik Vaksin Covid-19 Jika Punya Riwayat Alergi? Ini Penjelasan Dokter
Pelantikan tiga kepala daerah di Riau hari ini, Jumat (26/2/2021).Kepala Daerah Baru Dilantik Diminta Pulihkan Ekonomi dan Percepat Tangani Covid-19
Kadiskes Riau, MimiRiau Melejit 133 Kasus, Ini Sebaran 8.493 Kasus Baru Covid-19
Kadiskes Riau, Mimi Yuliani NazirData Riau dan Nasional Beda, Positif Covid-19 Bertambah 111, Pekanbaru 60 Kasus
  IlustrasiMungkinkah Pandemi Covid-19 Berakhir di April 2021?
IlustrasiPekanbaru Gesa Pemberian Vaksin Covid-19 untuk Nakes
IlustrasiWaspada, 11 Kelurahan di Pekanbaru Masuk Zona Merah Penyebaran Covid-19
IlustrasiBerikut Fakta Dugaan Korupsi Dana Covid-19 Sumbar, Mark Up Hand Sanitizer Rp4,9 Miliar
IlustrasiKapolres Ungkap 30 Hektare Lahan di Siak Terbakar Saat Covid-19

BERITA LAINNYA    
Petugas Polisi dan tim medismengevakuasi jenazah, AAE (28), yang ditemukan adiknya sudah tak bernyawa tergantung dengan seutas tali di pohon Nangka di Dusun Bumi Asih, Kecamatan Kabun.Sehari Tak Pulang, Pria di Kabun Ditemukan Tergantung di Pohon Nangka
Pameran motor Yamaha di Pasar Kasikan, Kampar.Alfa Scorpi Pameran di Pasar Kasikan Kampar, Masih Ada Promo Angpao Hoki
Sekretaris Daerah Kota Dumai, H Herdi SaliosoHerdi: Kepsek Harus Ikuti Program Sekolah Penggerak
Sedekah pendidikan Rumah Yatim.Jalan Menuju Kebaikan Semakin Dekat dam Mudah dengan QRIS
Petugas berjibaku padamkan karhutla.PT SSR Turunkan Tim Padamkan Karhutla di Rawa Bangun, Kapolres Inhu Beri Apresiasi
  Iven Showroom FestivalKenalkan New Pajero Sport, Besok Mitsubishi Gelar Showroom Festival
Karhutla di Tanjung Peranap sudah mendekati tepi jalan, terlihat beberapa warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanyaApi Membara di Tanjung Peranap, Karhutla Dekati Rumah Warga
Melalui kegiatan T-Yes, Telkomsel mengajak para mahasiswa dan pelajar untuk mulai aktif membangun semangat wirausaha yang kreatif.Gelar Inspiring Webinar, Telkomsel Dorong Pertumbuhan Digipreneur Mahasiswa dan Pelajar Sumatra
Ratusan botol miras ilegal diamankan Bea Cukai Dumai.Bea Cukai Dumai Gagalkan Penyelundupan Ratusan Botol Miras Ilegal
IlustrasiBesok, 1.500 Orang Akan Disuntik Vaksin Covid-19 Tahap II
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved