www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Terganjal Sistem, APBD Kepulauan Meranti Tahun 2021 Belum Bisa Digunakan Penuh
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Perkuat Jejaring dan Kolaborasi, 138 Alumni BAKTI NUSA Siap Berkontribusi
Selasa, 01 Desember 2020 - 18:55:36 WIB
Perkuat Jejaring dan Kolaborasi, 138 Alumni BAKTI NUSA Siap Berkontribusi
Perkuat Jejaring dan Kolaborasi, 138 Alumni BAKTI NUSA Siap Berkontribusi

BOGOR – Pemuda memiliki peran penting dalam kemajuan suatu bangsa. Di tangan merekalah nasib bangsa ini ditentukan. Hanya saja tantangan yang dihadapi kian hari kian berat, sebab itulah mereka butuh bahan bakar guna menyelesaikan misi yang akan dilakukan.

Menyulut semangat para pemuda, pada Minggu (29/11) sebagai rangkaian National Mission 2020, Beasiswa Aktivis Nusantara (BAKTI NUSA) menggandeng Bambang Suherman, Ketua FOZ, Direktur Dompet Dhuafa, memberikan pecutan lewat Training Kepemimpinan Masyarakat sebagai bekal para alumni BAKTI NUSA menghadapi tantangan bangsa.

Di hadapan 138 alumni dari 21 kampus terbaik di Indonesia, Bambang mengatakan jika pemuda harus bisa mengajak masyarakat ikut terlibat dalam kegiatan kemanusiaan dan kebaikan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kontribusi sekaligus membangun kepercayaan dan membersamai ruang perubahan melalui  ZISWAF.

Menurut Bambang peran strategis generasi milenial bagi kebangkitan ZISWAF terlihat ketika mereka ditakdirkan hidup di masa pandemi. Dengan kondisi serba terbatas, mereka harus mampu mengelola tantangan yang ada.

“Pemuda zaman ini ditakdirkan menjadi generasi yang mendinamisasi suatu masalah dan mencari solusi atas permasalahan tersebut. Tantangan yang ada saat ini harus menjadi dasar konsep berpikir meng-goalkan misi nasional dalam diri,” ujar Bambang.

Bambang menambahkan, pemuda akan dihadapkan pada idealisme dan pragmatisme dalam mengeksekusi pilihan hidupnya. Karena itulah perlu mengembangkan pola pikir serta potensi agar tidak salah jalan ketika mencapai tujuan hidup dan tak terjebak dalam lingkaran keburukan.

"Sebagai anak muda jangan berpikir sederhana dalam meletakkan kehidupan. Pemuda harus menjadi arsitek yang mengatur bagaimana hidup berjalan, pemuda harus punya semangat, pemuda harus memiliki ambisi besar, pemuda harus memiliki keinginan berkorban untuk mencapai ambisi tersebut, pemuda harus berkontribusi untuk masyarakat, dan pemuda harus tahu potensinya," tutur Bambang.

Ada dua hal yang bisa dilakukan pemuda untuk memaksimalkan potensi dalam dirinya, yakni networking (jejaring) dan kolaborasi. “Berjejaring adalah energi kita di masa depan agar bisa saling terhubung secara cepat dengan orang lain. Bukan hanya cepat, tetapi juga produktif. Saatnya berpikir tentang produktivitas, jangan hanya menjadi entitas. Jangan cuma terhubung, tapi jadikanlah gerakan. Maksimalkan kesempatan dan tentukan apakah ini sekadar identitas ataukah berujung pada produktivitas,” terang Bambang.

Ia melanjutkan bahwa berjejaring akan terasa hambar tanpa adanya kolaborasi, “dalam kurun waktu 24 jam seharusnya seorang pemuda mampu menghasilkan satu produk kolaborasi. Jika masih sulit dicoba dulu sambil menggeser gagasan menjadi realitas, memetakan hal-hal yang akan dilakukan, dan mencari keunggulan dari kolaborasi yang akan dibuat. Yakinkan diri jika kolaborasi ini adalah bagian dari solusi,” jelas Bambang. (rilis)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
 Pertemuan Gubri dengan Kepala BNPB bahas soal Karhutla.Gubri Paparkan kepada BNPB Langkah yang Telah Dilakukan Riau Dalam Mencegah Kathutla
Kalapas saat memberikan sambutan.Kolaborasi Dukung Resolusi Pemasyarakatan 2020, Lapas IIA Bengkalis Gelar Media Gathering
Ilustrasi.Batasi Usia Pengguna, di Bawah 13 Tahun Tak Boleh Gunakan Instagram
  Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Karhutla Provinsi Riau Tahun 2020, Senin (9/3/2020) sore di halaman Kantor Gubernur Riau.BNPB Harapkan Kolaborasi Pentahelix Ditingkatkan Guna Atasi Karhutla di Riau
Para pembatik Rumah Batik Andalan binaan Program CD RAPP dan APR sedang mengikuti pelatihan membatik lanjutan bersama dua seniman kriya dari Yogyakarta, Senin (13/01/20), di BPPUT, Townsite II, Pangkalan Kerinci.RAPP dan APR Kolaborasi Tingkatkan Keahlian Pembatik
Akuisisi ini untuk saling menguntung kedua pihak.Berkolaborasi, Toyota Akuisisi 4,94 Persen Saham Suzuki

BERITA LAINNYA    
Sekda Kabupaten Kepulauan Meranti, Dr H KamsolTerganjal Sistem, APBD Kepulauan Meranti Tahun 2021 Belum Bisa Digunakan Penuh
Suzuki New CarryLebih Kokoh, Tangguh di Berbagai Medan, New Carry Dibanderol Rp163 Juta
ilustrasiRutan Pekanbaru Terima 40 Tahanan Titipan Kejari Pelalawan
  BTS XLTingkatkan Kenyamanan Pelanggan, XL Axiata Implementasikan Platform Zero Touch Operation
Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus, ST, MT menandatangani Deklarasi Pokja Kelurahan Siaga Covid-19 di Hotel Mutiara, Pekanbaru, Kamis (21/1/2021). GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin (kiri) menyerahkan secara simbolis hygiene kits dan sarana cuci tangan portabel (foto kanan)PT CPI Aktifkan Kelurahan Siaga Covid-19 di Pekanbaru-Bengkalis
Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta YhudistiraDor!!! Polres Dumai Bekuk 2 Tahanan Kabur
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved